UHNSUGRIWAUHNSUGRIWA
Journal Informatics NiveditaJournal Informatics NiveditaPenelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sebuah blog berita berbasis web yang efisien dan menarik menggunakan framework Laravel dan Tailwind CSS. Melalui pendekatan penelitian pengembangan, penelitian ini mengikuti tahapan analisis kebutuhan, perancangan sistem, pengembangan sistem, pengujian, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa blog berita yang dikembangkan berhasil memenuhi kebutuhan pengguna dan memiliki tampilan yang modern serta responsif. Penggunaan Laravel dan Tailwind CSS mempermudah proses pengembangan serta menghasilkan sistem yang fleksibel dan mudah dipelihara. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan sistem informasi berbasis web, khususnya dalam bidang pengembangan blog berita. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan Black Box Testing sistem diuji menggunakan 18 butir model pengujian dan mendapatkan hasil 100% valid, hal ini menunjukkan bahwa sistem sudah berjalan dengan baik dan dapat dipublikasikan untuk digunakan secara umum.
Rancangan dan pembangunan blog berita berbasis Laravel dan Tailwind berhasil dilakukan dengan baik, menggabungkan kekuatan framework Laravel untuk pengelolaan data dan routing, serta Tailwind CSS yang memberikan desain antarmuka yang responsif dan estetis.Selama proses pengujian menggunakan metode Black Box Testing dengan 18 butir pengujian yang mencakup berbagai aspek fungsionalitas dan penggunaan dari sisi penulis dan pembaca, sistem berhasil memperoleh hasil 100% valid, yang menunjukkan bahwa seluruh fitur yang diujikan berfungsi sesuai dengan ekspektasi dan tanpa adanya kesalahan.Hal ini mengindikasikan bahwa sistem yang dibangun sudah memenuhi standar kualitas dan dapat diandalkan sebagai platform untuk menyajikan berita dengan performa yang stabil dan user-friendly.
Saran penelitian lanjutan dapat diarahkan pada pengembangan fitur integrasi dengan media sosial untuk meningkatkan interaksi dan distribusi konten dari blog berita ke pengguna yang lebih luas. Selain itu, penelitian dapat mengeksplorasi penggunaan teknologi kecerdasan buatan untuk memberikan rekomendasi artikel berdasarkan minat pengguna, sehingga pengalaman baca lebih personal dan relevan. Akhirnya, penelitian juga dapat menyasar untuk meningkatkan kinerja sistem dengan mengoptimalkan loading time dan responsivitas antarmuka agar dapat lebih efektif diakses pada berbagai perangkat, termasuk smartphone dengan spesifikasi rendah.
| File size | 770.86 KB |
| Pages | 10 |
| Short Link | https://juris.id/p-fP |
| DMCA | Report |
Related /
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Kegiatan ini memberikan tanggungjawab kepada mahasiswa untuk membantu pihak sekolah dalam hal meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik,Kegiatan ini memberikan tanggungjawab kepada mahasiswa untuk membantu pihak sekolah dalam hal meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik,
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Kegiatan edukasi di MI Maarif Gunungspring terbukti efektif dengan signifikan meningkatkan pemahaman siswa, sebagaimana dinyatakan oleh peningkatanKegiatan edukasi di MI Maarif Gunungspring terbukti efektif dengan signifikan meningkatkan pemahaman siswa, sebagaimana dinyatakan oleh peningkatan
ETDCIETDCI Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari siswa SMP di salah satu sekolah di Papua. InstrumenMetode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari siswa SMP di salah satu sekolah di Papua. Instrumen
UHNSUGRIWAUHNSUGRIWA Penelitian ini bertujuan mengevaluasi penerapan manajemen risiko TI di UPT TIK Perguruan Tinggi XYZ berdasarkan framework COBIT 2019, dengan fokus padaPenelitian ini bertujuan mengevaluasi penerapan manajemen risiko TI di UPT TIK Perguruan Tinggi XYZ berdasarkan framework COBIT 2019, dengan fokus pada
YASIN ALSYSYASIN ALSYS Hasil ini menunjukkan efektivitas media digital interaktif berbasis gamifikasi dalam meningkatkan kompetensi 4C mahasiswa. Studi ini menunjukkan bahwaHasil ini menunjukkan efektivitas media digital interaktif berbasis gamifikasi dalam meningkatkan kompetensi 4C mahasiswa. Studi ini menunjukkan bahwa
UAJYUAJY Manfaat ini termasuk daftar menu yang menarik, media sosial untuk promosi, dan sistem pembayaran digital. Tim berharap pengabdian serupa dapat dilakukanManfaat ini termasuk daftar menu yang menarik, media sosial untuk promosi, dan sistem pembayaran digital. Tim berharap pengabdian serupa dapat dilakukan
APTISIAPTISI OCTAVE Allegro dapat diaplikasikan di universitas untuk melakukan penilaian risiko sistem informasi.metode ini membantu mengidentifikasi ancaman yang potensialOCTAVE Allegro dapat diaplikasikan di universitas untuk melakukan penilaian risiko sistem informasi.metode ini membantu mengidentifikasi ancaman yang potensial
PIPI Aplikasi ini dijalankan di smartphone android dan pengguna dibagi 2 (dua) user yaitu Admin yang dalam hal ini ditangani langsung oleh prodi dan penggunaAplikasi ini dijalankan di smartphone android dan pengguna dibagi 2 (dua) user yaitu Admin yang dalam hal ini ditangani langsung oleh prodi dan pengguna
Useful /
UAJYUAJY Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Kanisius Notoyudan, yang belum mengenal fitur Canva secara keseluruhan bagi siswa kelasKegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Kanisius Notoyudan, yang belum mengenal fitur Canva secara keseluruhan bagi siswa kelas
APTISIAPTISI Drugs like arbidol, atazanavir, ramdev sivir & favipiravir are under testing phase to cure COVID-19. In this paper, we present a systematic study of AIDrugs like arbidol, atazanavir, ramdev sivir & favipiravir are under testing phase to cure COVID-19. In this paper, we present a systematic study of AI
APTISIAPTISI Banyak negara yang terkena dampak co-19, termasuk Indonesia. Wabah co-19 ini menjadi salah satu penyebab penurunan kemampuan ekonomi masyarakat. BanyakBanyak negara yang terkena dampak co-19, termasuk Indonesia. Wabah co-19 ini menjadi salah satu penyebab penurunan kemampuan ekonomi masyarakat. Banyak
APTISIAPTISI Transparansi, desentralisasi, dan keamanan adalah dasar dari teknologi ini. Contohnya, perusahaan yang menggunakan Teknologi Blockchain adalah Unilever,Transparansi, desentralisasi, dan keamanan adalah dasar dari teknologi ini. Contohnya, perusahaan yang menggunakan Teknologi Blockchain adalah Unilever,