STAIQSTAIQ

Jurnal Pena IslamJurnal Pena Islam

Penelitian ini menguji hubungan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan kinerja guru di SD Islam Tahfizh Cahaya Quran Depok, Jawa Barat. Data dikumpulkan melalui observasi dan kuesioner yang diisi oleh 30 guru di sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Validitas dan reliabilitas kuesioner diuji dan dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS 20.. . Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara transformasi kepemimpinan dan kinerja guru. Studi ini menekankan pentingnya kepemimpinan yang efektif dalam meningkatkan kinerja guru dan pada akhirnya prestasi siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa sekolah harus fokus pada pengembangan kualitas kepemimpinan transformasional pada kepala sekolah mereka untuk memberikan dampak positif pada kinerja guru dan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Dengan demikian, studi ini menyoroti sifat pendidikan yang kompleks dan pentingnya meningkatkan berbagai komponen sistem pendidikan untuk meningkatkan kualitas secara keseluruhan.

Penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah di SD Islam Tahfizh Cahaya Quran berhubungan positif dan signifikan dengan kinerja guru, dengan nilai korelasi Pearson sebesar 0,852 (p < 0,001).Analisis regresi mengungkapkan bahwa variabel kepemimpinan menjelaskan 72,6 % variasi kinerja guru, menunjukkan kontribusi yang kuat.Oleh karena itu, peningkatan kualitas kepemimpinan transformasional kepala sekolah dapat secara substansial meningkatkan kinerja guru dan kualitas pendidikan di sekolah.

Penelitian selanjutnya dapat menyelidiki bagaimana kepemimpinan transformasional memediasi pencapaian belajar siswa melalui motivasi guru, sehingga memberikan gambaran yang lebih komprehensif tentang dampak kepemimpinan pada hasil belajar. Selain itu, studi komparatif antara kepemimpinan transformasional dan transaksional pada beberapa sekolah dasar di wilayah yang berbeda dapat mengidentifikasi pendekatan manajerial yang paling efektif dalam meningkatkan kinerja guru. Selanjutnya, penelitian longitudinal yang menilai efektivitas program pengembangan kepemimpinan kepala sekolah selama beberapa tahun dapat memperlihatkan perubahan berkelanjutan dalam praktik kepemimpinan dan implikasinya terhadap peningkatan kinerja guru secara berkesinambungan.

  1. #sikap motivasi guru#sikap motivasi guru
Read online
File size321.52 KB
Pages12
DMCAReport

Related /

ads-block-test