UKIUKI

DIGICATIONDIGICATION

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis etnosains terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi suhu dan kalor. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kajen. Sampel dipilih secara cluster random sampling, yakni kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen berupa tes uraian kemampuan berpikir kritis yang telah divalidasi oleh ahli dan diuji reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan uji-t untuk melihat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kontrol. Hasil menunjukkan bahwa pembelajaran PBL berbasis etnosains secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan pembelajaran konvensional. Peningkatan tersebut ditandai oleh nilai n-gain kelas eksperimen sebesar 0,72 (kategori tinggi) dan kelas kontrol 0,48 (kategori sedang).

Model pembelajaran Problem Based Learning berbasis etnosains efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor.Siswa yang belajar dengan model ini menunjukkan peningkatan signifikan dibandingkan pembelajaran konvional.Oleh karena itu, model ini dapat dijadikan alternatif inovatif dalam pembelajaran sains untuk mengasah kemampuan berpikir kritis.

Bisakah kita mengembangkan versi digital dari PBL berbasis etnosains yang bisa digunakan di daerah terpencil dengan gadget sederhana? Bagaimana jika kita bandingkan efektivitas model ini pada materi IPA lain seperti ekosistem atau gaya agar kita tahu apakah manfaatnya spesifik atau universal? Apakah mungkin menciptakan pelatihan guru daring singkat yang memandu guru merancatkan cerita etnosains lokal mereka sendiri ke dalam soal-soal berbasis masalah agar model ini cepat menyebar ke berbagai sekolah?.

  1. #kemampuan berpikir kritis#kemampuan berpikir kritis
  2. #siswa kelas x#siswa kelas x
File size1.38 MB
Pages13
DMCAReportReport

ads-block-test