UIKAUIKA

SINKRON: Jurnal Pengabdian Masyarakat UIKA JayaSINKRON: Jurnal Pengabdian Masyarakat UIKA Jaya

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PGRI 3 Bogor Kecamatan Bogor Utara. Permasalahan yang muncul di sekolah ini terkait kurangnya minat membaca siswa dan rendahnya minat menulis. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diperlukan suatu kegiatan untuk mengembangkan keterampilan tersebut. Salah satu program yang bisa mengembangkan keterampilan membaca dan menulis ini ialah kegiatan Edukasi Manfaat Literasi Membaca dan Menulis. Kegiatan literasi memang merujuk pada kemampuan dasar seseorang dalam mengoptimalkan kinerja otak karena sering digunakan untuk kegiatan membaca dan menulis. Dengan membaca seseorang terbantu untuk melihat permasalahan dari sudut pandang dan menganggapnya sebagai tantangan yang harus diselesaikan. Ada banyak manfaat membaca, di antaranya membantu pengembangan pemikiran dan menjernihkan cara berfikir, meningkatkan pengetahuan, meningkatkan memori dan pemahaman. Dengan sering membaca, seseorang mengembangkan kemampuan untuk memproses ilmu pengetahuan, mempelajari berbagai disiplin ilmu, dan menerapkan dalam hidup. Budaya literasi membaca bukanlah sebuah hal mudah untuk dibangun karena butuh kesadaran dan semangat untuk membawa perubahan. Literasi membaca bukanlah sekedar kegiatan membaca biasa melainkan sebuah kegiatan yang bisa membangun budaya itu sendiri.

Program literasi membaca dan menulis ini menciptakan media proses menulis kreatif di lingkungan sekolah dan membangun dunia pendidikan yang mencintai bahasa dan sastra Indonesia serta siswa dapat menguji keterampilan, wawasan dan pengetahuan yang dimilikinya.Sehingga selama ini, strategi yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan tersebut adalah menumbuhkan minat membaca dan menulis.Budaya literasi tentunya sangat penting ditingkatkan di sekolah.Kemampuan dasar literasi yang berupa kemampuan membaca dan menulis harus menjadi prioritas utama dalam dunia pendidikan.

Bagaimana jika kita melakukan penelitian terkait bagaimana pengaruh penggunaan teknologi digital terhadap minat baca siswa di SMK PGRI 3 Bogor? Penelitian ini dapat mengeksplorasi sejauh mana akses terhadap buku dan bahan bacaan digital dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam budaya literasi. Selain itu, ada baiknya kita menyelidiki metode pengajaran kreatif yang dapat diterapkan oleh guru dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis siswa, seperti proyek kolaboratif atau penggunaan media sosial sebagai platform untuk berbagi tulisan. Terakhir, studi tentang peran orang tua dalam meningkatkan literasi di rumah juga dapat memberikan wawasan baru tentang faktor-faktor yang mendukung kebiasaan membaca siswa di luar sekolah.

Read online
File size762.19 KB
Pages11
DMCAReport

Related /

ads-block-test