STKIPPACITANSTKIPPACITAN

Jurnal Penelitian PendidikanJurnal Penelitian Pendidikan

Artikel ini berusaha menjelaskan konsepsi belajar dalam proses pendidikan. Penting untuk meneliti konsepsi tersebut guna memperoleh pemahaman yang baik mengenai maknanya, yang berguna bagi guru dan pendidik lainnya, sehingga mereka dapat menjadi pendidik yang baik, misalnya dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan baik melalui penerapan konsep belajar yang tepat. Diketahui bahwa terdapat banyak kasus dalam sistem pendidikan kita yang menggambarkan masalah dalam pencapaian kualitas sumber daya manusia, khususnya semangat belajar yang rendah di negara kita yang harus diatasi.

Pengembangan kapasitas belajar anak harus dilakukan secara serius oleh keluarga, masyarakat, dan pemerintah melalui sinergi.Lingkungan keluarga dan masyarakat harus menciptakan budaya belajar, dengan orang tua serta tokoh masyarakat menunjukkan kesadaran tinggi dan memberikan contoh perilaku belajar.Upaya konkret seperti penyediaan perpustakaan keluarga atau desa serta motivasi warga dalam memanfaatkan fasilitas belajar diperlukan untuk menciptakan situasi belajar yang kondusif.

Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi bagaimana penerapan perpustakaan keluarga atau perpustakaan desa berpengaruh terhadap motivasi belajar anak di komunitas pedesaan Indonesia, dengan mengukur perubahan sikap belajar dan frekuensi penggunaan fasilitas tersebut; selanjutnya, studi dapat menilai dampak program pelatihan guru yang berfokus pada enam konsepsi belajar yang diuraikan dalam artikel terhadap pencapaian self‑aktualisasi siswa serta hasil akademik, melalui desain eksperimental longitudinal; terakhir, penelitian dapat menyelidiki peran praktik budaya komunitas dalam membentuk sikap belajar dan menguji bagaimana integrasi kearifan lokal ke dalam kurikulum dapat memperkuat budaya belajar, dengan melibatkan tokoh masyarakat, orang tua, dan lembaga pendidikan dalam proses pengembangan materi pembelajaran.

  1. #motivasi anak#motivasi anak
File size106.33 KB
Pages9
DMCAReportReport

ads-block-test