IFRELIFREL

Green Philosophy: International Journal of Religious Education and PhilosophyGreen Philosophy: International Journal of Religious Education and Philosophy

Artikel ini mengeksplorasi peran pendidikan agama dalam membentuk perkembangan moral siswa melalui analisis komparatif berbagai sistem pendidikan. Dengan mengkaji kurikulum dan pendekatan pedagogis dalam berbagai konteks budaya dan agama, penelitian ini mengidentifikasi kesamaan dan perbedaan dalam cara nilai-nilai moral diajarkan. Temuan menunjukkan pentingnya mengintegrasikan prinsip-prinsip etika universal bersama dengan ajaran agama untuk membentuk individu yang berkembang secara menyeluruh.

Pendidikan agama memiliki peran penting dalam pengembangan moral siswa, dengan pendekatan yang berbeda-beda tergantung pada konteks budaya dan agama.Integrasi prinsip etika universal ke dalam pendidikan agama dapat meningkatkan kemampuan bernalar moral siswa.Guru memiliki peran kunci dalam menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan moral melalui diskusi aktif dan pendekatan yang responsif secara budaya.

Penelitian lanjutan sebaiknya mengeksplorasi bagaimana pendidikan agama dapat lebih efektif dalam membangun karakter moral siswa melalui metode pembelajaran interaktif dan cerita inspiratif. Studi longitudinal juga diperlukan untuk memahami dampak jangka panjang dari berbagai kurikulum pendidikan agama terhadap perkembangan moral siswa. Selain itu, penting untuk mengkaji bagaimana teknologi digital dapat digunakan untuk memperkaya pemahaman siswa tentang nilai-nilai etika universal dalam konteks pendidikan agama yang multikultural.

  1. #karakter moral siswa#karakter moral siswa
  2. #religious education#religious education
File size1.2 MB
Pages8
DMCAReportReport

ads-block-test