UNYUNY

Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala Pendidikan

Kualitas layanan universitas memainkan peran fundamental dalam meningkatkan pengalaman mahasiswa dan membentuk profesional yang sangat kompeten. Dalam konteks ini, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi model multidimensional untuk menilai kualitas layanan universitas secara komprehensif di Peru, sebuah negara yang menghadapi tantangan pendidikan yang unik. Menggunakan desain kuantitatif dan potong lintang, data dikumpulkan dari 1.170 mahasiswa di 20 universitas melalui Skala Kualitas Layanan Universitas (CEUS), yang dirancang khusus untuk penelitian ini. Analisis faktor eksploratori dan konfirmatori mengidentifikasi lima dimensi kunci: Kualitas Proses Akademik dan Dukungan (QuAcSuPr), Kurikulum (Cu), Kualitas Pengajaran (TeQu), Layanan Perpustakaan (LiSe), dan Keberlanjutan Pendidikan (EdSu). Hasil menunjukkan indeks kesesuaian yang kuat (IFI=0,988, CFI=0,988, TLI=0,984, RMSEA=0,040), yang mengonfirmasi validitas dan penerapan model tersebut. Model ini memberikan kerangka kerja praktis untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas layanan universitas di Peru, sambil juga menekankan pentingnya mengintegrasikan keberlanjutan pendidikan sebagai dimensi kunci untuk mempersiapkan lulusan yang bertanggung jawab secara sosial. Penelitian selanjutnya dapat mengadaptasi model ini ke konteks lain dan mengeksplorasi penerapannya dalam pola pembelajaran seperti pembelajaran daring.

Penelitian ini mengembangkan dan memvalidasi model multidimensional untuk menilai kualitas layanan universitas dalam konteks Peru.Model yang divalidasi ini mengidentifikasi lima dimensi penting.Kualitas Proses Akademik dan Dukungan (QuAcSuPr), Kurikulum (Cu), Kualitas Pengajaran (TeQu), Layanan Perpustakaan (LiSe), dan Keberlanjutan Pendidikan (EdSu).Pencantuman Keberlanjutan Pendidikan menunjukkan kontribusi signifikan, menekankan peran universitas dalam mempersiapkan lulusan yang bertanggung jawab secara sosial.Model ini tidak hanya berfungsi sebagai alat diagnostik yang robust untuk institusi untuk mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan mengalokasikan sumber daya secara strategis tetapi juga sebagai mekanisme untuk benchmarking di seluruh sektor.Akibatnya, ini memungkinkan pengambilan keputusan yang berbasis data untuk meningkatkan pengalaman mahasiswa dan daya saing institusi.

Untuk penelitian lanjutan, bagaimana jika kita mengeksplorasi pengaruh kualitas layanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa di universitas-universitas swasta dan negeri di Peru? Mengingat bahwa menghadapi tantangan pendidikan yang unik, pengembangan model lebih lanjut yang mengintegrasikan teknologi digital dalam penyampaian layanan akademik juga penting. Selain itu, peneliti dapat melakukan studi longitudinal untuk menilai efek jangka panjang dari kualitas layanan universitas terhadap kesuksesan karir lulusan. Dengan pendekatan ini, kita dapat mendapatkan wawasan yang lebih dalam mengenai hubungan antara kualitas layanan dan hasil pendidikan di perguruan tinggi.

  1. Los planes de estudios: el eslabón perdido entre la universidad y la sociedad | Horizontes. Revista... revistahorizontes.org/index.php/revistahorizontes/article/view/627Los planes de estudios el eslabyn perdido entre la universidad y la sociedad Horizontes Revista revistahorizontes index php revistahorizontes article view 627
  2. University service quality measurement model in Peru: Multifactorial validation | Jurnal Cakrawala Pendidikan.... doi.org/10.21831/cp.v44i3.82747University service quality measurement model in Peru Multifactorial validation Jurnal Cakrawala Pendidikan doi 10 21831 cp v44i3 82747
  3. Validate User. validate user sorry experiencing unusual traffic time please help confirm robot take content... doi.org/10.1108/GKMC-03-2020-0027Validate User validate user sorry experiencing unusual traffic time please help confirm robot take content doi 10 1108 GKMC 03 2020 0027
  4. Psychometric properties the Iranian version of Older People’s Quality Of Life questionnaire (OPQOL)... hqlo.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12955-018-1002-zPsychometric properties the Iranian version of Older PeopleAos Quality Of Life questionnaire OPQOL hqlo biomedcentral articles 10 1186 s12955 018 1002 z
  5. Assessing quality in higher education: new criteria for evaluating students’ satisfaction:... doi.org/10.1080/13538322.2011.582796Assessing quality in higher education new criteria for evaluating studentsyAAAo satisfaction doi 10 1080 13538322 2011 582796
  1. #kualitas proses akademik#kualitas proses akademik
  2. #keberlanjutan pendidikan#keberlanjutan pendidikan
File size388.36 KB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test