UNISLAUNISLA

E-LINK JOURNALE-LINK JOURNAL

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan salah satu jenis penilaian diri, yaitu Type Token Ratio (TTR), untuk mengukur variasi kosakata dalam tulisan siswa introvert. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan melibatkan 20 siswa dari program pendidikan bahasa Inggris Universitas Islam Darul Ulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis token yang paling sering digunakan oleh siswa introvert adalah kata benda, verba, pronomen, dan preposisi, sedangkan jenis token yang jarang digunakan adalah adverbia, determiner, konjungsi, adjektiva, dan interjeksi. Siswa juga menyatakan bahwa TTR membantu mereka dalam mengukur variasi kosakata dan memiliki formula yang mudah diterapkan.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa TTR dapat membantu siswa introvert dalam mengukur variasi kosakata dan memiliki formula yang mudah diterapkan.Penelitian ini juga menyarankan bahwa penggunaan TTR sebagai penilaian diri dapat membantu meningkatkan kemampuan menulis siswa introvert.Selain itu, penelitian ini menyarankan agar para peneliti lain melakukan penelitian serupa untuk memperbaiki analisis penggunaan TTR dalam mengukur variasi kosakata.

Penelitian ini menyarankan agar para guru dan dosen mengimplementasikan TTR sebagai penilaian diri dalam mengajar kemampuan menulis siswa introvert. Penelitian ini juga menyarankan agar para peneliti lain melakukan penelitian serupa untuk memperbaiki analisis penggunaan TTR dalam mengukur variasi kosakata. Selain itu, penelitian ini menyarankan agar para pendidik memberikan perhatian lebih pada pengembangan kemampuan menulis siswa introvert dengan menggunakan metode penilaian diri yang efektif seperti TTR.

  1. #bahasa inggris siswa#bahasa inggris siswa
  2. #self assessment#self assessment
Read online
File size969.65 KB
Pages10
DMCAReport

Related /

ads-block-test