UMAUMA

Jurnal Administrasi PublikJurnal Administrasi Publik

Dalam rangka memberi pelayanan dan meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak, Direktorat Jenderal Pajak perlu melakukan reformasi perpajakan. Direktorat Jenderal Pajak perlu mengembangkan layanan pajak berbasis teknologi informasi sebagai tuntutan akan kemudahan dalam proses administrasi perpajakan. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan sistem administrasi perpajakan modern berbasis teknologi informasi berupa sistem administrasi pembayaran pajak dengan Modul Penerimaan Negara dan sistem administrasi pelaporan SPT dengan e-SPT atau e-Filing terhadap kepatuhan Wajib Pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Madya Medan. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengujian hipotesis (kuantitatif) dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah dengan cara studi lapangan yang meliputi metode observasi lapangan, metode wawancara, dokumentasi serta menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada Wajib Pajak pada KPP Madya Medan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan sistem administrasi perpajakan modern berbasis teknologi informasi berupa sistem administrasi pembayaran pajak dengan Modul Penerimaan Negara dan sistem administrasi pelaporan SPT dengan e-SPT atau e-Filing berpengaruh secara signifikan terhadap kepatuhan Wajib pajak.

Implementasi sistem administrasi perpajakan modern, yaitu Modul Penerimaan Negara dan e‑SPT/e‑Filing, terbukti berpengaruh signifikan terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak di KPP Madya Medan.Namun, kontribusi pengaruhnya relatif kecil (sekitar 24,2%), menunjukkan bahwa faktor‑faktor lain seperti peran Account Representative, tingkat kepercayaan wajib pajak, dan intensitas penyuluhan memiliki pengaruh yang lebih besar.Oleh karena itu, peningkatan kepatuhan membutuhkan pendekatan yang lebih komprehensif, termasuk perbaikan prosedur, peningkatan layanan, dan penguatan regulasi.

Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi bagaimana penerapan sistem pembayaran pajak elektronik (billing system) yang terintegrasi dengan ATM, internet banking, dan layanan pos dapat mempermudah proses pembayaran serta meningkatkan kepatuhan wajib pajak (penelitian kuantitatif dengan analisis regresi). Selain itu, diperlukan studi yang menilai dampak penyederhanaan antarmuka e‑SPT/e‑Filing, termasuk peningkatan kecepatan akses, kemudahan perekaman data, dan otomatisasi validasi, terhadap persepsi kemudahan penggunaan dan kepatuhan wajib pajak (penelitian eksperimental dengan kelompok kontrol). Selanjutnya, penelitian kualitatif dapat menyelidiki peran Account Representative dalam memberikan bimbingan, konsultasi, dan membangun kepercayaan wajib pajak, serta bagaimana faktor-faktor tersebut memediasi hubungan antara teknologi informasi dan kepatuhan pajak, dengan fokus pada mekanisme interaksi dan persepsi wajib pajak.

File size1009.06 KB
Pages16
DMCAReportReport

ads-block-test