PresUnivPresUniv

Expose: Jurnal Ilmu KomunikasiExpose: Jurnal Ilmu Komunikasi

Komunikasi pemasaran interaktif memegang peran penting di era digital modern, membantu perusahaan meningkatkan kinerja penjualan. Seperti yang ditunjukkan oleh penelitian Purnama et al., pemasaran interaktif ditemukan dalam penggunaan internet yang memiliki interaksi, di mana interaksi menggunakan respons langsung atau interaksi, baik secara individu, organisasi maupun kelompok; namun penelitian ini meneliti pengaruh interaksi penjualan melalui aplikasi Shopee dalam interaksi langsung terhadap keputusan pembelian. Keterbatasan penelitian ini terletak pada penyediaan interaksi audiovisual dalam konteks penjualan langsung. Keterlibatan konsumen dalam penjualan adalah sejauh mana konsumen secara kognitif, emosional, dan perilaku terlibat dalam proses pembelian produk atau layanan. Teori ini menekankan bahwa semakin tinggi keterlibatan konsumen, semakin besar pengaruhnya terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk memeriksa pengaruh komunikasi pemasaran interaktif melalui live streaming terhadap minat beli konsumen pada produk di e‑commerce Shopee, khususnya di kawasan perumahan Bekasi Jaya Indah. Metode kuantitatif digunakan. Populasi studi ini mencakup warga RT11 RW10 di Bekasi Jaya Indah yang telah menonton atau membeli produk melalui Shopee Live pada tahun 2023. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling non‑probabilitas dengan pendekatan purposif, melibatkan 71 responden. Data dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, dan linearitas, bersamaan dengan regresi linier sederhana, t‑test (uji parsial), koefisien korelasi (R), dan koefisien determinasi (R²), menggunakan SPSS versi 26. Hasil menunjukkan bahwa nilai t‑count (8,876) melebihi nilai t‑table (1,667), dan nilai signifikansi di bawah 0,05 (0,000 < 0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran interaktif memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli.

Berdasarkan analisis hasil penelitian, komunikasi pemasaran interaktif melalui live streaming pada Shopee memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen di kawasan perumahan Bekasi Jaya Indah, dengan nilai t 8,876 dan nilai signifikansi 0,000 menunjukkan kebijakan yang kuat.Besar koefisien determinasi sebesar 0,533 menunjukkan bahwa 53,3 % variasi minat beli dapat dijelaskan oleh variabel komunikasi interaktif.Temuan ini menyarankan penjual di platform Shopee untuk terus meningkatkan strategi komunikasi interaktif dengan memfokuskan pada kemudahan interaksi dan kredibilitas informasi produk untuk memaksimalkan keterlibatan dan keputusan pembelian konsumen.

Pertama, meneliti dampak interaksi real‑time di sesi live streaming Shopee terhadap loyalitas konsumen akan memperjelas nilai hubungan jangka panjang. Kedua, mempelajari efek kolaborasi live streaming dengan influencer terkenal dapat mengungkap pengaruh kredibilitas produk terhadap keputusan pembelian. Ketiga, mengidentifikasi karakteristik demografis—usia, pendapatan, frekuensi belanja—yang paling responsif terhadap live streaming membantu penjual meningkatkan segmentasi pasar. Keempat, analisis longitudinal minat beli sebelum, selama, dan setelah sesi live streaming dapat menjabarkan dinamika perilaku konsumen secara temporal. Kelima, mengevaluasi peran fitur chat dan sistem umpan balik otomatis pada peningkatan interaksi serta kepuasan pelanggan dapat memperbaiki desain platform. Keenam, membandingkan efektivitas live streaming antara produk fashion dan elektronik akan menyoroti perbedaan persepsi nilai antar kategori produk. Selain itu, mengkaji pengaruh harga diskon khusus selama live streaming dapat menunjukkan efektivitas strategi promosi. Meneliti persepsi keamanan data pelanggan selama sesi live streaming juga penting untuk menumbuhkan kepercayaan. Akhirnya, eksperimen perbandingan antara live streaming dengan metode pemasaran tradisional dapat mengidentifikasi keunggulan kompetitif platform digital. Hasil‑hasil penelitian tersebut akan membantu pemangku kepentingan merancang kebijakan dan strategi pemasaran yang lebih terukur dan relevan bagi konsumen era digital.

  1. Mixed reality in U.S. retail: A review: Analyzing the immersive shopping experiences, customer engagement,... wjarr.com/content/mixed-reality-us-retail-review-analyzing-immersive-shopping-experiences-customer-engagementMixed reality in U S retail A review Analyzing the immersive shopping experiences customer engagement wjarr content mixed reality us retail review analyzing immersive shopping experiences customer engagement
  2. Membangun Keterlibatan Konsumen Melalui Strategi Konten Marketing dalam Live Streaming: Analisis Kualitatif... j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/9848Membangun Keterlibatan Konsumen Melalui Strategi Konten Marketing dalam Live Streaming Analisis Kualitatif j innovative index php Innovative article view 9848
  3. Terpaan Iklan Digital, Word Of Mouth dan Komunikasi Pemasaran Interaktif pada Keputusan Pembelian Produk... doi.org/10.35905/komunida.v9i2.1123Terpaan Iklan Digital Word Of Mouth dan Komunikasi Pemasaran Interaktif pada Keputusan Pembelian Produk doi 10 35905 komunida v9i2 1123
  1. #strategi komunikasi interaktif#strategi komunikasi interaktif
File size416.42 KB
Pages13
DMCAReportReport

ads-block-test