STKIPPACITANSTKIPPACITAN

Jurnal Penelitian PendidikanJurnal Penelitian Pendidikan

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang beberapa hal berikut: (1) materi pendidikan karakter berbasis Islam dalam pembelajaran IPS, (2) pola pelaksanaan pendidikan karakter di SMP N 1 Kedung Banteng, (3) unifikasi pendidikan karakter berbasis agama Islam dalam pembelajaran IPS, dan (4) pengaruh pelaksanaan pendidikan karakter berbasis agama Islam dalam pembelajaran IPS. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Metode analisis data dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penarikan kesimpulan berdasarkan hasil analisis dan diskusi terhadap tema-tema permasalahan atau hal-hal yang lebih substantif. Berdasarkan diskusi hasil diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut: (1) bahan ajar yang relevan dengan pendidikan karakter berbasis agama Islam perlu diajarkan kepada siswa, (2) pola pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah diintegrasikan antara kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler, (3) pelaksanaan unifikasi pendidikan karakter berbasis agama Islam dalam pembelajaran IPS menunjukkan semua responden (kepala sekolah, guru, staff, dan OSIS) menyatakan penting dan perlu dimasukkan dalam kurikulum, dan (4) implementasi pendidikan karakter berbasis agama Islam dalam pembelajaran IPS memberikan pengaruh yang positif dan signifikan bagi karakter siswa.

Hasil pembahasan memberikan beberapa kesimpulan sebagai berikut.(1) bahan materi ajar yang relevan dengan pendidikan karakter berbasis Agama Islam, meliputi beberapa pokok bahasan, yaitu.(a) hakikat manusia sebagai makhluk Tuhan, (b) berbakti dan menghormati orang tua, (c) menghormati orang lain, (d) berperilaku sopan santun, (e) saling tolong menolong dengan sesama, (f) keteladanan, (g) kejujuran akademik dan non-akademik, (h) tanggung jawab, (i) keadilan, (j) jiwa patriotisme, kepemimpinan, keutuhan NKRI, dan Pancasila, dan (k) karakter bangsa yang religius.(2) Pola pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah dilakukan pada intrakurikuler dan ekstrakurikuler.Dalam mengintegrasikan dengan mata pelajaran tertentu, terutama mata pelajaran agama dan akhlak, serta pendidikan kewarganegaraan.Namun, pada umumnya semua guru yang mengajarkan bidang mata pelajaran tertentu, termasuk mata pelajaran IPS (geografi, sosiologi, ekonomi, dan sejarah), telah memasukkan nilai-nilai karakter bangsa yang religius dalam proses pembelajaran.Namun tetap perlu diprogramkan dengan baik dan terstruktur dalam kurikulum dan RPP/SAP.

Mengingat pentingnya pendidikan karakter berbasis Agama Islam dalam pembelajaran IPS, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terkait pengembangan model pendidikan karakter yang lebih terstruktur, termasuk penataan kurikulum dan RPP yang mengintegrasikan nilai-nilai agama dengan materi pelajaran. Pertanyaan yang bisa diajukan adalah bagaimana dampak penerapan model pendidikan karakter ini kepada siswa dalam jangka panjang? Selain itu, perlu juga dilakukan penelitian tentang efektivitas sanksi keteraturan di sekolah, yakni dengan menciptakan sistem poin yang jelas untuk setiap pelanggaran agar siswa semakin memahami konsekuensi dari tindakan mereka. Apakah sistem poin ini dapat meningkatkan kesadaran siswa terhadap perilaku baik dan buruk? Ketiga, kajian tentang pengaruh kegiatan ekstrakurikuler yang bernuansa religius dan karakter juga patut menjadi fokus penelitian, untuk mengetahui sejauh mana kegiatan ini mampu membentuk karakter siswa di luar jam pelajaran formal.

  1. #pendidikan agama islam#pendidikan agama islam
  2. #peran agama islam#peran agama islam
File size199.32 KB
Pages14
DMCAReportReport

ads-block-test