HUSADAGEMILANGHUSADAGEMILANG
Jurnal Kesehatan Husada GemilangJurnal Kesehatan Husada GemilangAnemia adalah penyakit kekurangan kadar hemoglobin di dalam darah dan banyak terjadi pada perempuan. Kasus anemia di Indonesia tahun 2023 yang terjadi pada remaja perempuan sebesar 22,7%. Beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya anemia pada remaja perempuan yaitu status gizi dan pola makan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status gizi dengan kejadian anemia, hubungan pola makan dengan kejadian anemia, pengaruh status gizi dan pola makan terhadap kejadian anemia secara simultan dan parsial, dan sumbangan status gizi dan pola makan terhadap kejadian anemia. Desain penelitian secara deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Semparuk dengan responden 156 siswi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah stratified random sampling. Data status gizi diperoleh dari pengukuran IMT dan hemoglobin darah, sedangkan data pola makan diperoleh dari kuesioner. Instrumen penelitian memiliki nilai corrected item total correlation > 0,361 dan Cronbachs Alpha sebesar 0,789. Teknik analisis data yang digunakan adalah chi-square dan regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan status gizi dengan kejadian anemia, ada hubungan pola makan dengan kejadian anemia, ada pengaruh signifikan status gizi dan pola makan terhadap kejadian anemia secara simultan dan parsial, dan sumbangan status gizi dan pola makan terhadap kejadian anemia sebesar 78,2%.
Terdapat hubungan antara status gizi dan pola makan dengan kejadian anemia pada siswi di SMAN 1 Semparuk, berdasarkan hasil uji statistik yang signifikan (p < 0,05).Status gizi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap anemia, dengan siswi berstatus gizi kurus memiliki risiko 15,857 kali lebih besar mengalami anemia dibanding yang normal.Secara simultan, status gizi dan pola makan memberikan kontribusi sebesar 78,2% terhadap kejadian anemia, sementara pola makan tidak berpengaruh parsial secara signifikan.
Pertama, perlu diteliti faktor psikologis seperti body image dan keinginan memiliki tubuh ideal terhadap perilaku diet tidak sehat pada remaja putri, untuk memahami akar penyebab pola makan buruk yang berkontribusi terhadap anemia. Kedua, penting untuk mengkaji efektivitas program pemberian tablet tambah darah di sekolah dengan mempertimbangkan kebiasaan makan, frekuensi menstruasi, dan status gizi siswi secara berkala, guna menilai sejauh mana intervensi tersebut mencegah anemia. Ketiga, perlu dilakukan penelitian tentang pengaruh konsumsi makanan sumber zat besi alami (seperti daging, sayuran hijau, dan kacang-kacangan) dibandingkan suplementasi zat besi terhadap peningkatan kadar hemoglobin dalam jangka panjang, khususnya pada remaja dengan status gizi kurang dan pola makan tidak seimbang. Penelitian-penelitian ini dapat melengkapi temuan saat ini yang menunjukkan keterkaitan kuat status gizi dan pola makan terhadap anemia, namun belum membahas aspek perilaku dan intervensi spesifik secara mendalam.
- Hubungan Antara Status Gizi dan Pola Makan dengan Kejadian Anemia Pada Remaja Putri | Jurnal Ilmiah Ilmu... journals.uima.ac.id/index.php/jiiki/article/view/183Hubungan Antara Status Gizi dan Pola Makan dengan Kejadian Anemia Pada Remaja Putri Jurnal Ilmiah Ilmu journals uima ac index php jiiki article view 183
- DOI Name 10.3302 Values. doi name values index type timestamp data hs serv 55z medra desc 51z prefix... doi.org/10.3302DOI Name 10 3302 Values doi name values index type timestamp data hs serv 55z medra desc 51z prefix doi 10 3302
| File size | 310.85 KB |
| Pages | 8 |
| DMCA | Report |
Related /
UNIPASBYUNIPASBY Sampel yang digunakan adalah balita stunting berjumlah 32 responden. Intervensi pemberian VCO dengan dosis 1 X 5 ml sebelum makan pada pagi hari dilakukanSampel yang digunakan adalah balita stunting berjumlah 32 responden. Intervensi pemberian VCO dengan dosis 1 X 5 ml sebelum makan pada pagi hari dilakukan
POLTEKKES KDIPOLTEKKES KDI Buah naga merah dan jahe dipilih karena kandungan vitamin C, zat besi, serta efek hematopoietik saling melengkapi. Tujuan: Mengevaluasi pengaruh penambahanBuah naga merah dan jahe dipilih karena kandungan vitamin C, zat besi, serta efek hematopoietik saling melengkapi. Tujuan: Mengevaluasi pengaruh penambahan
UNIK KEDIRIUNIK KEDIRI Keberhasilan ini menunjukkan efektivitas dari suplementasi, perbaikan pola makan, kegiatan edukatif, serta pemantauan yang dilakukan secara konsisten.Keberhasilan ini menunjukkan efektivitas dari suplementasi, perbaikan pola makan, kegiatan edukatif, serta pemantauan yang dilakukan secara konsisten.
AIPKEMAAIPKEMA Hasil menunjukkan bahwa sebelum intervensi sebagian besar responden mengalami anemia ringan, sedangkan setelah intervensi tidak ada yang anemia. AnalisisHasil menunjukkan bahwa sebelum intervensi sebagian besar responden mengalami anemia ringan, sedangkan setelah intervensi tidak ada yang anemia. Analisis
JOURNALMPCIJOURNALMPCI Temuan ini mengindikasikan bahwa persepsi positif ibu tidak selalu berbanding lurus dengan pelaksanaan imunisasi lengkap, dan faktor-faktor lain sepertiTemuan ini mengindikasikan bahwa persepsi positif ibu tidak selalu berbanding lurus dengan pelaksanaan imunisasi lengkap, dan faktor-faktor lain seperti
JOURNALMPCIJOURNALMPCI Jumlah sampel adalah 36 orang dengan teknik purposive sampling. Hasil menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan (p > 0,05) kadar hemoglobin antara ibuJumlah sampel adalah 36 orang dengan teknik purposive sampling. Hasil menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan (p > 0,05) kadar hemoglobin antara ibu
JOURNALMPCIJOURNALMPCI Total sampel yang dipilih adalah 110 responden melalui purposive dan consecutive sampling. Pengumpulan data tentang kebiasaan konsumsi kopi, asupan protein,Total sampel yang dipilih adalah 110 responden melalui purposive dan consecutive sampling. Pengumpulan data tentang kebiasaan konsumsi kopi, asupan protein,
ITEKES BALIITEKES BALI Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kandungan zat gizi makro pada kompyang yang dimodifikasi dengan substitusi ikan lele dan tempe, serta menilaiPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis kandungan zat gizi makro pada kompyang yang dimodifikasi dengan substitusi ikan lele dan tempe, serta menilai
Useful /
HUSADAGEMILANGHUSADAGEMILANG Responden yang memiliki pengetahuan baik 87,2% berumur 20 – 35 tahun, 38,3% berpendidikan tinggi dan 51,1% merupakan primigravida. Bidan diharapkan terusResponden yang memiliki pengetahuan baik 87,2% berumur 20 – 35 tahun, 38,3% berpendidikan tinggi dan 51,1% merupakan primigravida. Bidan diharapkan terus
UNIK KEDIRIUNIK KEDIRI Hasil uji statistik didapatkan p-value 0. 033 ada hubungan antara kejadian stunting dengan pola asuh di Puskesmas Patianrowo Kabupaten Nganjuk Tahun 2025.Hasil uji statistik didapatkan p-value 0. 033 ada hubungan antara kejadian stunting dengan pola asuh di Puskesmas Patianrowo Kabupaten Nganjuk Tahun 2025.
UNIK KEDIRIUNIK KEDIRI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi HPMC (Hydroxy Propyl Methyl Cellulose) yang menghasilkan sediaan gel yang stabil dan hasil stabilitasPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi HPMC (Hydroxy Propyl Methyl Cellulose) yang menghasilkan sediaan gel yang stabil dan hasil stabilitas
UNIK KEDIRIUNIK KEDIRI Penelitian ini menggunakan pre eksperimen dengan pendekatan One Group Pre Test Post Test Design. Besar sampel dalam penelitian ini adalah 15 orang ibuPenelitian ini menggunakan pre eksperimen dengan pendekatan One Group Pre Test Post Test Design. Besar sampel dalam penelitian ini adalah 15 orang ibu