IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI

JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies)JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies)

Regulasi diri merupakan kemampuan siswa untuk mempertahankan dan mengelola upaya mereka guna mencapai tujuan tertentu, yang secara signifikan memengaruhi motivasi dalam penulisan tesis. Meskipun strategi regulasi motivasi berkorelasi dengan tingkat penyelesaian, terdapat kesenjangan signifikan dalam mengukur perbedaan berdasarkan gender di kalangan mahasiswa sarjana. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan pendekatan campuran untuk mengungkap strategi regulasi motivasi dari perspektif gender dan bagaimana strategi tersebut digunakan dalam penulisan tesis. Partisipan penelitian ini adalah 30 mahasiswa laki-laki dan 30 mahasiswi perempuan dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Indonesia. Penelitian ini memanfaatkan kuesioner tertutup tentang strategi regulasi motivasi dan wawancara semi-struktural untuk mengumpulkan data. Temuan pertama menunjukkan bahwa mahasiswa sarjana sadar akan strategi regulasi motivasi, yaitu konsekuensi diri, tujuan penghindaran, tujuan pendekatan, minat situasional, dan strategi lingkungan. Selain itu, temuan kedua mengindikasikan adanya perbedaan signifikan antara mahasiswi dan mahasiswa laki-laki dalam penggunaan strategi regulasi motivasi dengan nilai p < 0,05. Hasil ini menyiratkan bahwa perspektif gender memengaruhi penggunaan strategi regulasi motivasi oleh mahasiswa.

Penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa sarjana EFL laki-laki dan perempuan menggunakan strategi regulasi motivasi secara berbeda selama penulisan tesis, dengan mahasiswa laki-laki melaporkan penggunaan yang lebih sering daripada mahasiswi.Meskipun kedua gender menggunakan strategi seperti pengaturan lingkungan dan konsekuensi diri, terdapat perbedaan signifikan dalam pemanfaatan tujuan penghindaran dan minat situasional, yang menandakan pengaruh gender terhadap regulasi motivasi dalam tugas akademik yang panjang dan menantang.Oleh karena itu, pendidik dan pembimbing disarankan untuk mengakui perbedaan gender ini guna mengembangkan dukungan yang disesuaikan, meskipun hasil penelitian terbatas pada sampel dari satu universitas di Indonesia dan lima strategi saja, sehingga penelitian lanjutan diperlukan untuk konteks yang lebih luas.

Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi bagaimana strategi regulasi motivasi yang lebih luas, seperti pengelolaan waktu dan dukungan sosial, memengaruhi penyelesaian tesis di kalangan mahasiswa EFL dari berbagai universitas di Indonesia, untuk memahami apakah perbedaan gender tetap konsisten di luar konteks Sanata Dharma. Selain itu, studi berikutnya bisa menginvestigasi pengaruh faktor budaya lokal terhadap strategi regulasi motivasi berdasarkan gender, misalnya dengan membandingkan mahasiswa dari daerah pedesaan dan perkotaan, guna mengembangkan intervensi yang lebih inklusif. Akhirnya, penelitian baru dapat meneliti integrasi strategi regulasi motivasi dengan teknologi digital, seperti aplikasi pengingat atau platform kolaboratif, untuk melihat apakah hal ini dapat mengurangi kesenjangan gender dalam motivasi penulisan tesis, berdasarkan keterbatasan penelitian saat ini yang hanya fokus pada lima strategi dasar.

  1. Frontiers | The Importance of Autonomous, Self-Regulated Learning in Primary Initial Teacher Training.... doi.org/10.3389/feduc.2019.00102Frontiers The Importance of Autonomous Self Regulated Learning in Primary Initial Teacher Training doi 10 3389 feduc 2019 00102
  2. LANGUAGE ATTITUDES OF INDONESIANS AS EFL LEARNERS, GENDER, AND SOCIO-ECONOMIC STATUS | Paradewari | LLT... e-journal.usd.ac.id/index.php/LLT/article/view/1051/pdfLANGUAGE ATTITUDES OF INDONESIANS AS EFL LEARNERS GENDER AND SOCIO ECONOMIC STATUS Paradewari LLT e journal usd ac index php LLT article view 1051 pdf
  3. MOTIVATIONAL FACTORS IN THE INDONESIAN EFL WRITING CLASSROOM | Gai mali | Jurnal Pendidikan Bahasa dan... ejournal.upi.edu/index.php/BS_JPBSP/article/view/794MOTIVATIONAL FACTORS IN THE INDONESIAN EFL WRITING CLASSROOM Gai mali Jurnal Pendidikan Bahasa dan ejournal upi edu index php BS JPBSP article view 794
  1. #artificial intelligence#artificial intelligence
  2. #artificial intelligence#artificial intelligence
File size398.58 KB
Pages29
DMCAReportReport

ads-block-test