UMJ PremiumUMJ Premium
Muhammadiyah Journal of Nutrition and Food Science (MJNF)Muhammadiyah Journal of Nutrition and Food Science (MJNF)Latar Belakang: Penyakit Ginjal Kronis (PGK) menurunkan fungsi ginjal, menyebabkan anemia. Hemodialisis (HD) dapat menggantikan fungsi ginjal, tetapi memiliki efek samping terhadap asupan protein, zat besi, asam folat, serta mengganggu eritropoiesis. Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis hubungan antara asupan protein, asam folat dan zat besi dengan kadar Hb pada pasien PGK dengan HD. Metode: Penelitian dilakukan dengan desain analitik observasional dan pendekatan cross-sectional. Subjek penelitian adalah 81 pasien PGK yang telah menjalani HD ≥ 6 bulan dengan frekuensi dua kali/minggu dan pengambilan sampel menggunakan quota sampling. Hasil: Hasil uji analisis univariat menunjukkan nilai rata-rata kadar Hb, asupan protein, asam folat dan zat besi masing-masing 8,6 g/dL; 56 g/hari; 94,5 μg/hari; dan 8,3 mg/hari. Hasil uji menggunakan Spearman Rank menunjukkan bahwa terdapat hubungan asupan protein, asam folat dan zat besi dengan kadar Hb (p-value masing-masing yaitu 0,000; 0,036; 0,000). Simpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara asupan protein, asam folat dan zat besi (p-value masing-masing yaitu 0,000; 0,036; 0,000 (p <0,05)) pada pasien PGK yang menjalani terapi HD di unit hemodialisis UPTDK RSUD dr. Soekardjo, Kota Tasikmalaya pada tahun 2023.
Terdapat hubungan signifikan (p-value=0,00) yang moderat (rs=0,62) antara asupan protein dengan kadar Hb, hubungan signifikan (p-value=0,36) yang sangat lemah (rs=0,23) antara asupan asam folat dengan kadar Hb, dan hubungan signifikan (p-value=0,00) yang moderat (rs=0,57) antara asupan zat besi dengan kadar Hb pasien PGK dengan terapi HD di UPTDK RSUD dr.
Berdasarkan hasil penelitian ini, saran penelitian lanjutan dapat difokuskan pada beberapa aspek. Pertama, perlu dilakukan studi lebih lanjut untuk mengeksplorasi efek katabolik yang dialami pasien PGK dengan HD terhadap asupan protein dan cara-cara untuk meningkatkan asupan protein yang adekuat. Kedua, penelitian tentang peran asam folat dalam menurunkan kadar homosistein dan mendukung sistem hematopoiesis pada pasien PGK dengan HD dapat memberikan wawasan lebih dalam. Ketiga, studi tentang pengaruh konsumsi sumber zat besi heme dan non-heme pada pasien PGK dengan HD, serta strategi untuk meningkatkan asupan zat besi, dapat menjadi fokus penelitian selanjutnya.
| File size | 593.11 KB |
| Pages | 9 |
| DMCA | Report |
Related /
UNIPASBYUNIPASBY Hasil penelitian didapatkan bahwa pemberian VCO tidak terbukti efektif meningkatkan berat badan (p=0,693) dan tinggi badan (p=0,548) pada balita stuntingHasil penelitian didapatkan bahwa pemberian VCO tidak terbukti efektif meningkatkan berat badan (p=0,693) dan tinggi badan (p=0,548) pada balita stunting
POLTEKKES KDIPOLTEKKES KDI Kelompok intervensi menerima 150 mL jus buah naga merah dengan 2 g ekstrak jahe per hari, sedangkan kontrol menerima jus tanpa jahe. Kadar hemoglobin diukurKelompok intervensi menerima 150 mL jus buah naga merah dengan 2 g ekstrak jahe per hari, sedangkan kontrol menerima jus tanpa jahe. Kadar hemoglobin diukur
UNIK KEDIRIUNIK KEDIRI Metode ini menggunakan desain deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan 3 kali melalui wawancara yang terstruktur, pemeriksaanMetode ini menggunakan desain deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan 3 kali melalui wawancara yang terstruktur, pemeriksaan
AIPKEMAAIPKEMA Tujuan penelitian ini adalah mengetahui implementasi terapi herbal kombinasi jus buah naga dan jus jambu biji terhadap derajat anemia pada ibu hamil trimesterTujuan penelitian ini adalah mengetahui implementasi terapi herbal kombinasi jus buah naga dan jus jambu biji terhadap derajat anemia pada ibu hamil trimester
JOURNALMPCIJOURNALMPCI Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross‑sectional yang melibatkan 69 ibu yang memiliki anak berusia 9–24 bulan, dipilihMetode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross‑sectional yang melibatkan 69 ibu yang memiliki anak berusia 9–24 bulan, dipilih
JOURNALMPCIJOURNALMPCI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kadar Hb pada ibu hamil trimester pertama dan ketiga, baik pada suku asli Papua (OAP) maupun non-OAP.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kadar Hb pada ibu hamil trimester pertama dan ketiga, baik pada suku asli Papua (OAP) maupun non-OAP.
JOURNALMPCIJOURNALMPCI Total sampel yang dipilih adalah 110 responden melalui purposive dan consecutive sampling. Pengumpulan data tentang kebiasaan konsumsi kopi, asupan protein,Total sampel yang dipilih adalah 110 responden melalui purposive dan consecutive sampling. Pengumpulan data tentang kebiasaan konsumsi kopi, asupan protein,
ITEKES BALIITEKES BALI Hasil analisis menunjukkan bahwa satu porsi Kompyang mengandung 16,58 gram karbohidrat, 7,33 gram protein, dan 3,54 gram lemak. Meskipun produk ini memenuhiHasil analisis menunjukkan bahwa satu porsi Kompyang mengandung 16,58 gram karbohidrat, 7,33 gram protein, dan 3,54 gram lemak. Meskipun produk ini memenuhi
Useful /
UNIK KEDIRIUNIK KEDIRI M, ibu usia 28 tahun yang mengalami gangguan tidur selama masa nifas. Intervensi berupa pijat nifas dilakukan selama tiga hari berturut-turut, sekali setiapM, ibu usia 28 tahun yang mengalami gangguan tidur selama masa nifas. Intervensi berupa pijat nifas dilakukan selama tiga hari berturut-turut, sekali setiap
UMJ PremiumUMJ Premium Hasil uji aktivitas antioksidan formula K1J2 yaitu 2,81 mg/100 g yang berarti memiliki aktivitas antioksidan dengan kategori sangat kuat. Uji kadar airHasil uji aktivitas antioksidan formula K1J2 yaitu 2,81 mg/100 g yang berarti memiliki aktivitas antioksidan dengan kategori sangat kuat. Uji kadar air
UMJ PremiumUMJ Premium Metode: Studi ini menggunakan desain studi potong lintang pada 60 siswa kelas X dan XI di SMK Al-Hidayah yang diambil secara proportional random sampling.Metode: Studi ini menggunakan desain studi potong lintang pada 60 siswa kelas X dan XI di SMK Al-Hidayah yang diambil secara proportional random sampling.
UMJ PremiumUMJ Premium Hasil: Terdapat 25% responden memiliki asupan seng kurang dan 20,6% responden memiliki asupan vitamin B12 kurang, serta 44,1% responden mengalami anemia.Hasil: Terdapat 25% responden memiliki asupan seng kurang dan 20,6% responden memiliki asupan vitamin B12 kurang, serta 44,1% responden mengalami anemia.