UKIUKI
DIGICATIONDIGICATIONPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis etnosains terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi suhu dan kalor. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kajen. Sampel dipilih secara cluster random sampling, yakni kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen berupa tes uraian kemampuan berpikir kritis yang telah divalidasi oleh ahli dan diuji reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan uji-t untuk melihat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kontrol. Hasil menunjukkan bahwa pembelajaran PBL berbasis etnosains secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan pembelajaran konvensional. Peningkatan tersebut ditandai oleh nilai n-gain kelas eksperimen sebesar 0,72 (kategori tinggi) dan kelas kontrol 0,48 (kategori sedang).
Model pembelajaran Problem Based Learning berbasis etnosains efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor.Siswa yang belajar dengan model ini menunjukkan peningkatan signifikan dibandingkan pembelajaran konvional.Oleh karena itu, model ini dapat dijadikan alternatif inovatif dalam pembelajaran sains untuk mengasah kemampuan berpikir kritis.
Bisakah kita mengembangkan versi digital dari PBL berbasis etnosains yang bisa digunakan di daerah terpencil dengan gadget sederhana? Bagaimana jika kita bandingkan efektivitas model ini pada materi IPA lain seperti ekosistem atau gaya agar kita tahu apakah manfaatnya spesifik atau universal? Apakah mungkin menciptakan pelatihan guru daring singkat yang memandu guru merancatkan cerita etnosains lokal mereka sendiri ke dalam soal-soal berbasis masalah agar model ini cepat menyebar ke berbagai sekolah?.
| File size | 1.38 MB |
| Pages | 13 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
RESEARCHSYNERGYPRESSRESEARCHSYNERGYPRESS Pemahaman ini dapat meningkatkan literasi sains siswa dan memungkinkan mereka mencapai hasil pembelajaran sains yang berkualitas. Penelitian ini mengeksplorasiPemahaman ini dapat meningkatkan literasi sains siswa dan memungkinkan mereka mencapai hasil pembelajaran sains yang berkualitas. Penelitian ini mengeksplorasi
UNDIKSHAUNDIKSHA Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang telah divalidasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh pembelajaranData dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang telah divalidasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh pembelajaran
GOMITGOMIT Namun, pembelajaran fisika sering kali kurang menarik bagi siswa karena cenderung sulit dipahami. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkanNamun, pembelajaran fisika sering kali kurang menarik bagi siswa karena cenderung sulit dipahami. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan
YASIN ALSYSYASIN ALSYS Peneliti menemukan beberapa masalah terkait penggunaan humor, antara lain: (1) sebagian siswa berisik dan tidak fokus belajar; (2) respon siswa terhadapPeneliti menemukan beberapa masalah terkait penggunaan humor, antara lain: (1) sebagian siswa berisik dan tidak fokus belajar; (2) respon siswa terhadap
Useful /
POLIMEDIAPOLIMEDIA Kegiatan pengabdian ini bertujuan membangun mental dan soft skill peserta agar siap kerja dan berwirausaha, khususnya dalam menghadapi peluang kerja diKegiatan pengabdian ini bertujuan membangun mental dan soft skill peserta agar siap kerja dan berwirausaha, khususnya dalam menghadapi peluang kerja di
EJGTAEJGTA Dalam kertas ini, angka radial Steiner telah ditentukan untuk graf garis dari pohon, graf total dari pohon, komplemen dari pohon, jumlah dua pohon non-trivial,Dalam kertas ini, angka radial Steiner telah ditentukan untuk graf garis dari pohon, graf total dari pohon, komplemen dari pohon, jumlah dua pohon non-trivial,
YASIN ALSYSYASIN ALSYS Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa kompetensi sosial guru PAI memainkan peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran PAI di SMP IT InsanDari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa kompetensi sosial guru PAI memainkan peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran PAI di SMP IT Insan
UMMUMM Penelitian ini menjelaskan lebih lanjut bagaimana ketentuan sertifikasi hak asasi manusia dalam perikanan serta menganalisis dampaknya terhadap perlindunganPenelitian ini menjelaskan lebih lanjut bagaimana ketentuan sertifikasi hak asasi manusia dalam perikanan serta menganalisis dampaknya terhadap perlindungan