IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI

JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies)JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies)

Penelitian ini bertujuan (1) untuk meneliti persepsi mahasiswa dan dosen terkait pentingnya literasi multimodal digital, dan (2) untuk mengidentifikasi praktik terbaik integrasi literasi multimodal digital dalam pengajaran keterampilan bahasa Inggris. Metode yang digunakan melibatkan survei kuantitatif dan diskusi kelompok fokus kualitatif dengan 60 mahasiswa dan 7 dosen di dua perguruan tinggi negeri. Hasil menunjukkan bahwa mahasiswa dan dosen memiliki persepsi sangat baik terhadap penerapan literasi multimodal digital dalam pengajaran keterampilan bahasa Inggris. Penerapan multimodal membantu mahasiswa memahami materi, meningkatkan motivasi, dan merangsang kreativitas, sementara dosen dapat memperkaya bahan ajar serta meningkatkan keterlibatan mahasiswa. Identifikasi praktik terbaik meliputi penggunaan media digital, project‑based learning, permainan pendidikan, dan jurnal pribadi multimedial guna mengembangkan literasi multimodal yang kritis dan kontekstual.

Penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa dan dosen memandang literasi multimodal digital sebagai berguna untuk pendidikan bahasa Inggris.Implementasi pedagogi multimodal memerlukan pengembangan profesional dan instruksi eksplisit guna memperkuat efektivitasnya.Penelitian selanjutnya harus memperluas pengambilan sampel ke tingkat pendidikan yang beragam untuk mengonfirmasi temuan ini.

Penelitian lanjutan dapat meneliti penerapan praktik multimodal di jenjang pendidikan menengah dan vokasi untuk menguji skalabilitas konsep ini dalam konteks yang lebih luas. Selanjutnya, penyelidikan mengenai dampak komunitas pembelajaran profesional guru terhadap pengembangan bersifat berkelanjutan dapat mengungkap mekanisme pelestarian desain pembelajaran multimodal. Selain itu, eksperimen mengenai penguasaan literasi multimodal pada pelajar melalui platform kursus daring (MOOC) dapat menjelajahi potensi pembelajaran bahasa Inggris yang fleksibel dan inklusif. Percobaan kelompok eksperimental dapat mengevaluasi efektivitas intervensi teknik multimodal terhadap kognisi, motivasi, dan kualitas output bahasa. Pengembangan instrumen valid untuk menilai kompetensi multimodal secara berkelanjutan juga diperlukan sebagai alat evaluasi program. Akhirnya, analisis keterkaitan antara literasi multimodal dan perkembangan keterampilan kritis serta digital literacy dapat lebih memperjelas kontribusi pedagogi ini terhadap kemajuan pendidikan dunia digital.

  1. #multimodal literacy model#multimodal literacy model
  2. #bahasa inggris mahasiswa#bahasa inggris mahasiswa
File size546.37 KB
Pages26
DMCAReportReport

ads-block-test