MIFTAHUL ULUMMIFTAHUL ULUM

MAYARA: Jurnal Pengabdian MasyarakatMAYARA: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Tujuan pengabdian untuk mendirikan gudep pramuka yang sesuai dengan nilai-nilai kepesantrenan di IAI Badrus Sholeh. Pendirian gudep pramuka ini dilakukan dengan pendekatan Asset-Based Community Development. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat adalah pendirian gudep menggunakan pendekatan ABCD meliputi, tahap menemukan (discovery), IAI Badrus sholeh mempunyai aset-aset yang berpotensi mendukung pendirian gudep pramuka. Tahap mimpi (dream) pemberdaya merumuskan target yang dicapai yaitu mendirikan gugus depan pramuka yang sesuai dengan nilai kepesantrenan. Tahap merancang (design) dilakukan diskusi mengenai macam-macam aset yang dapat digunakan dalam rangka menyukseskan pendirian gudep. Tahap menentukan (define) dilakukan diskusi untuk menentukan detail pelaksanaan pendirian gugus depan. Tahap melakukan (destiny), pemberdaya mengirimkan surat pengajuan nomor gugus depan ke Kwartir Ranting Kecamatan Purwoasri, dan mendapatkan dokumen pengesahan nomor gudep.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini berhasil mendirikan Gugus Depan Pramuka melalui pendekatan Asset-Based Community Development (ABCD) yang mencakup lima tahapan.Proses ini dimulai dengan mengidentifikasi aset-aset potensial IAI Badrus Sholeh, seperti aset lingkungan, fisik, dan sumber daya manusia, yang kemudian menjadi dasar untuk merumuskan target pendirian gugus depan yang selaras dengan nilai-nilai kepesantrenan.Tahapan perencanaan dan penentuan detail pelaksanaan dilakukan melalui diskusi fokus grup dan diakhiri dengan pengajuan resmi kepada Kwartir Ranting, yang berhasil membuahkan dokumen pengesahan nomor gugus depan.

Penelitian selanjutnya dapat mengkaji lebih dalam implementasi nilai-nilai kepesantrenan dalam kegiatan sehari-hari Gugus Depan Pramuka untuk melihat bagaimana nilai-nilai tersebut benar-benar membentuk karakter santri. Selain itu, penting untuk meneliti dampak partisipasi mahasiswa secara nyata dengan mengevaluasi peningkatan kemampuan kepemimpinan, disiplin, dan rasa tanggung jawab mereka setelah bergabung dengan kegiatan pramuka ini. Penelitian ini bisa dilakukan dengan membandingkan kondisi sebelum dan sesudah mereka mengikuti kegiatan. Terakhir, model pendirian Gugus Depan menggunakan pendekatan Asset-Based Community Development (ABCD) yang telah terbukti berhasil di IAI Badrus Sholeh perlu diteliti lebih lanjut untuk mengetahui potensi replikasinya. Apakah model ini dapat diterapkan di perguruan tinggi lain yang tidak berbasis pesantren, dan tantangan apa yang akan muncul saat mencoba menyesuaikannya dengan konteks budaya yang berbeda? Hal ini akan membantu mengukur fleksibilitas dan efektivitas model ABCD dalam pengembangan karakter mahasiswa di berbagai jenis institusi.

  1. Pemberdayaan Masyarakat Lanjut Usia dengan Pendekatan Asset Based Community Development (ABCD) di Dusun... ojs2.pnb.ac.id/index.php/BP/article/view/590Pemberdayaan Masyarakat Lanjut Usia dengan Pendekatan Asset Based Community Development ABCD di Dusun ojs2 pnb ac index php BP article view 590
  2. IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA TERHADAP NILAI-NILAI KARAKTER SISWA SD NEGERI KALICARI 01 SEMARANG... doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1402IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA TERHADAP NILAI NILAI KARAKTER SISWA SD NEGERI KALICARI 01 SEMARANG doi 10 36989 didaktik v9i3 1402
  3. Optimalisasi Program Desa Bahasa Banjarrejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur Melalui Komunitas... doi.org/10.32332/d.v5i1.5707Optimalisasi Program Desa Bahasa Banjarrejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur Melalui Komunitas doi 10 32332 d v5i1 5707
  4. Implementasi Asset Based Community Development: Strategi Peran Pemimpin dalam Pemberdayaan Masyarakat... doi.org/10.47200/jnajpm.v9i1.2328Implementasi Asset Based Community Development Strategi Peran Pemimpin dalam Pemberdayaan Masyarakat doi 10 47200 jnajpm v9i1 2328
  1. #model gugus#model gugus
  2. #asset based community development#asset based community development
Read online
File size374.79 KB
Pages12
DMCAReport

Related /

ads-block-test