SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT

Jurnal Ilmiah PeuradeunJurnal Ilmiah Peuradeun

Laboratorium virtual untuk bahan elektrokimia telah dikembangkan. Karakteristik laboratorium kimia virtual ini dianalisis hubungannya dengan pencapaian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Pada fase implementasi, produk diuji secara kuasi‑eksperimental dengan desain post‑test only. Tiga kelas dijadikan sampel: kelas pertama menggunakan laboratorium tradisional, kelas kedua hanya memakai laboratorium virtual, dan kelas ketiga menggabungkan laboratorium tradisional serta laboratorium virtual sebagai suplement. Semua kelas dipandu oleh guru yang sama dan diberikan waktu belajar yang setara. Instrumen untuk mengukur efek laboratorium virtual adalah tes pencapaian, sedangkan kualitas media dinilai lewat kuesioner. Hasil penelitian menghasilkan laboratorium virtual yang dapat diakses melalui web pada smartphone dan komputer. Penilaian guru kimia menyatakan laboratorium virtual ber kualitas baik, dan pada studi kelas, kelas ketiga serta kelas pertama menunjukkan perbedaan signifikan. Penelitian selanjutnya dapat mengembangkan laboratorium virtual sebagai suplement pada mata pelajaran lain.

Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa laboratorium kimia virtual yang dikembangkan dapat diakses melalui smartphone Android, iOS, maupun komputer, dan memiliki kualitas baik pada tiga aspek utama.Penggunaan laboratorium virtual sebagai suplement menghasilkan nilai rata‑rata yang lebih tinggi dibandingkan penggunaannya sebagai substitusi atau laboratorium tradisional.Kelas yang menggabungkan laboratorium tradisional dengan laboratorium virtual menunjukkan perbedaan signifikan.

Penelitian selanjutnya dapat menguji efektivitas laboratorium virtual sebagai suplement dalam berbagai mata pelajaran sains, seperti fisika dan biologi, untuk mengetahui apakah manfaat yang serupa muncul pada konteks yang berbeda. Selain itu, dikembangkan antarmuka laboratorium virtual yang adaptif, yang menyesuaikan tingkat kesulitan secara otomatis berdasarkan data kinerja siswa, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan pencapaian belajar secara individual. Selanjutnya, penting untuk meneliti dampak jangka panjang penggunaan laboratorium virtual yang dipadukan dengan pembelajaran hibrida terhadap retensi pengetahuan dan kemampuan transfer konsep kimia selama beberapa semester, guna menilai keberlanjutan manfaat pedagogisnya.

  1. The Impact of Virtual Laboratory Integrated Into Hybrid Learning Use On Students’ Achievement |... doi.org/10.26811/peuradeun.v7i1.268The Impact of Virtual Laboratory Integrated Into Hybrid Learning Use On StudentsAo Achievement doi 10 26811 peuradeun v7i1 268
  1. #maaohad aly situbondo#maaohad aly situbondo
  2. #learn english#learn english
File size375.09 KB
Pages17
DMCAReportReport

ads-block-test