IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI
JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies)JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies)Penelitian ini bertujuan (1) untuk meneliti persepsi mahasiswa dan dosen terkait pentingnya literasi multimodal digital, dan (2) untuk mengidentifikasi praktik terbaik integrasi literasi multimodal digital dalam pengajaran keterampilan bahasa Inggris. Metode yang digunakan melibatkan survei kuantitatif dan diskusi kelompok fokus kualitatif dengan 60 mahasiswa dan 7 dosen di dua perguruan tinggi negeri. Hasil menunjukkan bahwa mahasiswa dan dosen memiliki persepsi sangat baik terhadap penerapan literasi multimodal digital dalam pengajaran keterampilan bahasa Inggris. Penerapan multimodal membantu mahasiswa memahami materi, meningkatkan motivasi, dan merangsang kreativitas, sementara dosen dapat memperkaya bahan ajar serta meningkatkan keterlibatan mahasiswa. Identifikasi praktik terbaik meliputi penggunaan media digital, project‑based learning, permainan pendidikan, dan jurnal pribadi multimedial guna mengembangkan literasi multimodal yang kritis dan kontekstual.
Penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa dan dosen memandang literasi multimodal digital sebagai berguna untuk pendidikan bahasa Inggris.Implementasi pedagogi multimodal memerlukan pengembangan profesional dan instruksi eksplisit guna memperkuat efektivitasnya.Penelitian selanjutnya harus memperluas pengambilan sampel ke tingkat pendidikan yang beragam untuk mengonfirmasi temuan ini.
Penelitian lanjutan dapat meneliti penerapan praktik multimodal di jenjang pendidikan menengah dan vokasi untuk menguji skalabilitas konsep ini dalam konteks yang lebih luas. Selanjutnya, penyelidikan mengenai dampak komunitas pembelajaran profesional guru terhadap pengembangan bersifat berkelanjutan dapat mengungkap mekanisme pelestarian desain pembelajaran multimodal. Selain itu, eksperimen mengenai penguasaan literasi multimodal pada pelajar melalui platform kursus daring (MOOC) dapat menjelajahi potensi pembelajaran bahasa Inggris yang fleksibel dan inklusif. Percobaan kelompok eksperimental dapat mengevaluasi efektivitas intervensi teknik multimodal terhadap kognisi, motivasi, dan kualitas output bahasa. Pengembangan instrumen valid untuk menilai kompetensi multimodal secara berkelanjutan juga diperlukan sebagai alat evaluasi program. Akhirnya, analisis keterkaitan antara literasi multimodal dan perkembangan keterampilan kritis serta digital literacy dapat lebih memperjelas kontribusi pedagogi ini terhadap kemajuan pendidikan dunia digital.
| File size | 546.37 KB |
| Pages | 26 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Sama halnya dengan program Kampus Mengajar kegiatan AjarMI berisikan kegiatan asistensi mengajar bagi para pendidik di sekolah. Dalam hal ini kegiatanSama halnya dengan program Kampus Mengajar kegiatan AjarMI berisikan kegiatan asistensi mengajar bagi para pendidik di sekolah. Dalam hal ini kegiatan
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Metode campuran data dikumpulkan dari 178 responden (100 siswa, 60 guru, 18 administrator) melalui kuesioner terstruktur dan wawancara semi‑struktur.Metode campuran data dikumpulkan dari 178 responden (100 siswa, 60 guru, 18 administrator) melalui kuesioner terstruktur dan wawancara semi‑struktur.
RESEARCHSYNERGYPRESSRESEARCHSYNERGYPRESS Tinjauan ini menawarkan wawasan praktis bagi pendidik dan peneliti dengan menyoroti bagaimana gamifikasi dapat diterapkan secara bijak untuk meningkatkanTinjauan ini menawarkan wawasan praktis bagi pendidik dan peneliti dengan menyoroti bagaimana gamifikasi dapat diterapkan secara bijak untuk meningkatkan
GOMITGOMIT Bahasa Inggris telah menjadi bahasa internasional penting dalam komunikasi antarnegara, bisnis, teknologi, serta akses terhadap sumber daya pendidikanBahasa Inggris telah menjadi bahasa internasional penting dalam komunikasi antarnegara, bisnis, teknologi, serta akses terhadap sumber daya pendidikan
Useful /
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Therefore, investigating the factors that influence engagement is essential. This study explores the mechanisms through which engagement is shaped by keyTherefore, investigating the factors that influence engagement is essential. This study explores the mechanisms through which engagement is shaped by key
GOMITGOMIT Metode pengabdian yang digunakan adalah sosialisasi dan penyampaian materi dengan instrumen PPT. Penelitian ditujukan kepada 31 siswa kelas X SMA BudiMetode pengabdian yang digunakan adalah sosialisasi dan penyampaian materi dengan instrumen PPT. Penelitian ditujukan kepada 31 siswa kelas X SMA Budi
UNIMALUNIMAL Hubungan antara total energi masuk dan jumlah kehilangan teknis per bulan bersifat naik‑turun, dengan selisih rasio peningkatan rata‑rata input kWhHubungan antara total energi masuk dan jumlah kehilangan teknis per bulan bersifat naik‑turun, dengan selisih rasio peningkatan rata‑rata input kWh
UNIMALUNIMAL Dari hasil perhitungan, jika trafo diberi beban 100%, trafo akan mengalami penyusutan umur sebesar 2,52 p. u/hari sehingga memiliki sisa umur untuk beroperasiDari hasil perhitungan, jika trafo diberi beban 100%, trafo akan mengalami penyusutan umur sebesar 2,52 p. u/hari sehingga memiliki sisa umur untuk beroperasi