UHNSUGRIWAUHNSUGRIWA
Journal Informatics NiveditaJournal Informatics NiveditaPenelitian ini mengkaji relevan atau tidak relevannya ulasan pariwisata dalam media online dalam berbagai bentuk bahasa, dengan menitikberatkan pada bagaimana konten yang tidak sesuai topik yang dihasilkan pengguna dapat mengaburkan informasi bagi wisatawan. Salah satu metode dalam penelitian ini mengkonstruksi dataset gabungan dimana data publik yang bersumber dari Kaggle ditambahkan dengan data post X (Twitter). Setiap ulasan diberi label secara manual (relevan atau tidak relevan) untuk mengidentifikasi kasus di mana konten tidak secara jelas membahas topik terkait hotel atau akomodasi pariwisata lainnya. Pada penelitian ini, model embedding BERT multibahasa digunakan untuk menyandikan input dalam berbagai ragam bahasa yang disertai dengan sentimen atau emosi yang dimiliki oleh input tersebut. Aspek sentimen pada setiap ulasan ini diperoleh melalui metode knowledge distillation dari twitter-xlm-roberta-base ke DistilBERT. Mekanisme gating kemudian digunakan untuk menggabungkan sinyal semantik dan emosional, dengan penekanan pada bagian-bagian ulasan yang paling berpengaruh. Tahap klasifikasi akhir melibatkan fine-tuning jaringan BERT guna membedakan antara konten yang relevan dan tidak relevan. Hasil pengujian menunjukkan performa pendekatan Monolingual BERT sedikit lebih buruk dibandingkan dengan pendekatan Multilingual BERT dan juga Multilingual BERT ditambah aspek sentimen ditunjukan oleh nilai akurasi, presisi, recall, dan F1-score. Hasil ini menekankan pentingnya menangkap nuansa emosional guna mengurangi kesalahan akibat referensi yang tidak relevan dan juga perbedaan budaya. Dari sudut pandang praktis, hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan adanya potensi implementasi untuk automasi moderasi konten, sistem rekomendasi yang lebih baik, dan panduan kebijakan untuk platform-platform pariwisata. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa model multibahasa yang menyertakan sinyal sentimen dapat meningkatkan deteksi ketidakrelevanan dan ambiguitas, sehingga mendorong terciptanya ekosistem ulasan daring yang lebih andal dan kaya konteks di bidang pariwisata.
Penelitian ini bertujuan untuk menangani masalah ketidakrelevanan dalam ulasan pariwisata multibahasa, dengan menganalisis bagaimana konten yang tidak sesuai topik atau ambigu dapat mengurangi keandalan keseluruhan platform online.Dengan menyusun dataset yang lebih baik dari ulasan yang relevan dan tidak relevan, serta memanfaatkan kombinasi novel dari embedding multibahasa, mekanisme gating, dan vektor sentimen dari model DistilBERT yang dihasilkan melalui knowledge distillation, kami telah menunjukkan bahwa perhatian eksplisit terhadap petunjuk emosional memberikan manfaat nyata untuk tugas klasifikasi.Hasil penelitian mengindikasikan bahwa informasi sentimen tidak hanya membantu untuk menjernihkan sikap pengguna dalam pernyataan yang tidak jelas, tetapi juga memberikan konteks tambahan untuk mengidentifikasi ketika ulasan menyimpang dari topik inti.
Penelitian selanjutnya bisa menjelajahi bagaimana teknologi pemrosesan bahasa alami dapat lebih baik digunakan untuk menangani nuansa budaya dalam ulasan pariwisata. Selain itu, penelitian dapat berfokus pada pengembangan algoritma untuk menilai dampak emosional dari review dalam konteks lintas bahasa dan lintas budaya. Selanjutnya, penting untuk mengeksplorasi bagaimana platform ulasan dapat memberdayakan pengguna untuk memberi umpan balik yang lebih bermakna dengan menyertakan fitur-fitur yang memungkinkan mereka untuk menjelaskan pengalaman mereka dalam bahasa yang lebih visual atau naratif.
| File size | 430.98 KB |
| Pages | 10 |
| DMCA | Report |
Related /
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Kegiatan mahasiswa dalam program Asistensi Mengajar Mandiri (AjarMI) merupakan salah satu bentuk pelaksanaan BKP Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM)Kegiatan mahasiswa dalam program Asistensi Mengajar Mandiri (AjarMI) merupakan salah satu bentuk pelaksanaan BKP Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM)
RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT Pada tahun 2010 diperkirakan lebih dari 500 juta orang terkena foodborne disease dan lebih dari 1 juta orang meninggal akibatnya, dengan lebih dari 30 %Pada tahun 2010 diperkirakan lebih dari 500 juta orang terkena foodborne disease dan lebih dari 1 juta orang meninggal akibatnya, dengan lebih dari 30 %
ETDCIETDCI Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari siswa SMP di salah satu sekolah di Papua. InstrumenMetode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari siswa SMP di salah satu sekolah di Papua. Instrumen
YASIN ALSYSYASIN ALSYS Studi ini menunjukkan bahwa media digital interaktif berbasis gamifikasi dapat meningkatkan keterampilan 4C mahasiswa. Keterampilan ini meningkat dariStudi ini menunjukkan bahwa media digital interaktif berbasis gamifikasi dapat meningkatkan keterampilan 4C mahasiswa. Keterampilan ini meningkat dari
UAJYUAJY Berdasarkan hasil observasi awal kepada pemilik UMKM “Mie Jakarta Bowo ditemukan bahwa pemilik UMKM masih belum memahami serta belum bisa meningkatkanBerdasarkan hasil observasi awal kepada pemilik UMKM “Mie Jakarta Bowo ditemukan bahwa pemilik UMKM masih belum memahami serta belum bisa meningkatkan
UIDUID Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisa proses penyelesaian sengketa melalui konsiliasi di BPSK dan efektifitas proses konsiliasi dalam penyelesaianTujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisa proses penyelesaian sengketa melalui konsiliasi di BPSK dan efektifitas proses konsiliasi dalam penyelesaian
APTISIAPTISI Metode ini dapat diaplikasikan di universitas tanpa memerlukan partisipasi yang luas dari organisasi dan berfokus pada aset informasi yang kritis dalamMetode ini dapat diaplikasikan di universitas tanpa memerlukan partisipasi yang luas dari organisasi dan berfokus pada aset informasi yang kritis dalam
PIPI Penelitian ini telah berhasil dilakukan dan memberikan beberapa kesimpulan yaitu. Aplikasi ini dijalankan di smartphone android dan pengguna dibagi 2 (dua)Penelitian ini telah berhasil dilakukan dan memberikan beberapa kesimpulan yaitu. Aplikasi ini dijalankan di smartphone android dan pengguna dibagi 2 (dua)
Useful /
UAJYUAJY Hasilnya, diharapkan siswa kelas 5 Sekolah Dasar Kanisius Notoyudan dapat memahami fitur Canva dalam mengerjakan tugas sekolah dan penggunaan pribadi.Hasilnya, diharapkan siswa kelas 5 Sekolah Dasar Kanisius Notoyudan dapat memahami fitur Canva dalam mengerjakan tugas sekolah dan penggunaan pribadi.
APTISIAPTISI Blockchain memiliki beberapa aplikasi, seperti Cryptocurrency atau mata uang digital, dan Smart Contracts. Smart Contracts adalah aplikasi blockchain yangBlockchain memiliki beberapa aplikasi, seperti Cryptocurrency atau mata uang digital, dan Smart Contracts. Smart Contracts adalah aplikasi blockchain yang
APTISIAPTISI Pada tahun 2020, virus corona (covid-19) telah mengejutkan dunia. Virus ini menyerang imunitas tubuh seseorang dan penyebarannya sangat cepat. MelemahnyaPada tahun 2020, virus corona (covid-19) telah mengejutkan dunia. Virus ini menyerang imunitas tubuh seseorang dan penyebarannya sangat cepat. Melemahnya
APTISIAPTISI Teknologi Blockchain telah digunakan di banyak perusahaan saat ini. Transparansi, desentralisasi, dan keamanan adalah dasar dari teknologi ini. Contohnya,Teknologi Blockchain telah digunakan di banyak perusahaan saat ini. Transparansi, desentralisasi, dan keamanan adalah dasar dari teknologi ini. Contohnya,