IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI
JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies)JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies)Tujuan utama artikel ini adalah dua arah: pertama, mengeksplorasi perspektif siswa sekolah menengah Indonesia mengenai penggunaan translanguaging baik di dalam maupun di luar kelas. Kedua, mengevaluasi implikasi praktik translanguaging terhadap perkembangan karier mereka. Studi ini menggunakan pendekatan kasus nexus, dengan lima peserta yang dipilih secara purposif dari 38 siswa yang mengambil program ekonomi di sebuah institusi swasta di Surabaya. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, refleksi peserta, dan diskusi kelompok fokus, lalu dianalisis secara tematik untuk menelusuri koneksi antara tubuh historis, urutan interaksi, dan diskojur yang ada. Temuan menunjukkan bahwa peserta memiliki pandangan yang longgar dan memperoleh terhadap studi tersebut. Meskipun translanguaging mendukung pembelajaran, mereka khawatir penggunaan berlebihan dapat membatasi kemajuan karier mereka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa translanguaging dapat meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa dalam pembelajaran, tetapi penggunaannya masih terbatas oleh norma monolingual yang kuat.Peserta cenderung menggunakan bahasa Inggris secara eksklusif dalam situasi formal, meskipun mereka mengakui manfaat translanguaging dalam diskusi kelompok.Penelitian ini menekankan pentingnya mengintegrasikan pendekatan translanguaging dalam kurikulum untuk memperkuat keterampilan multilingual dan mempersiapkan siswa menghadapi tantangan global.
Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi dampak jangka panjang penggunaan translanguaging terhadap keterampilan bahasa Inggris siswa. Selain itu, penelitian perlu mengembangkan strategi pelatihan guru untuk mendorong penerapan translanguaging secara efektif. Studi tambahan juga diperlukan untuk memahami bagaimana konteks lokal seperti daerah pedesaan memengaruhi penerimaan translanguaging. Selain itu, penelitian dapat mengevaluasi efektivitas translanguaging dalam berbagai disiplin ilmu, seperti sains dan teknologi. Perlu juga dikaji bagaimana kebijakan pendidikan nasional dapat mendukung praktik translanguaging. Penelitian ini juga dapat mengidentifikasi hambatan spesifik yang dihadapi siswa dalam menggunakan bahasa ibu mereka selama pembelajaran. Studi lanjutan dapat mengembangkan alat penilaian yang lebih akurat untuk mengukur keberhasilan translanguaging. Selain itu, penelitian perlu mengevaluasi peran teknologi dalam mendukung translanguaging di kelas. Studi ini juga dapat membandingkan pengalaman translanguaging antara siswa di kota dan daerah. Akhirnya, penelitian perlu mengembangkan pedoman praktis untuk integrasi translanguaging dalam kurikulum pendidikan Indonesia.
| File size | 699.08 KB |
| Pages | 30 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNDIKSHAUNDIKSHA Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media pembelajaran digital berbasis HTML dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum pembelajaran bahasaImplikasi dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media pembelajaran digital berbasis HTML dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum pembelajaran bahasa
UNDIKSHAUNDIKSHA Analisis buku teks menonjolkan kekuatan serta area perbaikan, sementara wawancara menggambarkan kebutuhan belajar individual, preferensi visual, dan pentingnyaAnalisis buku teks menonjolkan kekuatan serta area perbaikan, sementara wawancara menggambarkan kebutuhan belajar individual, preferensi visual, dan pentingnya
GOMITGOMIT Bahasa Inggris telah menjadi bahasa internasional penting dalam komunikasi antarnegara, bisnis, teknologi, serta akses terhadap sumber daya pendidikanBahasa Inggris telah menjadi bahasa internasional penting dalam komunikasi antarnegara, bisnis, teknologi, serta akses terhadap sumber daya pendidikan
YASIN ALSYSYASIN ALSYS Peneliti menemukan beberapa masalah terkait penggunaan humor, antara lain: (1) sebagian siswa berisik dan tidak fokus belajar; (2) respon siswa terhadapPeneliti menemukan beberapa masalah terkait penggunaan humor, antara lain: (1) sebagian siswa berisik dan tidak fokus belajar; (2) respon siswa terhadap
Useful /
POLIMEDIAPOLIMEDIA Peserta menjadi lebih percaya diri dalam belajar bahasa Jepang dan memahami budaya kerja Jepang. Program ini memberikan dampak positif dalam persiapanPeserta menjadi lebih percaya diri dalam belajar bahasa Jepang dan memahami budaya kerja Jepang. Program ini memberikan dampak positif dalam persiapan
EJGTAEJGTA Ketika G tidak terhubung, n verteks saling berdekatan dalam SRn(G) jika tidak semua berada dalam komponen yang sama. Untuk himpunan sisi SRn(G), gambarKetika G tidak terhubung, n verteks saling berdekatan dalam SRn(G) jika tidak semua berada dalam komponen yang sama. Untuk himpunan sisi SRn(G), gambar
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah akuisisi pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yangPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah akuisisi pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang
UNPAMUNPAM Kulit pisang dapat dijadikan bahan baku kertas dengan kualitas memadai melalui proses kraft. Konsentrasi NaOH 4% menghasilkan kertas dengan karakteristikKulit pisang dapat dijadikan bahan baku kertas dengan kualitas memadai melalui proses kraft. Konsentrasi NaOH 4% menghasilkan kertas dengan karakteristik