UIGMUIGM

Jurnal Abdimas MandiriJurnal Abdimas Mandiri

Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Kalimanah adalah sebuah sekolah lanjutan pertama yang berada di daerah Kalimanah, Purbalingga, Jawa Tengah. Tercapai atau tidaknya tujuan dari para siswa di SMPN 2 Kalimanah tersebut sangat tergantung pada masukan dan sejumlah variabel dalam proses pendidikan. Salah satunya adalah potensi yang dimiliki oleh masing-masing siswa. Keberadaan instrumen pengukuran dan deteksi potensi belajar siswa agar sukses dalam pembelajaran yang diberikan pun menjadi sangat dibutuhkan. Tujuan kegiatan ini adalah menerapkan tes potensi belajar berbasis website yang mampu memprediksi keberhasilan pendidikan bagi siswa di SMPN 2 Kalimanah. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini secara umum terbagi menjadi beberapa tahapan, yaitu: implementasi aplikasi, pemaparan aplikasi kepada mitra, simulasi aplikasi kepada siswa, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah terbentuknya sebuah aplikasi yang dapat mendeteksi potensi belajar siswa yang diterapkan di SMPN 2 Kalimanah. Selain itu, telah dilakukan sosialisasi kepada guru pendamping serta simulasi kepada siswa di SMPN 2 Kalimanah. Di akhir kegiatan, pengabdian ini dapat membantu dan mendeteksi potensi dari setiap siswa di SMPN 2 Kalimanah.

Penggunaan aplikasi deteksi potensi belajar siswa di SMP Negeri 2 Kalimanah terbukti meningkatkan efektivitas dan efisiensi tes psikologi, karena menghasilkan output yang cepat dan mempersingkat waktu pengerjaan.Data yang dihasilkan dapat menjadi basis bagi guru bimbingan konseling untuk memberikan arahan pribadi maupun kelompok terkait pilihan jurusan siswa.Selain sosialisasi dan pelatihan kepada guru, simulasi kepada siswa menunjukkan bahwa aplikasi dapat dioperasikan secara mandiri, sehingga memfasilitasi deteksi potensi belajar masing‑masing siswa.

Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi bagaimana integrasi algoritma pembelajaran adaptif ke dalam aplikasi tes potensi belajar berbasis web dapat memberikan umpan balik yang lebih personal dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Selanjutnya, penting untuk meneliti apakah penggunaan berkelanjutan aplikasi ini selama beberapa tahun berdampak pada peningkatan prestasi akademik siswa serta keputusan mereka dalam memilih jurusan atau karier, dengan mengamati perubahan data secara longitudinal. Terakhir, penelitian dapat menilai tingkat kepuasan, kemudahan penggunaan, dan penerimaan aplikasi di antara guru dan siswa dari berbagai latar belakang sosial‑ekonomi, serta menguji kemampuan aplikasi untuk diadaptasi pada sekolah lain di daerah yang berbeda, sehingga dapat memastikan skalabilitas dan inklusivitas teknologi pendidikan ini.

  1. Radware Bot Manager Captcha. radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human... doi.org/10.1088/1742-6596/1807/1/012014Radware Bot Manager Captcha radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human doi 10 1088 1742 6596 1807 1 012014
  2. 0. adobe 1aqa 1aqaq guerv doi.org/10.30534/ijatcse/2019/648620190 adobe 1aqa 1aqaq guerv doi 10 30534 ijatcse 2019 64862019
  1. #prestasi akademik siswa#prestasi akademik siswa
  2. #prestasi akademik siswa#prestasi akademik siswa
File size955.35 KB
Pages12
DMCAReportReport

ads-block-test