Tel-UTel-U

Indonesian Journal of Digital Public Relations (IJDPR)Indonesian Journal of Digital Public Relations (IJDPR)

Strategi branding Humas Kota Bandung telah mengalami perubahan signifikan dengan perkembangan media sosial, terutama Instagram. Dalam upaya membangun citra positif, Humas Kota Bandung memanfaatkan talent lokal pada platform Instagram. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi branding Humas Kota Bandung dalam membangun citra melalui talent di Instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif serta teori branding dari Wheeler, menggunakan empat unit analisis: (1) strategy acquisition; (2) strategy development; (3) strategy deployment; dan (4) strategy retention. Hasil penelitian menunjukkan Humas Kota Bandung berhasil memanfaatkan Instagram untuk membangun citra positif dengan strategi branding efektif menggandeng talent yang mampu menyampaikan informasi. Talent secara konsisten mengunggah konten menyoroti keindahan, keunikan, dan kegiatan di Kota Bandung.

Strategi branding Humas Kota Bandung dengan memanfaatkan talent pada Instagram merupakan langkah efektif dalam membangun citra positif bagi kota tersebut.Melalui penggunaan influencer atau individu berpengaruh, Humas Kota Bandung dapat menjangkau audiens lebih luas dan berinteraksi secara langsung.Kolaborasi dengan talent membantu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap program pemerintah dan kegiatan komunitas sehingga memperkuat citra Bandung sebagai kota yang kreatif, ramah, dan berbudaya.

Berdasarkan penelitian ini, penting untuk meneliti lebih lanjut mengenai dampak spesifik dari jenis konten yang dibuat oleh talent terhadap peningkatan engagement masyarakat, khususnya konten yang berfokus pada isu-isu lokal yang relevan dengan kehidupan sehari-hari warga Bandung. Selain itu, studi lanjutan dapat menginvestigasi efektivitas penggunaan berbagai jenis talent (misalnya, tokoh masyarakat, seniman lokal, atau influencer gaya hidup) dalam menjangkau segmen audiens yang berbeda dan mengukur kontribusi mereka terhadap reputasi kota. Terakhir, penelitian perlu dilakukan untuk mengeksplorasi bagaimana integrasi strategi branding melalui talent di Instagram dapat dihubungkan dengan platform media sosial lainnya, seperti TikTok atau Twitter, untuk menciptakan kampanye komunikasi yang lebih komprehensif dan meningkatkan visibilitas Kota Bandung sebagai destinasi wisata dan pusat budaya di tingkat nasional maupun internasional. Pengembangan strategi yang lebih luas dan terintegrasi ini akan mengoptimalkan investasi dalam talent dan memaksimalkan dampak positifnya bagi citra dan perkembangan Kota Bandung.

  1. #strategi branding humas#strategi branding humas
File size257.83 KB
Pages7
DMCAReportReport

ads-block-test