MAHADEWAMAHADEWA

Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Indonesian Journal of Educational Development (IJED)

Penelitian ini berdasarkan kurangnya pemahaman siswa terhadap budaya Indonesia. Hal ini disebabkan perkembangan zaman modern dan pengaruh budaya asing yang mudah diakses melalui gadget berjaringan internet, membuat siswa lebih tertarik pada budaya asing daripada budaya nasional. Penelitian ini bertujuan menentukan efektivitas media monopoli budaya Indonesia (MOBUSAN) terhadap kemampuan memahami konsep budaya siswa kelas IV SD 5 Kandangmas. Metode kuantitatif dengan desain pra-eksperimental (one group pretest-posttest) digunakan, dengan sampel 17 siswa. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes, kuisioner, dan uji statistik deskriptif (uji normalitas dan paired sample t-test). Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman konsep budaya siswa setelah menggunakan MOBUSAN, dengan nilai sig. (2-tailed) = 0.000 < 0.05. Kesimpulan penelitian menyatakan penggunaan MOBUSAN berdampak signifikan pada kemampuan memahami konsep budaya Indonesia siswa kelas IV SD 5 Kandangmas.

Penelitian ini menemukan bahwa media monopoli budaya Indonesia (MOBUSAN) efektif meningkatkan pemahaman konsep budaya siswa kelas IV SD 5 Kandangmas.Uji paired sample t-test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (<0,05), membuktikan perbedaan signifikan pemahaman konsep sebelum dan sesudah penggunaan MOBUSAN.Siswa menjadi lebih aktif dan antusias dalam pembelajaran, terutama dalam memahami keberagaman budaya nusantara melalui pendekatan bermain media interaktif ini.Hasil align dengan teori konstruktivisme yang menekankan aktivitas siswa untuk membangun pengetahuan secara mandiri.

Penelitian lanjutan dapat mengkaji penerapan MOBUSAN pada materi budaya daerah khusus di wilayah Indonesia timur, mengadaptasi permainan untuk pelajaran seni budaya di tingkat SMP, serta mempelajari efek jangka panjang media bermain pada pembentukan rasa cinta tanah air siswa. Studi komparatif antara media tradisional (cerita rakyat) dan modern (MOBUSAN) juga relevan untuk mengevaluasi efektivitas metode. Selain itu, pengembangan versi digital MOBUSAN dengan fitur interaktif virtual dapat menjadi inovasi pemantapan konsep budaya di era digital.

  1. PENGARUH MODEL ARIAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN IPS... journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/view/7278PENGARUH MODEL ARIAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN IPS journal unesa ac index php PD article view 7278
  2. IMPROVING STUDENT’S SCIENCE NUMERATION CAPABILITY THROUGH THE IMPLEMENTATION OF PBL MODEL BASED... doi.org/10.59672/ijed.v4i3.3252IMPROVING STUDENTAoS SCIENCE NUMERATION CAPABILITY THROUGH THE IMPLEMENTATION OF PBL MODEL BASED doi 10 59672 ijed v4i3 3252
  3. EFFECTIVENESS OF THE MONOPOLY MEDIA INDONESIAN CULTURE (MOBUSAN) ON THE UNDERSTANDING SOCIAL STUDIES... ojs.mahadewa.ac.id/index.php/ijed/article/view/4294EFFECTIVENESS OF THE MONOPOLY MEDIA INDONESIAN CULTURE MOBUSAN ON THE UNDERSTANDING SOCIAL STUDIES ojs mahadewa ac index php ijed article view 4294
  1. #siswa kelas x#siswa kelas x
  2. #pengaruh budaya organisasi#pengaruh budaya organisasi
File size221.79 KB
Pages9
DMCAReportReport

ads-block-test