UNUDUNUD

Jurnal Kajian Bali (Journal of Bali Studies)Jurnal Kajian Bali (Journal of Bali Studies)

Artikel ini memberikan gambaran kepada guru Bahasa dan Sastra Indonesia tentang banyaknya soal sastra yang multitafsir dalam Ujian Nasional (UN) serta pengaruhnya terhadap hasil nilai UN. Studi kasus di SMAN 8 Denpasar menunjukkan bahwa 7 dari 18 soal sastra bersifat multitafsir, yang berpotensi merugikan peserta didik karena hanya satu kunci jawaban yang dianggap benar. Artikel ini juga menyajikan upaya guru untuk mengurangi kerugian tersebut dengan tetap mempertahankan pembelajaran apresiasi sastra.

Ditemukan 7 soal sastra multitafsir dari 50 soal UN Bahasa Indonesia yang menurunkan nilai peserta didik sebesar 1,4 poin.Guru diharapkan tetap membahas teks sastra dari berbagai sudut pandang untuk mempertahankan kreativitas peserta didik sekaligus mempersiapkan mereka menghadapi soal UN yang bersifat monotafsir.

Bagaimana jika penelitian berikutnya menguji apakah bentuk soal uraian pendek pada bagian sastra UN bisa meminimalkan kerugian akibat multitafsir tanpa membatasi kreativitas siswa? Selanjutnya, bisa dilakukan studi banding lintas sekolah untuk melihat strategi guru lain menyeimbangkan pembelajaran apresiatif dengan persiapan menghadapi jawaban tunggal UN. Terakahir, perlu dikembangkan prototipe bank soal sastra berbasis digital yang memungkinkan multitafsir dalam latihan, namun dilengkapi alur penalaran menuju jawaban UN agar siswa tetap percaya dira namun siap secara taktik menjawab soal pilihan ganda.

  1. #guru bahasa inggris#guru bahasa inggris
  2. #ujian nasional#ujian nasional
File size318.06 KB
Pages18
DMCAReportReport

ads-block-test