CIVILIZACIVILIZA

IJoIS: Indonesian Journal of Islamic StudiesIJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies

Abstrak. Kesiapan belajar akan mempengaruhi hasil belajar yang diperoleh siswa. Namun faktanya tidak semua hasil belajar kelas IV SDN 013 Sukamaju Kecamatan Singingi Hilir yang memiliki kesiapan belajar yang baik, akhirnya mendapatkan hasil belajar Matematika yang baik pula. Sehingga menimbulkan pertanyaan apakah ada hubungan yang signifikan kesiapan belajar dengan hasil belajar Matematika kelas IV SDN 013 Sukamaju Kecamatan Singingi Hilir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikan atau tidaknya hubungan kesiapan belajar dengan hasil belajar matematika kelas IV SDN 013 Sukamaju Kecamatan Singingi Hilir. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriftif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket/kuesioner yang berikan oleh 56 respondent berisi pernyataan atau pertanyaan yang akan dijawab oleh peserta didik yang isinya kesiapan belajar Matematika siswa kelas IV SDN 013 Sukamaju Kecamatan Singingi Hilir dan dokumentasi hasil belajar. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh karena semua anggota populasi digunakan sebagai sampel pada penelitian ini. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan perhitungan komputer dengan SPSS versi 24 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kesiapan belajar dengan hasil belajar Matematika Kelas IV SDN 013 Sukamaju Kecamatan Singingi Hilir. Selain itu perkembangan kesiapan adalah indikator yang paling berpengaruh terhadap hasil belajar.

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa.Ada hubungan yang signifikan antara kesiapan belajar dengan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 013 Sukamaju Kecamatan Singingi Hilir yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi 0,452 pada tingkat hubungan yang kuat.Hubungan kesiapan belajar dengan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 013 Sukamaju Kecamatan Singingi Hilir sebesar 20,5%.Hal ini menunjukkan bahwa 20,5% hasil belajar matematika siswa dipengaruhi oleh kesiapan belajar.

Untuk penelitian selanjutnya, dapat dilakukan studi eksperimen yang menguji efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) atau metode interaktif lain dalam meningkatkan kesiapan belajar siswa sebelum materi matematika dimulai. Dengan membandingkan kelompok siswa yang mendapatkan intervensi peningkatan kesiapan belajar dan kelompok yang tidak, peneliti dapat melihat seberapa besar pengaruh peningkatan kesiapan terhadap hasil belajar matematika. Kedua, penelitian longitudinal dapat dirancang untuk menelusuri perkembangan kesiapan belajar siswa secara berkala dalam jangka waktu satu tahun ajaran, sehingga dapat diketahui pola dan faktor-faktor temporal yang memengaruhi hubungan kesiapan belajar dengan hasil belajar matematika seiring waktu. Ketiga, penelitian kualitatif atau mixed methods dapat dikembangkan untuk menggali lebih dalam peran motivasi belajar, gaya pengajaran guru, dan dukungan keluarga atau lingkungan sekolah sebagai mediator atau moderator dalam hubungan antara kesiapan belajar dan hasil belajar matematika. Ide-ide tersebut diharapkan tidak hanya melengkapi pemahaman tentang hubungan korelasi kesiapan belajar dan hasil belajar matematika, tetapi juga mengungkap mekanisme penyebab dan konteks sebenarnya agar rekomendasi untuk peningkatan pembelajaran dapat lebih efektif dan tepat sasaran.

  1. #siswa kelas x#siswa kelas x
  2. #siswa kela ii#siswa kela ii
File size324.32 KB
Pages14
DMCAReportReport

ads-block-test