IFRELIFREL
Green Philosophy: International Journal of Religious Education and PhilosophyGreen Philosophy: International Journal of Religious Education and PhilosophyPendidikan nasional Indonesia menekankan pentingnya pendidikan karakter berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 guna membentuk individu yang berintegritas. Penelitian ini meneliti efektivitas pembelajaran kooperatif dalam Pendidikan Agama Kristen (PAK) untuk mengembangkan karakter siswa. Metode kualitatif dengan studi pustaka digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data. Hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif meningkatkan minat, motivasi, dan pemahaman siswa terhadap materi PAK. Siswa terlibat dalam debat dan kerja sama, yang memperkuat keterampilan sosial dan nilai-nilai moral seperti kasih dan tanggung jawab. Kendala yang dihadapi meliputi perbedaan kemampuan siswa dan dinamika kelompok yang tidak seimbang, sehingga diperlukan manajemen guru yang kompeten. Kesimpulannya, pendidikan karakter melalui PAK dan pembelajaran kooperatif efektif membentuk individu yang siap menghadapi tantangan moral dan sosial di masa depan, serta menciptakan masyarakat yang harmonis.
Pendidikan karakter melalui Pendidikan Agama Kristen (PAK) dengan strategi pembelajaran kooperatif terbukti efektif meningkatkan minat, motivasi, dan pemahaman siswa.Strategi ini memperkuat nilai-nilai moral seperti kasih, tanggung jawab, dan kerja sama, serta mempersiapkan siswa menghadapi tantangan sosial di masa depan.Kendala dalam pelaksanaannya dapat diatasi dengan peran aktif guru.Kesimpulannya, pembelajaran kooperatif dalam PAK menjadi cara penting membentuk generasi berkarakter kuat dan berintegritas.
Penelitian lanjutan dapat mengkaji bagaimana pembelajaran kooperatif berbasis teknologi, seperti pemanfaatan forum daring atau permainan simulasi keagamaan, memengaruhi pembentukan karakter siswa PAK di era digital. Studi komparatif antarwilayah Indonesia yang berbeda secara kultural juga menarik untuk melihat ragam hambatan dan keberhasilan model ini. Selain itu, penting untuk meneliti keefektifan pelatihan guru secara berkelanjutan dalam mengelola dinamika kelompok agar dampak strategi pembelajaran kooperatif terhadap karakter siswa dapat dipertahankan secara jangka panjang.
- Strategi Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa | CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial,... prin.or.id/index.php/cendikia/article/view/2869Strategi Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa CENDEKIA Jurnal Ilmu Sosial prin index php cendikia article view 2869
- Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Kristen | Harati: Jurnal... doi.org/10.54170/harati.v1i2.78Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Kristen Harati Jurnal doi 10 54170 harati v1i2 78
- Pengembangan Modul Pembelajaran Konsep Esensial Geografi dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Menengah Pertama... journal.unj.ac.id/unj/index.php/spatial/article/view/31651Pengembangan Modul Pembelajaran Konsep Esensial Geografi dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Menengah Pertama journal unj ac unj index php spatial article view 31651
| File size | 591.48 KB |
| Pages | 9 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
IFRELIFREL Integrasi prinsip etika universal ke dalam pendidikan agama dapat meningkatkan kemampuan bernalar moral siswa. Guru memiliki peran kunci dalam menciptakanIntegrasi prinsip etika universal ke dalam pendidikan agama dapat meningkatkan kemampuan bernalar moral siswa. Guru memiliki peran kunci dalam menciptakan
E SIBERE SIBER Studi ini menemukan bahwa bimbingan konseling dan pendidikan olahraga berperan dalam membangun karakter siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keduaStudi ini menemukan bahwa bimbingan konseling dan pendidikan olahraga berperan dalam membangun karakter siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua
IFRELIFREL Shukr disajikan sebagai respons aktif terhadap anugerah ilahi yang menghasilkan perilaku positif, kedekatan spiritual, dan penguatan etika serta sosial,Shukr disajikan sebagai respons aktif terhadap anugerah ilahi yang menghasilkan perilaku positif, kedekatan spiritual, dan penguatan etika serta sosial,
UINSIUINSI Sanksi pidana dalam Qanun 2014 lebih tegas dan mencerminkan interpretasi literal terhadap hukum Islam. Perubahan ini menunjukkan dinamika politik hukumSanksi pidana dalam Qanun 2014 lebih tegas dan mencerminkan interpretasi literal terhadap hukum Islam. Perubahan ini menunjukkan dinamika politik hukum
Useful /
UTUT Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Dengan teknik purposive sampling, informan yang terpilih adalah masyarakatPenelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Dengan teknik purposive sampling, informan yang terpilih adalah masyarakat
UTUT Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan metode convenience sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalahTeknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan metode convenience sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah
UNEJUNEJ Model pengembangan hak asasi yang lebih terpusat seringkali diklaim menawarkan metode operasional yang lebih homogen, efektif, dan seragam. Namun, modelModel pengembangan hak asasi yang lebih terpusat seringkali diklaim menawarkan metode operasional yang lebih homogen, efektif, dan seragam. Namun, model
UINSIUINSI Indeks subjek dan penulis dalam jurnal Mazahib merupakan alat sistematisasi penting untuk memudahkan akses terhadap literatur hukum Islam di Indonesia,Indeks subjek dan penulis dalam jurnal Mazahib merupakan alat sistematisasi penting untuk memudahkan akses terhadap literatur hukum Islam di Indonesia,