UIGMUIGM
Jurnal Abdimas MandiriJurnal Abdimas MandiriLiterasi media merupakan kemampuan seseorang untuk mengakses berbagai informasi di media, terutama media sosial, mencermati, menganalisis, memahami dan juga berkomunikasi secara baik di media sosial. Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat dewasa ini, berpotensi besar menyebabkan manusia tidak dapat mengontrol diri dalam bermedia sosial sehingga mudah timbul berbagai kerawanan sosial. Media sosial, di satu sisi dapat memperluas jaringan persahabatan dalam waktu singkat, namun juga sangat berpotensi untuk terjadinya kerawanan dan perselisihan apabila tidak bijak menggunakannya. Kondisi ini lebih rentan terjadi pada generasi muda, terutama pada para pelajar. Hal ini mendorong untuk dilakukannya kegiatan . Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah agar para siswa yang adalah anak‑anak remaja, mengetahui, memahami dan mampu mengakses informasi, mampu menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan informasi dalam berbagai bentuk media secara baik dan bertanggung jawab. Semua siswa telah memiliki gadget sendiri, dan mempunyai beberapa akun media sosial namun belum mengetahui dan memahami tentang literasi media. Pada pelaksanaan kegiatan ini, metode kegiatan yang dilakukan yaitu ceramah dan diskusi. Peralatan bantu yang digunakan yaitu laptop dan LCD. Tahapan kegiatan yang dilakukan yaitu diskusi lepas dengan para siswa untuk menggali pengetahuan awal tentang literasi media, mengkomunikasikan maksud kegiatan dengan pimpinan sekolah, serta melaksanakan kegiatan di kelas sesuai kesepakatan waktu yang terdiri dari ceramah dan diskusi. Hasil kegiatan yang diperoleh yaitu para siswa dapat memahami tentang literasi media, yang terlihat melalui keterlibatan dalam diskusi, mengajukan pertanyaan, dan memberikan pendapat.
Pembelajaran literasi media yang dilaksanakan kepada siswa‑siswi SMA Negeri 1 Bajawa selama program Kuliah Kerja Nyata Universitas Katolik Widya Mandira Kupang berhasil meningkatkan pemahaman mereka tentang literasi media.Hal ini terlihat dari antusiasme peserta dalam berdiskusi, menjawab serta mengajukan pertanyaan, dan menyampaikan ide serta saran.Aktivitas tersebut memberikan kontribusi penting dalam mengatasi permasalahan yang muncul terkait penggunaan media sosial.
Penelitian selanjutnya dapat mengkaji efektivitas penggunaan permainan digital interaktif sebagai metode alternatif untuk meningkatkan literasi media pada siswa SMA, dibandingkan dengan pendekatan ceramah‑diskusi tradisional; sebuah studi eksperimental dengan kelompok kontrol dan pengukuran pre‑post dapat memberikan bukti empiris tentang peningkatan pengetahuan dan perilaku. Selain itu, diperlukan studi longitudinal yang memantau retensi pengetahuan serta perubahan perilaku penggunaan media sosial siswa selama minimal enam bulan setelah pelatihan, guna menilai dampak jangka panjang dan keberlanjutan pembelajaran. Selanjutnya, penelitian komparatif yang melibatkan beberapa sekolah di berbagai wilayah geografis dapat mengevaluasi adaptasi kurikulum literasi media secara lebih luas, serta mengidentifikasi faktor‑faktor kontekstual yang mempengaruhi efektivitasnya dalam mengurangi penyebaran informasi palsu dan memperkuat sikap kritis di kalangan remaja.
- LITERASI DIGITAL PADA REMAJA DIGITAL (SOSIALISASI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL BAGI PELAJAR SEKOLAH MENENGAH... ejournal.uigm.ac.id/index.php/PGM/article/view/1047LITERASI DIGITAL PADA REMAJA DIGITAL SOSIALISASI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL BAGI PELAJAR SEKOLAH MENENGAH ejournal uigm ac index php PGM article view 1047
- Dwi Fungsi Media Massa | Habibie | Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi. fungsi massa habibie interaksi... doi.org/10.14710/interaksi.7.2.79-86Dwi Fungsi Media Massa Habibie Interaksi Jurnal Ilmu Komunikasi fungsi massa habibie interaksi doi 10 14710 interaksi 7 2 79 86
| File size | 365.91 KB |
| Pages | 7 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
MAHADEWAMAHADEWA Data motivasi siswa dikumpulkan melalui lembar kuesioner dan data hasil belajar dikumpulkan melalui tes prestasi belajar yang disusun dalam bentuk tesData motivasi siswa dikumpulkan melalui lembar kuesioner dan data hasil belajar dikumpulkan melalui tes prestasi belajar yang disusun dalam bentuk tes
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Penerapan e-catalog diharapkan mampu menonjolkan keunikan produk Teras Gendis, meningkatkan minat beli konsumen, dan berdampak positif pada pendapatanPenerapan e-catalog diharapkan mampu menonjolkan keunikan produk Teras Gendis, meningkatkan minat beli konsumen, dan berdampak positif pada pendapatan
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Regression analysis confirmed that all three variables significantly influence readiness, with digital literacy emerging as the strongest predictor. TheseRegression analysis confirmed that all three variables significantly influence readiness, with digital literacy emerging as the strongest predictor. These
MAHADEWAMAHADEWA Selanjutnya pada siklus II setelah diberikan tindakan peningkatan yang signifikan ditunjukkan oleh siswa. Jika dilihat dengan angka peningkatan tersebutSelanjutnya pada siklus II setelah diberikan tindakan peningkatan yang signifikan ditunjukkan oleh siswa. Jika dilihat dengan angka peningkatan tersebut
Useful /
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Oleh karena itu, asesmen non‑kognitif direkomendasikan menjadi bagian integral dalam sistem pendidikan madrasah, khususnya di daerah dengan keterbatasanOleh karena itu, asesmen non‑kognitif direkomendasikan menjadi bagian integral dalam sistem pendidikan madrasah, khususnya di daerah dengan keterbatasan
UIGMUIGM Program Pembinaan UMKM Berbasis Kemitraan berhasil meningkatkan pengetahuan peserta sebesar 10% dan memberikan peralatan teknologi untuk mendukung pemasaranProgram Pembinaan UMKM Berbasis Kemitraan berhasil meningkatkan pengetahuan peserta sebesar 10% dan memberikan peralatan teknologi untuk mendukung pemasaran
MAHADEWAMAHADEWA Dari hasil yang didapat penulis memiliki keyakinan bahwa jika model Project based learning pada pembuatan comic strips project diterapkan pada pembelajaranDari hasil yang didapat penulis memiliki keyakinan bahwa jika model Project based learning pada pembuatan comic strips project diterapkan pada pembelajaran
MAHADEWAMAHADEWA Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan model layanan profesional konseling HIV/Aids di provinsi Bali berbasis front-end analysis. DataPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan model layanan profesional konseling HIV/Aids di provinsi Bali berbasis front-end analysis. Data