LAPANLAPAN
Jurnal Teknologi DirgantaraJurnal Teknologi DirgantaraPada perhitungan tabung roket akibat pengaruh tekanan dan temperatur, bila perbandingan antara panjang dan diameter cukup besar, perlu memperhitungkan terjadinya tegangan bending akibat berat dan tegangan buckling akibat ketebalan. Untuk menghindari tegangan tersebut maka bagian tengah tabung harus lebih tebal agar tegangan bagian tengah berkurang, tetapi tidak menimbulkan tegangan yang lebih besar lagi. Analisis yang lebih mendalam tentang tabung dilakukan pada tabung yang cukup panjang yaitu 2000 mm dan diameter 122 mm. Analisis yang dilakukan hanya dari pengaruh tekanan saja pada tabung yang tebalnya sama dan tabung yang tengahnya dipertebal, dengan tujuan untuk melihat pengaruh penebalan bagian tengah tabung tersebut dan sampai ketebalan berapa tabung bagian tengah diizinkan sehingga akibat terjadinya bending dan buckling dapat diabaikan.
Penebalan bagian tengah tabung dapat menurunkan tegangan bending dan buckling, tetapi ketebalan maksimum tidak boleh melebihi 10 mm untuk menghindari konsentrasi tegangan baru.Tabung dengan diameter 122 mm dan ketebalan 2,5 mm yang dipertebal hingga 6 mm di bagian tengah terbukti aman dengan faktor keamanan 1,8.Pengujian statik dan terbang menunjukkan kinerja tabung yang memuaskan tanpa kegagalan struktural.
Penelitian lanjutan dapat mengkaji penggunaan material komposit ringan untuk penebalan tengah tabung guna mengurangi berat sekaligus meningkatkan ketahanan struktural. Selain itu, perlu dikembangkan simulasi numerik dengan metode elemen hingga yang lebih kompleks untuk memodelkan interaksi antara tekanan, suhu, dan beban mekanis secara simultan. Penelitian juga dapat difokuskan pada desain alternatif penguatan tabung menggunakan struktur berpola (misalnya honeycomb) di bagian tengah untuk mengoptimalkan distribusi tegangan tanpa menambah ketebalan berlebihan.
| File size | 572.49 KB |
| Pages | 8 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG 89), and effective. The experimental class achieved a creativity score of 94.44 (highly effective) compared to the control classs 63.80 (less effective).89), and effective. The experimental class achieved a creativity score of 94.44 (highly effective) compared to the control classs 63.80 (less effective).
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI IPA 5 SMAN 1 Kota Solok meningkat setelah dilatih denganBerdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI IPA 5 SMAN 1 Kota Solok meningkat setelah dilatih dengan
UKIPUKIP Dewan komisaris independen tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak pada perusahaan manfaktur subsektor food and beverages yang terdaftar di BursaDewan komisaris independen tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak pada perusahaan manfaktur subsektor food and beverages yang terdaftar di Bursa
LAPANLAPAN Dari hasil perancangan disimpulkan bahwa perancangan ini merupakan perancangan awal igniter untuk dapat digunakan membakar propelan berkonfigurasi gandaDari hasil perancangan disimpulkan bahwa perancangan ini merupakan perancangan awal igniter untuk dapat digunakan membakar propelan berkonfigurasi ganda
Useful /
UBUB A higher level of HbA1c and the presence of factors associated with ongoing atherosclerosis and extensive CAD are concomitantly contributing to the higherA higher level of HbA1c and the presence of factors associated with ongoing atherosclerosis and extensive CAD are concomitantly contributing to the higher
UBUB Thromboprophylaxis with heparin, particularly low molecular weight heparin (LMWH), has been shown to improve these patients prognosis. A careful individualThromboprophylaxis with heparin, particularly low molecular weight heparin (LMWH), has been shown to improve these patients prognosis. A careful individual
LAPANLAPAN 2 relatif ideal untuk dikembangkan karena viskositas (17.506 P) dan laju kenaikan viskositasnya (247 P/menit) yang dimiliki tidak berbeda jauh dengan propelan2 relatif ideal untuk dikembangkan karena viskositas (17.506 P) dan laju kenaikan viskositasnya (247 P/menit) yang dimiliki tidak berbeda jauh dengan propelan
LAPANLAPAN Pesawat nirawak LSU dipilih untuk merepresentasikan analisis aerodinamika pada pesawat nirawak dengan konfigurasi twin-tailboom pusher. Fokus dari studiPesawat nirawak LSU dipilih untuk merepresentasikan analisis aerodinamika pada pesawat nirawak dengan konfigurasi twin-tailboom pusher. Fokus dari studi