JOURNALMPCIJOURNALMPCI
Journal of Health and Nutrition ResearchJournal of Health and Nutrition ResearchPeradangan adalah respons terhadap cedera jaringan atau infeksi. Buah-buahan seperti mangga, jeruk, dan buah naga mengandung nutrisi yang dapat mengurangi tingkat peradangan dalam tubuh. Studi ini bertujuan untuk meneliti efek mangga, jeruk, dan buah naga terhadap kadar protein C-reaktif (CRP) pada hewan percobaan. Studi ini dilakukan menggunakan desain acak terkontrol pre-posttest dengan 30 tikus Sprague Dawley dibagi menjadi lima kelompok. Kelompok K1 tanpa perlakuan, K2 hanya menerima diet tinggi lemak (HFD), K3 menerima HFD dengan intervensi mangga Gedong Gincu dosis 3,6g/200g berat badan, K4 menerima HFD dengan intervensi jeruk manis dosis 9ml/200g berat badan, dan K5 menerima HFD dengan intervensi buah naga merah dosis 3,6g/200g berat badan. Dibandingkan dengan pre-test, kelompok K3, K4, dan K5 menunjukkan perubahan rata-rata kadar CRP pada post-test: -1,30±0,08 mg/L, -1,39±0,04 mg/L, dan -1,48±0,09 mg/L secara berturut-turut. Semua sampel menghasilkan penurunan kadar CRP pada tikus Sprague-Dawley dengan buah naga merah menunjukkan efek yang lebih besar dibandingkan buah lainnya.
Pemberian mangga Gedong Gincu, jeruk manis, dan buah naga merah secara oral selama 14 hari terbukti efektif dalam menurunkan kadar protein C-reaktif (CRP) pada tikus Sprague Dawley yang diinduksi hiperkolesterolemia, dengan buah naga merah menunjukkan hasil optimal.Peneliti masa depan dapat meneliti kandungan mikronutrien dan antioksidan buah-buahan yang digunakan dalam intervensi.Intervensi ini juga dapat diterapkan pada individu dengan hiperkolesterolemia untuk mengevaluasi efektivitas antioksidan buah pada manusia.
Penelitian lanjutan dapat fokus pada analisis komponen mikronutrien dan antioksidan spesifik dalam buah-buahan seperti mangga Gedong Gincu, jeruk manis, dan buah naga merah untuk memahami mekanisme pengurangan CRP. Selain itu, penelitian eksperimental pada manusia dengan hiperkolesterolemia diperlukan untuk menguji efektivitas buah-buahan ini sebagai pendekatan alami dalam manajemen peradangan kronis. Terakhir, studi dapat memperluas cakupan dengan mengeksplorasi buah-buahan lokal lain yang kaya antioksidan untuk membandingkan potensinya dalam mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.
| File size | 397.48 KB |
| Pages | 8 |
| DMCA | Report |
Related /
UMKUNINGANUMKUNINGAN Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak batang buah naga tidak memiliki aktivitas antibakteri terhadap Staphylococcus aureus. Ekstrak batang buah nagaHasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak batang buah naga tidak memiliki aktivitas antibakteri terhadap Staphylococcus aureus. Ekstrak batang buah naga
UYPUYP Salah satu inovasi pemanfaatannya adalah sebagai bahan baku marshmallow, yakni produk kembang gula bertekstur lembut berbusa yang umumnya dibuat dari gula,Salah satu inovasi pemanfaatannya adalah sebagai bahan baku marshmallow, yakni produk kembang gula bertekstur lembut berbusa yang umumnya dibuat dari gula,
AIPKEMAAIPKEMA Anemia pada ibu hamil bukanlah masalah sederhana karena sel darah merah mempunyai peranan penting membawa nutrisi dan oksigen untuk pertumbuhan janin.Anemia pada ibu hamil bukanlah masalah sederhana karena sel darah merah mempunyai peranan penting membawa nutrisi dan oksigen untuk pertumbuhan janin.
POLIWANGIPOLIWANGI Hasil perhitungan nilai tambah mie instan buah naga sebesar Rp.266.645/kg dengan rasio nilai tambah 48,4%, yang tergolong dalam kategori nilai tambah tinggi.Hasil perhitungan nilai tambah mie instan buah naga sebesar Rp.266.645/kg dengan rasio nilai tambah 48,4%, yang tergolong dalam kategori nilai tambah tinggi.
IKTAIKTA Dengan desain penelitian kuantitatif, penelitian ini menggunakan kerangka kerja pra-eksperimental tanpa kelompok kontrol, menggabungkan pengukuran pre-testDengan desain penelitian kuantitatif, penelitian ini menggunakan kerangka kerja pra-eksperimental tanpa kelompok kontrol, menggabungkan pengukuran pre-test
IKTAIKTA Kecemasan pada ibu hamil yang tidak segera ditangani dapat menyebabkan kelahiran bayi prematur (BBLR). Metode terapi komplementer untuk mengurangi kecemasanKecemasan pada ibu hamil yang tidak segera ditangani dapat menyebabkan kelahiran bayi prematur (BBLR). Metode terapi komplementer untuk mengurangi kecemasan
JQWHJQWH Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimental dengan pre-test and post-test with control group. Sampel dalam penelitian ini 30 orang ibu hamil,Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimental dengan pre-test and post-test with control group. Sampel dalam penelitian ini 30 orang ibu hamil,
JQWHJQWH Setelah pemberian jus buah naga merah, hampir seluruh responden mengalami penurunan tekanan darah. Pemberian jus buah naga merah efektif menurunkan tekananSetelah pemberian jus buah naga merah, hampir seluruh responden mengalami penurunan tekanan darah. Pemberian jus buah naga merah efektif menurunkan tekanan
Useful /
STIAPANCAMARGAPALUSTIAPANCAMARGAPALU Program ini diinisiasi oleh Pemerintah Kota Palu sebagai respons terhadap tingginya angka pengangguran dan rendahnya daya beli masyarakat pascabencana.Program ini diinisiasi oleh Pemerintah Kota Palu sebagai respons terhadap tingginya angka pengangguran dan rendahnya daya beli masyarakat pascabencana.
JIMF BIJIMF BI Islam sangat serius dalam menerapkan ekonomi hijau. Muslim yang mempraktikkan nilai-nilai ekonomi hijau akan diberikan apresiasi luar biasa, seperti dianggapIslam sangat serius dalam menerapkan ekonomi hijau. Muslim yang mempraktikkan nilai-nilai ekonomi hijau akan diberikan apresiasi luar biasa, seperti dianggap
JQWHJQWH Kandungan asam linoleat, asam oleat, asam palmitat, asam stearat, dan asam askorbat pada ketumbar dapat menaikkan HDL. Kolesterol yang dibutuhkan olehKandungan asam linoleat, asam oleat, asam palmitat, asam stearat, dan asam askorbat pada ketumbar dapat menaikkan HDL. Kolesterol yang dibutuhkan oleh
JQWHJQWH Setelah pemberian permen dark chocolate, sebanyak 61% responden mengalami penurunan nyeri hingga kategori ringan dan tidak ada yang masih merasakan nyeriSetelah pemberian permen dark chocolate, sebanyak 61% responden mengalami penurunan nyeri hingga kategori ringan dan tidak ada yang masih merasakan nyeri