IFRELIFREL

Green Philosophy: International Journal of Religious Education and PhilosophyGreen Philosophy: International Journal of Religious Education and Philosophy

Pendidikan nasional Indonesia menekankan pentingnya pendidikan karakter berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 guna membentuk individu yang berintegritas. Penelitian ini meneliti efektivitas pembelajaran kooperatif dalam Pendidikan Agama Kristen (PAK) untuk mengembangkan karakter siswa. Metode kualitatif dengan studi pustaka digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data. Hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif meningkatkan minat, motivasi, dan pemahaman siswa terhadap materi PAK. Siswa terlibat dalam debat dan kerja sama, yang memperkuat keterampilan sosial dan nilai-nilai moral seperti kasih dan tanggung jawab. Kendala yang dihadapi meliputi perbedaan kemampuan siswa dan dinamika kelompok yang tidak seimbang, sehingga diperlukan manajemen guru yang kompeten. Kesimpulannya, pendidikan karakter melalui PAK dan pembelajaran kooperatif efektif membentuk individu yang siap menghadapi tantangan moral dan sosial di masa depan, serta menciptakan masyarakat yang harmonis.

Pendidikan karakter melalui Pendidikan Agama Kristen (PAK) dengan strategi pembelajaran kooperatif terbukti efektif meningkatkan minat, motivasi, dan pemahaman siswa.Strategi ini memperkuat nilai-nilai moral seperti kasih, tanggung jawab, dan kerja sama, serta mempersiapkan siswa menghadapi tantangan sosial di masa depan.Kendala dalam pelaksanaannya dapat diatasi dengan peran aktif guru.Kesimpulannya, pembelajaran kooperatif dalam PAK menjadi cara penting membentuk generasi berkarakter kuat dan berintegritas.

Penelitian lanjutan dapat mengkaji bagaimana pembelajaran kooperatif berbasis teknologi, seperti pemanfaatan forum daring atau permainan simulasi keagamaan, memengaruhi pembentukan karakter siswa PAK di era digital. Studi komparatif antarwilayah Indonesia yang berbeda secara kultural juga menarik untuk melihat ragam hambatan dan keberhasilan model ini. Selain itu, penting untuk meneliti keefektifan pelatihan guru secara berkelanjutan dalam mengelola dinamika kelompok agar dampak strategi pembelajaran kooperatif terhadap karakter siswa dapat dipertahankan secara jangka panjang.

  1. Strategi Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa | CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial,... prin.or.id/index.php/cendikia/article/view/2869Strategi Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa CENDEKIA Jurnal Ilmu Sosial prin index php cendikia article view 2869
  2. Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Kristen | Harati: Jurnal... doi.org/10.54170/harati.v1i2.78Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Kristen Harati Jurnal doi 10 54170 harati v1i2 78
  3. Pengembangan Modul Pembelajaran Konsep Esensial Geografi dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Menengah Pertama... journal.unj.ac.id/unj/index.php/spatial/article/view/31651Pengembangan Modul Pembelajaran Konsep Esensial Geografi dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Menengah Pertama journal unj ac unj index php spatial article view 31651
  1. #pendidikan karakter#pendidikan karakter
  2. #pendidikan agama kristen#pendidikan agama kristen
File size591.48 KB
Pages9
DMCAReportReport

ads-block-test