UIKAUIKA
SINKRON: Jurnal Pengabdian Masyarakat UIKA JayaSINKRON: Jurnal Pengabdian Masyarakat UIKA JayaSekolah Menengah Kejuruan (SMK) PGRI 3 Bogor Kecamatan Bogor Utara. Permasalahan yang muncul di sekolah ini terkait kurangnya minat membaca siswa dan rendahnya minat menulis. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diperlukan suatu kegiatan untuk mengembangkan keterampilan tersebut. Salah satu program yang bisa mengembangkan keterampilan membaca dan menulis ini ialah kegiatan Edukasi Manfaat Literasi Membaca dan Menulis. Kegiatan literasi memang merujuk pada kemampuan dasar seseorang dalam mengoptimalkan kinerja otak karena sering digunakan untuk kegiatan membaca dan menulis. Dengan membaca seseorang terbantu untuk melihat permasalahan dari sudut pandang dan menganggapnya sebagai tantangan yang harus diselesaikan. Ada banyak manfaat membaca, di antaranya membantu pengembangan pemikiran dan menjernihkan cara berfikir, meningkatkan pengetahuan, meningkatkan memori dan pemahaman. Dengan sering membaca, seseorang mengembangkan kemampuan untuk memproses ilmu pengetahuan, mempelajari berbagai disiplin ilmu, dan menerapkan dalam hidup. Budaya literasi membaca bukanlah sebuah hal mudah untuk dibangun karena butuh kesadaran dan semangat untuk membawa perubahan. Literasi membaca bukanlah sekedar kegiatan membaca biasa melainkan sebuah kegiatan yang bisa membangun budaya itu sendiri.
Program literasi membaca dan menulis ini menciptakan media proses menulis kreatif di lingkungan sekolah dan membangun dunia pendidikan yang mencintai bahasa dan sastra Indonesia serta siswa dapat menguji keterampilan, wawasan dan pengetahuan yang dimilikinya.Sehingga selama ini, strategi yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan tersebut adalah menumbuhkan minat membaca dan menulis.Budaya literasi tentunya sangat penting ditingkatkan di sekolah.Kemampuan dasar literasi yang berupa kemampuan membaca dan menulis harus menjadi prioritas utama dalam dunia pendidikan.
Bagaimana jika kita melakukan penelitian terkait bagaimana pengaruh penggunaan teknologi digital terhadap minat baca siswa di SMK PGRI 3 Bogor? Penelitian ini dapat mengeksplorasi sejauh mana akses terhadap buku dan bahan bacaan digital dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam budaya literasi. Selain itu, ada baiknya kita menyelidiki metode pengajaran kreatif yang dapat diterapkan oleh guru dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis siswa, seperti proyek kolaboratif atau penggunaan media sosial sebagai platform untuk berbagi tulisan. Terakhir, studi tentang peran orang tua dalam meningkatkan literasi di rumah juga dapat memberikan wawasan baru tentang faktor-faktor yang mendukung kebiasaan membaca siswa di luar sekolah.
| File size | 762.19 KB |
| Pages | 11 |
| DMCA | Report |
Related /
UIKAUIKA Menumbuhkan minat pelaku UKM dalam menyusun laporan keuangan dapat dilakukan melalui sosialisasi tentang pentingnya pencatatan keuangan, sehingga merekaMenumbuhkan minat pelaku UKM dalam menyusun laporan keuangan dapat dilakukan melalui sosialisasi tentang pentingnya pencatatan keuangan, sehingga mereka
UIKAUIKA Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk menghimbau serta mengajak masyarakat untuk peduli dengan memilah sampah ke dalam tiga jenis kategori, yaitu bakOleh karena itu, diperlukan upaya untuk menghimbau serta mengajak masyarakat untuk peduli dengan memilah sampah ke dalam tiga jenis kategori, yaitu bak
ISDIKKIERAHAISDIKKIERAHA Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahasa Alay di pasar jual beli Ternate berupa penghilangan huruf tertentu dari kata. Penelitian ini dilakukanHasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahasa Alay di pasar jual beli Ternate berupa penghilangan huruf tertentu dari kata. Penelitian ini dilakukan
ISDIKKIERAHAISDIKKIERAHA Teknik analisis yang dipakai untuk mengukur hasil kerja siswa adalah rubrik penilaian teks deskriptif. Implementasi pembelajaran menulis teks deskriptifTeknik analisis yang dipakai untuk mengukur hasil kerja siswa adalah rubrik penilaian teks deskriptif. Implementasi pembelajaran menulis teks deskriptif
UBTUBT Analisis data menggunakan Uji Wilcoxon yang menunjukkan nilai signifikansi kelompok eksperimen sebesar 0,002 < 0,05, artinya teknik self instruction efektifAnalisis data menggunakan Uji Wilcoxon yang menunjukkan nilai signifikansi kelompok eksperimen sebesar 0,002 < 0,05, artinya teknik self instruction efektif
STTAASTTAA Sekolah sebagai konteks pendidikan Kristen memainkan peran krusial sebagai tugas publik pendidikan Kristen. Pendidikan harus mampu mengakomodir kebutuhanSekolah sebagai konteks pendidikan Kristen memainkan peran krusial sebagai tugas publik pendidikan Kristen. Pendidikan harus mampu mengakomodir kebutuhan
STTAASTTAA Improvisasi dalam berteologi mengharuskan kaum Injili Indonesia memahami Kitab Suci secara mendalam dan menerapkan teologi secara interdisipliner denganImprovisasi dalam berteologi mengharuskan kaum Injili Indonesia memahami Kitab Suci secara mendalam dan menerapkan teologi secara interdisipliner dengan
STTAASTTAA Perubahan dalam gereja dapat terjadi dengan damai dan sukses jika dilakukan dengan bijaksana dan mempertimbangkan kebutuhan dan aspirasi jemaat. PemimpinPerubahan dalam gereja dapat terjadi dengan damai dan sukses jika dilakukan dengan bijaksana dan mempertimbangkan kebutuhan dan aspirasi jemaat. Pemimpin
Useful /
UPN VeteranUPN Veteran Pandemi Covid-19 memaksa setiap penduduk untuk memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) karena merupakan salah satu persyaratan pencairan bantuanPandemi Covid-19 memaksa setiap penduduk untuk memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) karena merupakan salah satu persyaratan pencairan bantuan
UPN VeteranUPN Veteran Alat analisis yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) lingkungan strategis berpengaruh positif signifikanAlat analisis yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) lingkungan strategis berpengaruh positif signifikan
UINSAIZUUINSAIZU Kaidah usul fikih alternatif dikembangkan untuk mengakomodasi kebutuhan kontemporer sambil tetap berpijak pada nilai-nilai universal Islam. Metode istinbatKaidah usul fikih alternatif dikembangkan untuk mengakomodasi kebutuhan kontemporer sambil tetap berpijak pada nilai-nilai universal Islam. Metode istinbat
STTAASTTAA Amanat Agung Belum Selesai Matius 28 18 20 Lukas 24 46 47. AMANAT AGUNG BELUM SELESAI Matius 28:18-20; Lukas 24:46-47. Diperlukan kolaborasi gereja,Amanat Agung Belum Selesai Matius 28 18 20 Lukas 24 46 47. AMANAT AGUNG BELUM SELESAI Matius 28:18-20; Lukas 24:46-47. Diperlukan kolaborasi gereja,