GOMITGOMIT

Aktual: Jurnal Pengabdian Kepada MasyarakatAktual: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Fisika merupakan ilmu yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Namun, pembelajaran fisika sering kali kurang menarik bagi siswa karena cenderung sulit dipahami. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan dan memberikan pemahaman mengenai fisika, khususnya sistem kuantum, termasuk potensial tangga dan potensial penghalang kepada siswa kelas X SMA Budi Utomo Kota Bengkulu. Kegiatan dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode pengabdian yang digunakan adalah sosialisasi dan penyampaian materi dengan instrumen PPT. Penelitian ditujukan kepada 31 siswa kelas X SMA Budi Utomo Kota Bengkulu. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan November 2023. Hasil menunjukkan bahwa siswa dapat memahami materi fisika abstrak dengan menggunakan bahasa yang sederhana dan contoh dalam kehidupan sehari-hari. Dapat disimpulkan bahwa siswa akan lebih mudah memahami materi fisika abstrak jika disampaikan secara efektif dan melibatkan aktivitas belajar yang aktif.

Kegiatan pengabdian ini berhasil memperkenalkan materi sistem kuantum, potensial tangga, dan potensial penghalang kepada siswa.Siswa merespons positif kegiatan ini dengan menunjukkan antusiasme tinggi selama penyampaian materi, sesi tanya jawab, dan diskusi.Materi fisika yang bersifat abstrak dapat dipahami dengan baik apabila disampaikan menggunakan bahasa sederhana, ilustrasi, serta melibatkan partisipasi aktif siswa.

Pertama, perlu dilakukan penelitian tentang efektivitas penggunaan media pembelajaran realia dalam memahamkan konsep sistem kuantum kepada siswa SMA, terutama untuk materi potensial tangga dan potensial penghalang, dengan membandingkan hasil pemahaman terhadap siswa yang menggunakan media realia dan yang hanya menggunakan presentasi PPT. Kedua, dapat dikembangkan studi mengenai penerapan metode pembelajaran berbasis diskusi kelompok kecil dalam pembelajaran fisika kuantum, untuk melihat bagaimana interaksi antar siswa memengaruhi motivasi dan kemampuan kognitif mereka dalam memahami materi abstrak. Ketiga, penting untuk mengeksplorasi penggunaan permainan edukatif berbasis kuantum dalam konteks kelas, sebagai cara inovatif untuk meningkatkan keterlibatan siswa, serta menguji sejauh mana permainan tersebut mampu memperkuat pemahaman jangka panjang terhadap konsep dasar fisika kuantum. Ketiga saran ini dapat saling melengkapi untuk menciptakan pendekatan pembelajaran yang lebih holistik, menarik, dan efektif bagi siswa dalam mempelajari topik yang kompleks namun penting seperti fisika kuantum.

  1. Kajian Literatur Fase Adiabatik untuk mempercepat Dinamika Kuantum Adiabatik pada Osilator Harmonik |... jurnal.uns.ac.id/ijap/article/view/65252Kajian Literatur Fase Adiabatik untuk mempercepat Dinamika Kuantum Adiabatik pada Osilator Harmonik jurnal uns ac ijap article view 65252
  2. Radware Bot Manager Captcha. radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human... iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/2309/1/012075Radware Bot Manager Captcha radware manager captcha apologize ensure keep safe please confirm human iopscience iop article 10 1088 1742 6596 2309 1 012075
  3. Driving energy to accelerate the adiabatic electron dynamics in quantum Hall system - IOPscience. driving... iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1731/1/012065Driving energy to accelerate the adiabatic electron dynamics in quantum Hall system IOPscience driving iopscience iop article 10 1088 1742 6596 1731 1 012065
  4. Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Komik Digital | Jurnal Kronologi. analisis... kronologi.ppj.unp.ac.id/index.php/jk/article/view/542Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Komik Digital Jurnal Kronologi analisis kronologi ppj unp ac index php jk article view 542
  1. #siswa kelas x#siswa kelas x
File size671.75 KB
Pages7
DMCAReportReport

ads-block-test