STAIQSTAIQ
Jurnal Pena IslamJurnal Pena IslamPenelitian ini menguji hubungan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan kinerja guru di SD Islam Tahfizh Cahaya Quran Depok, Jawa Barat. Data dikumpulkan melalui observasi dan kuesioner yang diisi oleh 30 guru di sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Validitas dan reliabilitas kuesioner diuji dan dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS 20.. . Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara transformasi kepemimpinan dan kinerja guru. Studi ini menekankan pentingnya kepemimpinan yang efektif dalam meningkatkan kinerja guru dan pada akhirnya prestasi siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa sekolah harus fokus pada pengembangan kualitas kepemimpinan transformasional pada kepala sekolah mereka untuk memberikan dampak positif pada kinerja guru dan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Dengan demikian, studi ini menyoroti sifat pendidikan yang kompleks dan pentingnya meningkatkan berbagai komponen sistem pendidikan untuk meningkatkan kualitas secara keseluruhan.
Penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah di SD Islam Tahfizh Cahaya Quran berhubungan positif dan signifikan dengan kinerja guru, dengan nilai korelasi Pearson sebesar 0,852 (p < 0,001).Analisis regresi mengungkapkan bahwa variabel kepemimpinan menjelaskan 72,6 % variasi kinerja guru, menunjukkan kontribusi yang kuat.Oleh karena itu, peningkatan kualitas kepemimpinan transformasional kepala sekolah dapat secara substansial meningkatkan kinerja guru dan kualitas pendidikan di sekolah.
Penelitian selanjutnya dapat menyelidiki bagaimana kepemimpinan transformasional memediasi pencapaian belajar siswa melalui motivasi guru, sehingga memberikan gambaran yang lebih komprehensif tentang dampak kepemimpinan pada hasil belajar. Selain itu, studi komparatif antara kepemimpinan transformasional dan transaksional pada beberapa sekolah dasar di wilayah yang berbeda dapat mengidentifikasi pendekatan manajerial yang paling efektif dalam meningkatkan kinerja guru. Selanjutnya, penelitian longitudinal yang menilai efektivitas program pengembangan kepemimpinan kepala sekolah selama beberapa tahun dapat memperlihatkan perubahan berkelanjutan dalam praktik kepemimpinan dan implikasinya terhadap peningkatan kinerja guru secara berkesinambungan.
| File size | 321.52 KB |
| Pages | 12 |
| DMCA | Report |
Related /
ABULYATAMAABULYATAMA Selain itu, kinerja guru dalam penyusunan silabus dan RPP yang lengkap dan sistematis pada siklus kedua lebih baik dibandingkan pada siklus pertama. DenganSelain itu, kinerja guru dalam penyusunan silabus dan RPP yang lengkap dan sistematis pada siklus kedua lebih baik dibandingkan pada siklus pertama. Dengan
STAIMUNSTAIMUN Hasil kajian teoritik yang dilakukan menunjukkan bahwa peranan dari supervisi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan non-direktif dapat meningkatkanHasil kajian teoritik yang dilakukan menunjukkan bahwa peranan dari supervisi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan non-direktif dapat meningkatkan
STAIQSTAIQ Upaya mengatasi kendala tersebut meliputi penyediaan fasilitas cek kesehatan rutin, pelaksanaan upacara bendera mingguan, serta pemberian pelatihan danUpaya mengatasi kendala tersebut meliputi penyediaan fasilitas cek kesehatan rutin, pelaksanaan upacara bendera mingguan, serta pemberian pelatihan dan
STAISAMSTAISAM Penelitian ini bertujuan mengetahui makna postingan peringatan darurat di akun Instagram @narasi. tv dengan analisis framing model Gamson dan Modigliani.Penelitian ini bertujuan mengetahui makna postingan peringatan darurat di akun Instagram @narasi. tv dengan analisis framing model Gamson dan Modigliani.
STAISAMSTAISAM Dampak kinerja SDI lulusan ekonomi syariah terhadap perkembangan institusi dan pertumbuhan nasabah BMT tergolong minimal, sehingga kontribusinya belumDampak kinerja SDI lulusan ekonomi syariah terhadap perkembangan institusi dan pertumbuhan nasabah BMT tergolong minimal, sehingga kontribusinya belum
STAIALAMISTAIALAMI Penerapan metode pengajaran, meliputi: (1) penerapan metode pengajaran serba guna, guru IPS kelas 10 mampu meningkatkan motivasi siswa kelas 10 untuk mengikutiPenerapan metode pengajaran, meliputi: (1) penerapan metode pengajaran serba guna, guru IPS kelas 10 mampu meningkatkan motivasi siswa kelas 10 untuk mengikuti
STAISKUTIMSTAISKUTIM Adapun komponen yang di evaluasi pada komponen ini adalah sebagai berikut: (1) desain program supervisi di SMP Negeri 2 Sangatta Utara telah berjalan denganAdapun komponen yang di evaluasi pada komponen ini adalah sebagai berikut: (1) desain program supervisi di SMP Negeri 2 Sangatta Utara telah berjalan dengan
UADUAD Selanjutnya, agar sistem parlemen dua kamar yang digagas menjadi lebih ideal, DPR dan DPD haruslah diposisikan dalam strata yang sama dalam hal fungsiSelanjutnya, agar sistem parlemen dua kamar yang digagas menjadi lebih ideal, DPR dan DPD haruslah diposisikan dalam strata yang sama dalam hal fungsi
Useful /
HUSADA KARYAJAYAHUSADA KARYAJAYA Sample dalam penelitian menggunakan total sampling, sampel masyarakat kelurahan Papanggo Rt13/Rw05 dalam menerapkan kepedulian menggunakan APD. Kata Kunci:Sample dalam penelitian menggunakan total sampling, sampel masyarakat kelurahan Papanggo Rt13/Rw05 dalam menerapkan kepedulian menggunakan APD. Kata Kunci:
ABULYATAMAABULYATAMA Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar pada pokok bahasan Redoks dan Elektokimia dalam bentuk pilihan ganda.Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar pada pokok bahasan Redoks dan Elektokimia dalam bentuk pilihan ganda.
NURSCIENCEINSTITUTENURSCIENCEINSTITUTE Sementara itu, kepercayaan merek tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian karena konsumen mengutamakan aspek fungsional sepertiSementara itu, kepercayaan merek tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian karena konsumen mengutamakan aspek fungsional seperti
STAIMUNSTAIMUN Guru yang aktif berpartisipasi dalam pelatihan menunjukkan peningkatan metode pengajaran, interaksi siswa, dan penggunaan teknologi pendidikan, berkontribusiGuru yang aktif berpartisipasi dalam pelatihan menunjukkan peningkatan metode pengajaran, interaksi siswa, dan penggunaan teknologi pendidikan, berkontribusi