UMPWRUMPWR

Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan FisikaRadiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika

Penelitian ini didasarkan pada keinginan beberapa siswa agar fisika lebih menyenangkan melalui praktik langsung sesuai materi pembelajaran. Tujuannya ialah mengembangkan LKPD berbasis PjBL yang valid dan praktis untuk siswa kelas XI MIPA. Penelitian menggunakan model ADDIE dengan hasil validitas sebesar 87,13% (sangat valid) dan praktisitas 94,40% (sangat praktis). Aspek penilaian meliputi kelayakh konten, bahasa, penyajian, dan media. Keluaran studi ini menunjukkan bahwa LKPD PjBL mampu meningkatkan keterlibatan belajar siswa melalui aktivitas proyek yang menerapkan prinsip-prinsip sains.

Profil keterampilan proses sains (SPS) siswa perempuan lebih tinggi dibanding laki-laki.Untuk laki-laki, seluruh indikator SPS berada pada kategori menengah, sementara perempuan memiliki 2 indikator tinggi dan 4 indikator menengah.Kedua kelompok mengalami kelemahan pada prediksi, pengukuran, dan kesimpulan.Perempuan umumnya unggul dalam SPS kecuali pada aspek pengukuran di mana laki-laki lebih baik.

Penelitian lanjutan dapat memfokuskan pada pengaruh disiplin dan motivasi belajar terhadap perbedaan SPS antar gender. Selain itu, perlu dikembangkan strategi peningkatan kemampuan prediksi dan inferensi siswa melalui integrasi kegiatan praktikum berbasis model inkuiri. Studi juga disarankan menguji efektivitas pelatihan guru dalam penerapan LKPD PjBL untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam memahami konsep sains.

  1. Enhancing Learning Outcomes Through the Development of Project-Based Student Worksheet for Class XI MIPA... jurnal.umpwr.ac.id/radiasi/article/view/3123Enhancing Learning Outcomes Through the Development of Project Based Student Worksheet for Class XI MIPA jurnal umpwr ac radiasi article view 3123
  1. #siswa kelas x#siswa kelas x
  2. #siswa kela ii#siswa kela ii
File size830.1 KB
Pages7
DMCAReportReport

ads-block-test