UBUB
Indonesian Journal for Social ResponsibilityIndonesian Journal for Social ResponsibilityPerkembangan teknologi informasi yang pesat menuntut dunia pendidikan untuk terus beradaptasi, termasuk pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Tantangan utama yang dihadapi saat ini adalah bagaimana memanfaatkan media pembelajaran yang menarik, efektif, dan sesuai dengan karakteristik perkembangan anak-anak. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada guru-guru PAUD Dadali dalam membuat infografis sebagai media pembelajaran dengan memanfaatkan aplikasi Canva. Aplikasi ini dipilih karena memiliki keunggulan dibandingkan perangkat desain grafis lainnya, seperti antarmuka yang mudah digunakan dan koleksi template yang relevan untuk kebutuhan edukasi. Hasil dari ini menunjukkan bahwa peserta memperoleh keterampilan baru dalam menggunakan Canva untuk membuat materi ajar. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengajaran di PAUD Dadali serta mendukung proses pembelajaran yang lebih interaktif dan mudah dipahami oleh anak-anak.
Pelatihan pembuatan infografis untuk media ajar dengan menggunakan aplikasi Canva bagi guru PAUD Dadali memberikan manfaat yang signifikan bagi mitra.Guru-guru di PAUD Dadali memperoleh keterampilan dan pengetahuan tambahan mengenai prinsip desain visual serta penerapannya melalui aplikasi Canva yang mudah diakses dan digunakan.Melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini, diharapkan kemampuan dan pengetahuan guru PAUD Dadali terhadap prinsip-prinsip dasar desain komunikasi visual serta keterampilan penggunaan aplikasi Canva dapat diterapkan secara konsisten dalam proses pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian dan evaluasi yang telah dilakukan, terdapat beberapa saran penelitian lanjutan yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di PAUD Dadali. Pertama, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas infografis yang dibuat dengan Canva dalam meningkatkan pemahaman konsep pada anak usia dini. Penelitian ini dapat mengukur sejauh mana penggunaan infografis dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan afektif anak. Kedua, penting untuk mengembangkan modul pelatihan yang lebih komprehensif dan terstruktur, sehingga guru PAUD dapat memperoleh pemahaman yang mendalam tentang prinsip desain visual dan teknik pembuatan infografis yang efektif. Modul pelatihan ini dapat dilengkapi dengan studi kasus dan contoh-contoh infografis yang berhasil diterapkan di berbagai PAUD. Ketiga, perlu dilakukan penelitian mengenai peran Canva sebagai alat kolaborasi dalam pembuatan materi pembelajaran. Hal ini dapat dilakukan dengan melibatkan guru dari berbagai PAUD untuk berbagi ide, desain, dan sumber daya, sehingga tercipta komunitas pembelajaran yang saling mendukung.
- PENERAPAN PRINSIP DESAIN KOMUNIKASI VISUAL PADA INSTAGRAM @kpudiy GUNA MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI |... doi.org/10.55681/jige.v4i3.1076PENERAPAN PRINSIP DESAIN KOMUNIKASI VISUAL PADA INSTAGRAM kpudiy GUNA MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI doi 10 55681 jige v4i3 1076
- PELATIHAN DESAIN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA | Isnaini | SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan.... doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6434PELATIHAN DESAIN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA Isnaini SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan doi 10 31764 jpmb v5i1 6434
| File size | 861.36 KB |
| Pages | 12 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UBUB Identitas visual dan media informasi merupakan aspek penting dalam meningkatkan citra dan daya saing sebuah lembaga pendidikan. Lihai Islamic Preschool,Identitas visual dan media informasi merupakan aspek penting dalam meningkatkan citra dan daya saing sebuah lembaga pendidikan. Lihai Islamic Preschool,
UBUB Setelah dilaksanakan pelatihan, lebih dari 89% mengetahui proses pembuatan fruit leather tidak hanya dapat diproduksi menggunakan pepaya namun bisa menggunakanSetelah dilaksanakan pelatihan, lebih dari 89% mengetahui proses pembuatan fruit leather tidak hanya dapat diproduksi menggunakan pepaya namun bisa menggunakan
PLBPLB Artificial Intelligence (AI) technology, particularly text-to-image generation models, offers a solution to this issue by streamlining the design processArtificial Intelligence (AI) technology, particularly text-to-image generation models, offers a solution to this issue by streamlining the design process
OJSOJS Implementasi Kelas Virtual TV Sekolah juga mendapat tanggapan positif dari orang tua, yang mendukung penggunaan teknologi dalam meningkatkan kualitas pendidikanImplementasi Kelas Virtual TV Sekolah juga mendapat tanggapan positif dari orang tua, yang mendukung penggunaan teknologi dalam meningkatkan kualitas pendidikan
Useful /
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Meskipun kegiatan ini tidak melibatkan pengukuran kuantitatif, sosialisasi terbukti menjadi langkah awal yang signifikan dalam memperkuat kapasitas masyarakatMeskipun kegiatan ini tidak melibatkan pengukuran kuantitatif, sosialisasi terbukti menjadi langkah awal yang signifikan dalam memperkuat kapasitas masyarakat
UBUB Observasi di Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat (GPIB) Menara Iman Jakarta menunjukkan bahwa anak dan remaja jemaat mengalami masalah komunikasiObservasi di Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat (GPIB) Menara Iman Jakarta menunjukkan bahwa anak dan remaja jemaat mengalami masalah komunikasi
UBUB Materi ini diberikan kepada mitra pelaku usaha perikanan karena berpotensi mendukung pelaku usaha perikanan yang lebih ramah lingkungan. Hasil evaluasiMateri ini diberikan kepada mitra pelaku usaha perikanan karena berpotensi mendukung pelaku usaha perikanan yang lebih ramah lingkungan. Hasil evaluasi
UMBUMB Hasil penelitian ini memperoleh sebuah aplikasi yang mampu mengidentifikasi emosi tertarik dengan akurasi sebesar 80%, True Positive Rate 80%, dan TrueHasil penelitian ini memperoleh sebuah aplikasi yang mampu mengidentifikasi emosi tertarik dengan akurasi sebesar 80%, True Positive Rate 80%, dan True