STIKESPAMENANGSTIKESPAMENANG
Jurnal Ilmiah PamenangJurnal Ilmiah PamenangLatar belakang: Anemia pada ibu hamil menjadi masalah kesehatan global karena telah mempengaruhi setengah dari semua wanita hamil di seluruh dunia. Kekurangan zat besi akan menurunkan kecepatan pembentukan dan konsentrasi hemoglobin dalam peredaran darah. Salah satu faktor yang mempengaruhi kadar hemoglobin adalah penyerapan zat besi dalam tubuh. Penyerapan zat besi erat kaitanya dengan konsumsi vitamin C sebagai pendukung zat dalam penyerapan dan polifenol sebagai penghambat penyerapan zat besi dalam darah. Cara minum Fe yang benar akan berpengaruh terhadap penyerapan zat besi dalam darah dan kadar hemoglobin dalam darah. Metode: metode pencarian data bersumber dari google cendekia (google scholer) yang berjumlah 13 artikel dari tahun 2018-2022. Analisis data dilakukan secara deskriptif dalam bentuk matriks. Hasil penelitian: Hasil literature review ini adalah penyerapan zat besi dalam darah dipengaruhi oleh cara minum, vitamin C berperan sebagai pemicu penyerapan zat besi sedangkan polifenol sebagai penghambat dalam penyerapan zat besi dalam darah. Kesimpulan: Ibu hamil perlu mengkonsumsi vitamin C untuk penyerapan zat besi sehingga meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah dan menghindari polifenol seperti; teh, kopi, gandum sebagai penghambat dalam penyerapan zat besi dalam darah.
Ibu hamil perlu mengonsumsi vitamin C untuk meningkatkan penyerapan zat besi dan menghindari polifenol seperti teh, kopi, dan gandum yang menghambat penyerapan zat besi dalam darah.Vitamin C berperan sebagai pemicu penyerapan zat besi, sedangkan polifenol berfungsi sebagai penghambat.Penyerapan zat besi yang optimal sangat penting untuk menjaga kadar hemoglobin dan mencegah anemia pada ibu hamil.
1. Penelitian lanjutan dapat mengkaji efek kombinasi vitamin C dengan nutrisi lain seperti asam folat pada penyerapan zat besi pada ibu hamil. 2. Perlu dilakukan studi tentang pengaruh konsumsi makanan tinggi polifenol selama kehamilan terhadap kadar hemoglobin dan risiko anemia. 3. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengevaluasi efektivitas pendekatan edukasi berbasis teknologi dalam meningkatkan kepatuhan ibu hamil mengonsumsi tablet Fe dengan vitamin C.
| File size | 375.4 KB |
| Pages | 9 |
| DMCA | Report |
Related /
UNISMUH PALUUNISMUH PALU Hasil penelitian menunjukkan bahwa identifikasi bahaya adalah konsentrasi merkuri pada rambut kulit kepala wanita hamil rata-rata 7,04 (rentang 0,18-41,70Hasil penelitian menunjukkan bahwa identifikasi bahaya adalah konsentrasi merkuri pada rambut kulit kepala wanita hamil rata-rata 7,04 (rentang 0,18-41,70
USNSJUSNSJ Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan pertimbangan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan kognitif awal yang sama. Terdapat duaTeknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan pertimbangan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan kognitif awal yang sama. Terdapat dua
JQWHJQWH Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan tingkat distres psikologis pada ibu hamil trimester ketiga yang mengikuti yoga prenatalTujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan tingkat distres psikologis pada ibu hamil trimester ketiga yang mengikuti yoga prenatal
UKSWUKSW Pengabdian ini meliputi tahapan penyampaian materi, pendampingan penyusunan modul ajar dan pendampingan pelaksanaaan. Hasil kegiatan ini yang berupa PendampinganPengabdian ini meliputi tahapan penyampaian materi, pendampingan penyusunan modul ajar dan pendampingan pelaksanaaan. Hasil kegiatan ini yang berupa Pendampingan
UMJ PremiumUMJ Premium Buah kesemek dan jahe memiliki efek antioksidan dan penangkap radikal bebas. Oleh karena itu, buah kesemek dan jahe dapat dimanfaatkan sebagai pangan fungsionalBuah kesemek dan jahe memiliki efek antioksidan dan penangkap radikal bebas. Oleh karena itu, buah kesemek dan jahe dapat dimanfaatkan sebagai pangan fungsional
UWMYUWMY Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pengetahuan ibu tentang gizi termasuk kategori sedang dengan frekuensi 51,2%. 2) Pemilihan makanan balita oleh ibu termasukHasil penelitian menunjukkan: 1) Pengetahuan ibu tentang gizi termasuk kategori sedang dengan frekuensi 51,2%. 2) Pemilihan makanan balita oleh ibu termasuk
JQWHJQWH Hasil: variabel pengetahuan menunjukkan hasil bahwa nilai p adalah 0,397 yang berarti tidak ada hubungan antara pengetahuan dan perilaku tes HIV. VariabelHasil: variabel pengetahuan menunjukkan hasil bahwa nilai p adalah 0,397 yang berarti tidak ada hubungan antara pengetahuan dan perilaku tes HIV. Variabel
JQWHJQWH Dalam penelitian ini, terdapat 2 kelompok, yaitu kelompok kontrol sebanyak 15 orang yang tidak mendapatkan eksperimen dan kelompok eksperimen sebanyakDalam penelitian ini, terdapat 2 kelompok, yaitu kelompok kontrol sebanyak 15 orang yang tidak mendapatkan eksperimen dan kelompok eksperimen sebanyak
Useful /
UKSWUKSW Strategi pemasaran seperti diskon produk terlaris dan bundling produk kurang laku diusulkan untuk meningkatkan daya saing pasar. Dashboard interaktif yangStrategi pemasaran seperti diskon produk terlaris dan bundling produk kurang laku diusulkan untuk meningkatkan daya saing pasar. Dashboard interaktif yang
POMPOM The research concentrates on overcoming the problem of the circulation of TIE food in Indonesias border areas. Among the provinces discussed are NorthThe research concentrates on overcoming the problem of the circulation of TIE food in Indonesias border areas. Among the provinces discussed are North
UMJ PremiumUMJ Premium Data asupan zat gizi seng dan vitamin B12 diambil menggunakan formulir Semi Quantitative Food Frequency Questionnaire (SQ-FFQ) 3 bulan terakhir dan dataData asupan zat gizi seng dan vitamin B12 diambil menggunakan formulir Semi Quantitative Food Frequency Questionnaire (SQ-FFQ) 3 bulan terakhir dan data
UMJ PremiumUMJ Premium Metode: Penelitian dilakukan dengan desain analitik observasional dan pendekatan cross-sectional. Subjek penelitian adalah 81 pasien PGK yang telah menjalaniMetode: Penelitian dilakukan dengan desain analitik observasional dan pendekatan cross-sectional. Subjek penelitian adalah 81 pasien PGK yang telah menjalani