ALJAMIAHALJAMIAH
Al-Jami'ah: Journal of Islamic StudiesAl-Jami'ah: Journal of Islamic StudiesArtikel ini mengkaji pandangan para dosen Ilmu al-Quran di Program Studi Ilmu al-Quran dan Tafsir dari lima Universitas Islam Negeri terhadap keilmuan Barat tentang al-Quran: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Alauddin Makassar, UIN Imam Bonjol Padang, dan UIN Bukittinggi. Data yang dianalisis dalam studi ini diperoleh melalui kunjungan lapangan ke lima program studi tersebut. Selain itu, artikel ini juga berinteraksi secara kritis dengan literatur akademik mutakhir, sehingga memperkuat posisinya dalam wacana keilmuan kontemporer. Kami berargumen bahwa meskipun terdapat kecenderungan kuat di program studi tersebut untuk menerima keilmuan Barat untuk kajian al-Quran, muncul pula sejumlah keberatan yang turut memengaruhi arah dan pengembangan kurikulum program studi. Beberapa figur yang dominan dan berpengaruh di lingkungan program studi memainkan peran penting dalam merumuskan kurikulum yang mereka anggap paling sesuai bagi mahasiswa Ilmu al-Quran. Perdebatan muncul terkait pencapaian dua tujuan pembelajaran utama antara: (1) memahami dan menerima pendekatan keilmuan Barat dalam studi al-Quran dan tafsir; atau (2) menguasai pengetahuan keislaman yang mendalam mengenai al-Quran dan tafsir untuk kepentingan dakwah Islam.
Studi ini menunjukkan bahwa meskipun terdapat keterbukaan terhadap metode Barat dalam studi al-Quran, ketegangan berkelanjutan terutama mengenai desain kurikulum.Figur pengaruh di departemen menentukan orientasi kurikulum yang mereka anggap sesuai bagi mahasiswa.(1) mengadopsi pendekatan akademis Barat terhadap al-Quran dan tafsir, atau (2) memperkuat pengetahuan keislaman untuk dakwah.Keterlibatan universitas dalam kolaborasi internasional dan kebijakan kurikulum yang dipengaruhi oleh asosiasi akademis menjadi faktor penentu dalam penerimaan studi Barat.Di beberapa universitas, kurikulum masih lebih fokus pada pendidikan dakwah daripada pengembangan akademis.
Penelitian lanjutan dapat mengkaji reformasi kurikulum yang lebih inklusif dalam pendidikan al-Quran di universitas Islam Indonesia, dengan mempertimbangkan keseimbangan antara pendekatan akademis Barat dan tradisi keislaman. Selain itu, perlu dilakukan studi tentang dampak kebijakan figur pengaruh terhadap perkembangan akademis dan dakwah di departemen Ilmu al-Quran. Terakhir, kolaborasi antar universitas dan institusi akademis internasional dapat dikembangkan untuk memperluas wawasan akademik dan mengurangi polarisasi terhadap studi Barat dalam konteks keislaman.
| File size | 448.93 KB |
| Pages | 25 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNUDUNUD However, others have not convinced with this argument; Secondly; due to globalization process, the Balinese perceive that the only way to anticipate theHowever, others have not convinced with this argument; Secondly; due to globalization process, the Balinese perceive that the only way to anticipate the
UNUDUNUD Penelitian ini menunjukkan bahwa agama Hindu Bali modern merupakan hasil artikulasi, sebuah konstruksi yang dibangun dan diwujudkan secara resmi. AgamaPenelitian ini menunjukkan bahwa agama Hindu Bali modern merupakan hasil artikulasi, sebuah konstruksi yang dibangun dan diwujudkan secara resmi. Agama
UNUDUNUD Dinamika kehidupan beragama di kawasan ini terbagi menjadi dua aspek, yaitu dinamika internal yang meliputi konflik dan kerja sama antarumat beragama yangDinamika kehidupan beragama di kawasan ini terbagi menjadi dua aspek, yaitu dinamika internal yang meliputi konflik dan kerja sama antarumat beragama yang
UNUDUNUD Mungkin saatnya beralih dari konsep pariwisata ke kerangka yang lebih luas seperti pembangunan ekonomi dan budaya yang bersifat kosmopolitan untuk memahamiMungkin saatnya beralih dari konsep pariwisata ke kerangka yang lebih luas seperti pembangunan ekonomi dan budaya yang bersifat kosmopolitan untuk memahami
Useful /
UNUDUNUD Penggambaran ini mencerminkan realitas keseharian guru yang diwarnai tekanan sosial, ekonomi, dan konflik peran. Fiksi ini mengundang para guru untuk merefleksikanPenggambaran ini mencerminkan realitas keseharian guru yang diwarnai tekanan sosial, ekonomi, dan konflik peran. Fiksi ini mengundang para guru untuk merefleksikan
ALJAMIAHALJAMIAH Dalam beberapa dekade terakhir, Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) telah mengalami perkembangan signifikan, khususnya di kawasan perkotaan Indonesia. LembagaDalam beberapa dekade terakhir, Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) telah mengalami perkembangan signifikan, khususnya di kawasan perkotaan Indonesia. Lembaga
UNUDUNUD Artikel ini menelaah fenomena pendidikan modern dengan menonjolkan perilaku masyarakat yang mengabaikan sejarah sebagai sekolah moral atau kebajikan politikArtikel ini menelaah fenomena pendidikan modern dengan menonjolkan perilaku masyarakat yang mengabaikan sejarah sebagai sekolah moral atau kebajikan politik
UNUDUNUD Cerita ini juga berfungsi sebagai penyadaran bagi masyarakat Bali untuk melestarikan budaya mereka. Hasil menunjukkan pentingnya menjaga budaya Bali sebagaiCerita ini juga berfungsi sebagai penyadaran bagi masyarakat Bali untuk melestarikan budaya mereka. Hasil menunjukkan pentingnya menjaga budaya Bali sebagai