MAHADEWAMAHADEWA
Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Indonesian Journal of Educational Development (IJED)Studi ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen untuk menilai pemahaman konseptual dosen tentang penulisan artikel ilmiah menggunakan model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi). Instrumen ini dirancang untuk mengevaluasi pemahaman dosen tentang aspek-aspek kunci penulisan ilmiah, termasuk struktur, metodologi, etika publikasi, dan penggunaan bahasa akademik. Mengadopsi pendekatan penelitian dan pengembangan, studi ini melibatkan validasi ahli dan pengujian empiris dengan 275 responden dari berbagai wilayah di Indonesia. Temuan menunjukkan bahwa instrumen tersebut menunjukkan validitas konten yang tinggi, dengan rata-rata Indeks Validitas Konten Skala (S-CVI/Ave) sebesar 0,968, dan reliabilitas internal yang kuat, seperti yang dibuktikan oleh nilai Cronbachs Alpha sebesar 0,852. Analisis korelasi item-total mengonfirmasi validitas semua item, dengan nilai Korelasi Item-Total yang Diperbaiki melebihi 0,3044. Instrumen ini berfungsi baik sebagai alat evaluasi untuk menilai keterampilan penulisan ilmiah dosen maupun sebagai sumber belajar untuk meningkatkan kompetensi mereka. Studi ini menyimpulkan bahwa instrumen ini merupakan pengukur pemahaman konseptual dosen tentang penulisan artikel ilmiah yang valid dan dapat diandalkan. Implikasinya menunjukkan potensinya sebagai sumber daya penting dalam program pelatihan dan pengembangan profesional bagi dosen di institusi pendidikan tinggi.
Studi ini berhasil membuktikan bahwa hipotesis awal mengenai pentingnya pengembangan instrumen yang valid dan reliabel dalam penulisan artikel ilmiah dapat diterima.Melalui penerapan model ADDIE, instrumen yang dikembangkan mampu mengukur dengan akurat kemampuan dosen dalam memahami konsep penulisan artikel ilmiah.Belum ada instrumen yang sebanding sebelumnya, yang membuktikan pentingnya memahami struktur, metodologi, dan etika publikasi dalam penulisan artikel ilmiah.Hasil penelitian ini membuka peluang baru untuk penggunaan instrumen serupa dalam konteks pelatihan penulisan lainnya, termasuk bagi mahasiswa atau peneliti pemula.Selain itu, pelatihan berbasis instrumen yang valid dan reliabel dapat secara signifikan meningkatkan kualitas publikasi ilmiah.
Bagaimana konsep pemahaman yang telah dikembangkan dalam studi ini dapat diterapkan dalam konteks pelatihan penulisan artikel ilmiah untuk mahasiswa? Penelitian ini menyarankan untuk mengeksplorasi efektivitas instrumen dalam meningkatkan pemahaman penulisan di tingkat pendidikan tinggi untuk mahasiswa dan bukan hanya bagi dosen. Selain itu, bagaimana instrumen ini dapat disesuaikan dan digunakan dalam konteks pelatihan berbasis online yang semakin berkembang saat ini juga merupakan area penelitian yang menarik untuk diteliti lebih lanjut. Adanya variasi metode pelatihan yang berbeda dapat memberikan gambaran yang lebih luas tentang penguatan keterampilan penulisan ilmiah di kalangan akademisi.
- A QUANTITATIVE APPROACH TO CONTENT VALIDITY1 - LAWSHE - 1975 - Personnel Psychology - Wiley Online Library.... onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/j.1744-6570.1975.tb01393.xA QUANTITATIVE APPROACH TO CONTENT VALIDITY1 LAWSHE 1975 Personnel Psychology Wiley Online Library onlinelibrary wiley doi 10 1111 j 1744 6570 1975 tb01393 x
- Using local style when writing in English: the citing behaviour of Indonesian authors in English research... doi.org/10.1080/13488678.2017.1327835Using local style when writing in English the citing behaviour of Indonesian authors in English research doi 10 1080 13488678 2017 1327835
- A Cognitive Process Theory of Writing | ncte.org. cognitive process theory writing ncte skip content... publicationsncte.org/content/journals/10.58680/ccc198115885A Cognitive Process Theory of Writing ncte cognitive process theory writing ncte skip content publicationsncte content journals 10 58680 ccc198115885
- Pelatihan menulis artikel ilmiah jurnal terakreditasi Sinta dan terindeks Scopus dalam mengembangkan... journal.univetbantara.ac.id/index.php/educate/article/view/1797Pelatihan menulis artikel ilmiah jurnal terakreditasi Sinta dan terindeks Scopus dalam mengembangkan journal univetbantara ac index php educate article view 1797
| File size | 321.82 KB |
| Pages | 15 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
JOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWAJOURNALFKIPUNIVERSITASBOSOWA Dengan demikian, penggunaan aplikasi Cisco Webex sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa di SMAN 18 Makassar. Hasil uji hipotesisDengan demikian, penggunaan aplikasi Cisco Webex sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa di SMAN 18 Makassar. Hasil uji hipotesis
MAHADEWAMAHADEWA Respons guru dan siswa terhadap media ini sangat baik, menunjukkan minat dan perhatian yang tinggi. Peneliti berharap bahwa penelitian lanjutan dapat mengembangkanRespons guru dan siswa terhadap media ini sangat baik, menunjukkan minat dan perhatian yang tinggi. Peneliti berharap bahwa penelitian lanjutan dapat mengembangkan
MAHADEWAMAHADEWA Hal ini disebabkan perkembangan zaman modern dan pengaruh budaya asing yang mudah diakses melalui gadget berjaringan internet, membuat siswa lebih tertarikHal ini disebabkan perkembangan zaman modern dan pengaruh budaya asing yang mudah diakses melalui gadget berjaringan internet, membuat siswa lebih tertarik
RESEARCHSYNERGYPRESSRESEARCHSYNERGYPRESS Tinjauan ini mengikuti pedoman PRISMA 2020 dan menggunakan database Scopus untuk mengumpulkan artikel yang diterbitkan antara 2016 dan 2025. Dari 75 artikelTinjauan ini mengikuti pedoman PRISMA 2020 dan menggunakan database Scopus untuk mengumpulkan artikel yang diterbitkan antara 2016 dan 2025. Dari 75 artikel
Useful /
RESEARCHSYNERGYPRESSRESEARCHSYNERGYPRESS Dengan menempatkan otoritas guru dan tata kelola etis sebagai prioritas, studi ini berkontribusi pada penciptaan sistem pendidikan yang siap masa depan,Dengan menempatkan otoritas guru dan tata kelola etis sebagai prioritas, studi ini berkontribusi pada penciptaan sistem pendidikan yang siap masa depan,
UNUDUNUD Berdasarkan dokumen yang diberikan, tidak ditemukan teks kesimpulan dari artikel tertentu. Dokumen hanya berisi daftar isi, informasi editorial, dan metadataBerdasarkan dokumen yang diberikan, tidak ditemukan teks kesimpulan dari artikel tertentu. Dokumen hanya berisi daftar isi, informasi editorial, dan metadata
UISUUISU Pahlawan banyak dibangun dalam karya sastra fiksi, mitos, maupun kenyataan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif menurut Krathwohl (2010)Pahlawan banyak dibangun dalam karya sastra fiksi, mitos, maupun kenyataan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif menurut Krathwohl (2010)
UISUUISU Penelitian ini menganalisis bagaimana ketidakseimbangan pernikahan dapat terjadi jika pasangan suami istri tidak menghabiskan waktu yang cukup bersamaPenelitian ini menganalisis bagaimana ketidakseimbangan pernikahan dapat terjadi jika pasangan suami istri tidak menghabiskan waktu yang cukup bersama