UNDIKSHAUNDIKSHA

Jurnal Pendidikan IndonesiaJurnal Pendidikan Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah akuisisi pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan pendekatan laporan keuangan berupa rasio keuangan yaitu Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Total Asset Turn Over (TATO), Return On Asset (ROA), dan Return On Equity (ROE). Teknik analisis data menggunakan uji beda (paired sample t-test) untuk mengetahui perbedaan kinerja keuangan sebelum dan sesudah akuisisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada rasio CR, DER, TATO, ROA, dan ROE sebelum dan sesudah akuisisi. Hal ini menunjukkan bahwa akuisisi belum mampu meningkatkan kinerja keuangan secara signifikan.

Tidak ditemukan perbedaan signifikan pada rasio keuangan CR, DER, TATO, ROA, dan ROE sebelum dan sesudah akuisisi.Akuisisi yang dilakukan oleh perusahaan sub sektor makanan dan minuman belum mampu meningkatkan kinerja keuangan secara signifikan.Perusahaan perlu mengevaluasi strategi integrasi pasca-akuisisi agar manfaat akuisisi dapat terealisasi.

Bila akuisisi ternyata belum memperbaiki kinerja keuangan, apakah penyesuaian budaya kerja dan sistem operasional bisa menjadi kunci keberhasilan selanjutnya? Untuk menjawabnya, penelitian etnografi perusahaan bisa dipakai untuk melihat bagaimana proses adaptasi karyawan dan manajemen pasca-akuisisi. Selain itu, apakah model valuasi yang berbeda—misalnya dengan membandingkan nilai pasar dan nilai buku saham—dapat memprediksi keberhasilan akuisisi lebih dini? Studi kuantitatif lanjutan dapat mengembangkan skor prediktif agar investor dan regulator bisa menilai potensi kegagalan lebih cepat. Terakhir, bagaimana jika kebijakan insentif pajak khusus sektor makanan dan minuman diberikan sebagai pendukung akuisisi ramah lingkungan; penelitian simulasi kebijakan dapat mengukur dampaknya terhadap likuiditas perusahaan dan daya saing produk hijau di pasar domestik maupun ekspor.

  1. Knowledge management in the context of sustainability: Literature review and opportunities for future... Doi.Org/10.1016/J.Jclepro.2019.04.354Knowledge management in the context of sustainability Literature review and opportunities for future Doi Org 10 1016 J Jclepro 2019 04 354
  2. Business Development Towards Competitive Advantage in Solo SMEs in the Industrial Revolution Era 4.0... Doi.Org/10.4108/Eai.9-10-2020.2304784Business Development Towards Competitive Advantage in Solo SMEs in the Industrial Revolution Era 4 0 Doi Org 10 4108 Eai 9 10 2020 2304784
  3. THE ROLE OF KNOWLEDGE MANAGEMENT AND SUSTAINABLE COMPETITIVE ADVANTAGE | Kusuma | IJBE (Integrated Journal... Doi.Org/10.33019/Ijbe.V5i1.336THE ROLE OF KNOWLEDGE MANAGEMENT AND SUSTAINABLE COMPETITIVE ADVANTAGE Kusuma IJBE Integrated Journal Doi Org 10 33019 Ijbe V5i1 336
  4. Impact of Knowledge Management on Employee Work Performance: Evidence from Saudi Arabia | Atlantis Press.... doi.org/10.2991/Itmr.7.1.2Impact of Knowledge Management on Employee Work Performance Evidence from Saudi Arabia Atlantis Press doi 10 2991 Itmr 7 1 2
  5. Implementasi Manajemen Strategik Dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Baru Di Universitas Dwijendra |... doi.org/10.46650/Wa.13.1.1236.53-61Implementasi Manajemen Strategik Dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Baru Di Universitas Dwijendra doi 10 46650 Wa 13 1 1236 53 61
File size372.46 KB
Pages11
DMCAReportReport

ads-block-test