STKIPPACITANSTKIPPACITAN

Jurnal Penelitian PendidikanJurnal Penelitian Pendidikan

Banyak filsuf di dunia memberikan pengaruh terhadap perkembangan dunia pendidikan dengan perbedaan karakteristik pemikiran mereka. Salah satu tokoh yang muncul di awal abad ke-20 adalah Alfred North Whitehead. Pemikirannya menggambarkan manusia sebagai makhluk yang secara mandiri mengatur diri dalam proses interaksi dengan orang lain tanpa dominasi. Pemikirannya telah mengarahkan praktik pendidikan, baik dalam pembelajaran maupun manajemen pendidikan, agar berjalan baik dan berorientasi pada tujuan. Fokus utamanya adalah peserta didik yang dilihat sebagai individu yang harus dikembangkan secara humanis.

Berdasarkan telaahan di atas, dapat disimpulkan bahwa Alfred North Whitehead merupakan filsuf dengan Filsafat Organisme yang telah memberikan pemikiran cemerlang dalam kehidupan sosial masyarakat, terutama dalam bidang pendidikan.Pemikirannya membuka jalan bagi kemajuan pendidikan yang dilandasi oleh pengembangan kualitas manusia yang ditentukan oleh individu atau masyarakat sebagai pelaku pendidikan, dengan lingkungan hanya sebagai sarana fasilitasi.Dalam konteks perbaikan mutu pendidikan di negara kita, pemikirannya dapat ditelaah untuk memperkaya pengetahuan dan wawasan mengenai penyelenggaraan pendidikan.

Penelitian lanjutan dapat mengkaji implikasi Filsafat Organisme Whitehead terhadap kebijakan pendidikan modern, khususnya dalam mengintegrasikan prinsip proses dan dinamika manusia dalam desain kurikulum. Selain itu, penting untuk mengeksplorasi peran teknologi dalam pendidikan yang berbasis pada prinsip interaksi manusia dengan lingkungan secara harmonis, seperti pembelajaran berbasis masalah atau kontekstual. Terakhir, penelitian dapat fokus pada pengembangan pendidikan agama yang mampu mendorong toleransi dan harmonisasi sosial, dengan menghindari dogmatisme dan mengutamakan internalisasi nilai-nilai keagamaan melalui praktik nyata di masyarakat.

File size165.73 KB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test