UNUJAUNUJA
Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan IslamAl-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan IslamPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi eskalasi integrasi nilai-nilai spiritual ke dalam kurikulum dan penerapannya secara holistik melalui dukungan kepemimpinan kepala sekolah yang efektif. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif di empat madrasah, dimana pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Untuk menjamin keabsahannya, data yang terkumpul dibahas dalam FGD dengan 144 peserta secara daring dan luring. Hasil penelitian ini antara lain: 1) konvergensi pendapat di antara seluruh pemangku kepentingan sepakat memasukkan dan menggabungkan empat kategori spiritual yang esensial, yaitu tauhid (Keesaan Tuhan), akhlak (akhlak baik), Ibadah, dan Jihad (perjuangan), ke dalam kurikulum pendidikan, mengikuti keyakinan umum dan hasil musyawarah; 2) lima strategi yang secara praktis diimplementasikan ke dalam kegiatan holistik dan integratif berikut ini, antara lain; (1) menetapkan kebijakan eskalasi integrasi kurikulum; (2) terintegrasi dalam penerapan seluruh materi; (3) dilakukan secara bersama-sama antara sekolah dan orang tua; (4) dikontrol secara administratif melalui buku penghubung dan buku saku harian (amalul yaum); dan (5) dilakukan dalam berbagai tindakan nyata; 3) pemimpin mempunyai visi yang jelas dan menjadi panutan terbaik. Penelitian ini memberikan implikasi tentang pentingnya pemimpin visioner dalam memperkuat nilai‑nilai spiritual dalam kurikulumnya secara terencana, sistematis dan totalitas.
Integrasi nilai‑spiritual ke dalam kurikulum sekolah penting mengingat tantangan dan persaingan yang dihadapi siswa.Pendekatan holistik ini dapat meningkatkan pencapaian akademik serta kesejahteraan emosional dan sosial siswa.Penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan visioner dan partisipasi komunitas menjadi faktor kunci dalam memperkuat nilai‑spiritual tersebut.
Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi dampak integrasi konten spiritual digital (misalnya video, aplikasi) terhadap pemahaman nilai spiritual siswa. Penelitian kuantitatif dapat menilai efektivitas pelatihan guru yang berfokus pada pengembangan modul integrasi spiritual agar materi dapat disampaikan secara kontekstual. Studi komparatif antara madrasah di wilayah perkotaan dan pedesaan dapat mengidentifikasi hambatan dan kelebihan dalam pelaksanaan kebijakan kewajiban spiritual. Analisis longitudinal tentang persepsi orang tua, guru, dan siswa terhadap strategi kepemimpinan kepala sekolah dapat menilai perubahan sikap seiring waktu. Pengembangan model evaluasi berbasis partisipatif untuk menilai interaksi sekolah‑kemasyarakatan dapat mempermudah peninjauan kebijakan. Penelitian eksploratif tentang penggunaan media sosial sebagai jalur penyebaran nilai spiritual dapat membuka pendekatan inovatif. Analisis kebijakan lembaga pendidikan dalam menyesuaikan fase pelatihan untuk para pemimpin dapat memberikan pedoman praktis. Kajian meta‑analisis terhadap literatur nasional mengenai integrasi spiritual dalam kurikulum dapat menegaskan titik kuat. Studi tindakan kolaboratif dapat mendorong perbaikan berkelanjutan. Akhirnya, pemantauan dan evaluasi berkelanjutan harus menjadi komponen inheren dalam setiap program integrasi spiritual.
- THE PRINCIPALS' EFFORTS IN FACILITATING THE FREEDOM TO LEARN BY ENHANCING COMMUNITY PARTICIPATION... doi.org/10.21831/cp.v40i1.36119THE PRINCIPALS EFFORTS IN FACILITATING THE FREEDOM TO LEARN BY ENHANCING COMMUNITY PARTICIPATION doi 10 21831 cp v40i1 36119
- The Importance of the Spiritual Dimension in Improving the Mental Well-Being of College Students | Studies... doi.org/10.46627/SILET.V5I2.382The Importance of the Spiritual Dimension in Improving the Mental Well Being of College Students Studies doi 10 46627 SILET V5I2 382
- COVID-19 and Remote Learning: Experiences of Parents with Children during the Pandemic. covid remote... ajqr.org/article/parents-experiences-with-remote-education-during-covid-19-school-closures-8471COVID 19 and Remote Learning Experiences of Parents with Children during the Pandemic covid remote ajqr article parents experiences with remote education during covid 19 school closures 8471
| File size | 279.33 KB |
| Pages | 13 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNUJAUNUJA Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan dalam implementasi pendidikan dan pengajaran, namun terdapat perbedaan dalam implementasiHasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan dalam implementasi pendidikan dan pengajaran, namun terdapat perbedaan dalam implementasi
OJS INDONESIAOJS INDONESIA 600.000-Rp. 800.000 per minggunya. Pertambangan boleh dilakukan selama masyarakat mempertimbangkan kepentingan kemaslahatan umum, tidak mendatangkan kerusakan600.000-Rp. 800.000 per minggunya. Pertambangan boleh dilakukan selama masyarakat mempertimbangkan kepentingan kemaslahatan umum, tidak mendatangkan kerusakan
OJS INDONESIAOJS INDONESIA Cara penelitian ini bertujuan menentukan bagaimana aparatur desa berperforma di Kantor Desa Lempe, Kecamatan Dampal Selatan, Kabupaten Toli‑Toli. MetodeCara penelitian ini bertujuan menentukan bagaimana aparatur desa berperforma di Kantor Desa Lempe, Kecamatan Dampal Selatan, Kabupaten Toli‑Toli. Metode
OJS INDONESIAOJS INDONESIA Penelitian menggunakan pendekatan metode campuran dari QUAN Qual untuk menjalankan surveinya. Segitiga data bersamaan menggunakan kuesioner, wawancara,Penelitian menggunakan pendekatan metode campuran dari QUAN Qual untuk menjalankan surveinya. Segitiga data bersamaan menggunakan kuesioner, wawancara,
Useful /
RAHARJARAHARJA akses mudah, kemampuan unggah berbagai format file, pencarian data terstruktur, aksesibilitas untuk seluruh civitas akademik, dan ketersediaan di luarakses mudah, kemampuan unggah berbagai format file, pencarian data terstruktur, aksesibilitas untuk seluruh civitas akademik, dan ketersediaan di luar
RAHARJARAHARJA Sebagai alternatif pemecahan masalah adalah memberikan inovasi pembelajaran terbaru yaitu Sistem iLearning, Sistem iLearning adalah sistem pembelajaranSebagai alternatif pemecahan masalah adalah memberikan inovasi pembelajaran terbaru yaitu Sistem iLearning, Sistem iLearning adalah sistem pembelajaran
PLBPLB Dengan menggunakan BERTopic, yang dihasilkan mencapai nilai evaluasi yang baik berdasarkan kriteria kemiripan semantik yang tinggi serta, keragaman topikDengan menggunakan BERTopic, yang dihasilkan mencapai nilai evaluasi yang baik berdasarkan kriteria kemiripan semantik yang tinggi serta, keragaman topik
OJS INDONESIAOJS INDONESIA Penelitian ini menganalisis episode “Dosa-Dosa Anies dari acara “Kick Andy di Metro TV yang merupakan wawancara eksklusif dengan mantan Gubernur DKIPenelitian ini menganalisis episode “Dosa-Dosa Anies dari acara “Kick Andy di Metro TV yang merupakan wawancara eksklusif dengan mantan Gubernur DKI