RAHARJARAHARJA

CCIT (Creative Communication and Innovative Technology) JournalCCIT (Creative Communication and Innovative Technology) Journal

Proses belajar mengajar adalah inti aktivitas dalam pendidikan. Penggunaan sistem informasi terintegrasi dalam organisasi menjadi kebutuhan, namun belum menyediakan wadah untuk evaluasi kinerja mahasiswa secara komprehensif. iLearning Wikis sebagai solusi berbasis website menyediakan wadah penyimpanan data tugas, laporan, dan profil pengguna yang terstruktur. Sistem ini memudahkan pencarian data, memantau perkembangan kinerja mahasiswa, serta meningkatkan efisiensi proses belajar mengajar. Implementasi iLearning Wikis membuktikan kemampuan dalam mengatasi masalah penyimpanan database dan fragmentasi data.

iLearning Wikis berhasil mengatasi lima permasalahan utama pada website personal, yaitu aksesibilitas, kapasitas unggah file, pencarian data, keterbatasan pengguna, dan ketergantungan jaringan kampus.akses mudah, kemampuan unggah berbagai format file, pencarian data terstruktur, aksesibilitas untuk seluruh civitas akademik, dan ketersediaan di luar kampus.Meski demikian, sistem ini masih menghadapi dua kekurangan.risiko gangguan server dan ketergantungan pada jaringan internet stabil.

Pertama, penelitian lanjutan perlu mengembangkan mekanisme sinkronisasi offline untuk iLearning Wikis, memungkinkan akses dan penyimpanan data tanpa koneksi internet. Kedua, diperlukan studi tentang optimasi arsitektur server untuk menangani lonjakan penggunaan secara massal, terutama saat periode akademik kritis. Ketiga, penelitian tentang integrasi AI untuk analisis otomatis data kinerja mahasiswa dapat membantu personalisasi rekomendasi pembelajaran. Keempat, pengembangan antarmuka pengguna multibahasa perlu diteliti untuk meningkatkan inklusivitas sistem di tingkat internasional. Kelima, eksplorasi metode enkripsi data berlapis diperlukan untuk meningkatkan keamanan informasi sensitif dalam lingkungan akademik. Keenam, penelitian tentang adaptasi sistem untuk perangkat non-iPad dapat memperluas aksesibilitas platform. Ketujuh, pengembangan modul pelatihan digital untuk pengguna baru akan meningkatkan efisiensi adopsi sistem. Kedelapan, studi tentang dampak jangka panjang penggunaan iLearning Wikis terhadap kreativitas mahasiswa perlu dilakukan untuk validasi efektivitas pedagogis. Kesembilan, penelitian tentang integrasi sistem dengan alat kolaborasi real-time seperti video konferensi dapat meningkatkan interaksi akademik. Kesepuluh, pengembangan sistem analitik prediktif untuk memprediksi risiko akademik mahasiswa berdasarkan pola penggunaan platform.

  1. #prestasi akademik mahasiswa#prestasi akademik mahasiswa
  2. #adopsi sistem#adopsi sistem
File size571.21 KB
Pages15
DMCAReportReport

ads-block-test