CAHAYA ICCAHAYA IC
Integrated Science Education JournalIntegrated Science Education JournalTujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan pengembangan e-modul berbasis Problem-Based Learning (PBL) yang terintegrasi dengan Ethno-STEM guna meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas 8 SMP pada materi getaran, gelombang, dan bunyi. Metode yang digunakan adalah campuran metode kualitatif dan kuantitatif dengan instrumen berupa kuesioner yang diadaptasi dari penelitian sebelumnya. Sampel terdiri dari guru IPA dan siswa di Kabupaten Karanganyar. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil menunjukkan adanya kesenjangan signifikan antara praktik pembelajaran sains saat ini dan tuntutan pendidikan abad ke-21. Guru mengalami kesulitan menjelaskan konsep abstrak seperti getaran, gelombang, dan bunyi dengan metode konvensional, ditambah keterbatasan media pembelajaran yang mengintegrasikan kearifan lokal. Sementara itu, siswa menunjukkan minat tinggi terhadap sumber belajar digital dan kontekstual, namun skor rata-rata keterampilan berpikir kreatif mereka hanya 49,4%, yang mengindikasikan perlunya solusi pembelajaran yang inovatif, interaktif, dan relevan secara budaya.
Penelitian ini menunjukkan bahwa guru dan siswa di SMP Negeri Karanganyar memiliki kebutuhan signifikan terhadap media pembelajaran sains yang kontekstual, berbasis budaya lokal, dan interaktif secara digital.Hasil analisis menyoroti adanya kesenjangan antara praktik pembelajaran saat ini dengan kompetensi yang dibutuhkan dalam pendidikan abad ke-21, terutama dalam hal keterampilan berpikir kreatif yang masih tergolong rendah (49,4%).Oleh karena itu, pengembangan e-modul PBL terintegrasi Ethno-STEM menjadi sangat relevan dan strategis untuk meningkatkan kreativitas siswa serta menghubungkan pembelajaran sains dengan kearifan lokal.
Pengembangan e-modul berbasis Ethno-STEM yang terintegrasi dengan model Problem-Based Learning (PBL) perlu dilanjutkan dengan penelitian pengembangan untuk menghasilkan produk pembelajaran yang siap pakai dan teruji efektivitasnya dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian selanjutnya juga bisa mengevaluasi bagaimana e-modul tersebut memengaruhi motivasi belajar dan keterlibatan siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan budaya lokal mereka. Selain itu, penelitian dengan pendekatan mixed-methods juga diperlukan untuk mengukur secara lebih rinci peningkatan setiap dimensi kreativitas—seperti kelancaran, fleksibilitas, orisinalitas, dan elaborasi—setelah penggunaan e-modul ini dalam jangka waktu tertentu.
- Analysis Analysis of Ethno-STEM-Integrated PBL E-Module to Enhance Creative Thinking Skills of 8th Grade... cahaya-ic.com/index.php/ISEJ/article/view/2089Analysis Analysis of Ethno STEM Integrated PBL E Module to Enhance Creative Thinking Skills of 8th Grade cahaya ic index php ISEJ article view 2089
- EFEKTIVITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS ETNO-STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF... doi.org/10.24127/bioedukasi.v13i2.6329EFEKTIVITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS ETNO STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF doi 10 24127 bioedukasi v13i2 6329
- Analisis Pengaruh Tingkat Literasi Digital Guru dan Siswa terhadap Kualitas Pembelajaran di Era Digital... sj.eastasouth-institute.com/index.php/spp/article/view/391Analisis Pengaruh Tingkat Literasi Digital Guru dan Siswa terhadap Kualitas Pembelajaran di Era Digital sj eastasouth institute index php spp article view 391
- Kreativitas Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Pengaruh Lingkungan Sekolah... journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/7382Kreativitas Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pengaruh Lingkungan Sekolah journal uir ac index php althariqah article view 7382
- 0. endobj extgstate procset text imageb imagec imagei annots mediabox contents group tabs hlj6 gskm nvyd... ijrrjournal.com/IJRR_Vol.10_Issue.10_Oct2023/IJRR14.pdf0 endobj extgstate procset text imageb imagec imagei annots mediabox contents group tabs hlj6 gskm nvyd ijrrjournal IJRR Vol 10 Issue 10 Oct2023 IJRR14 pdf
| File size | 359.5 KB |
| Pages | 10 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
RESEARCHSYNERGYPRESSRESEARCHSYNERGYPRESS Peserta penelitian adalah siswa kelas 5 sekolah dasar di wilayah pedesaan, perkotaan, dan pinggiran kota, dengan total 78 siswa, 26 siswa di setiap wilayah.Peserta penelitian adalah siswa kelas 5 sekolah dasar di wilayah pedesaan, perkotaan, dan pinggiran kota, dengan total 78 siswa, 26 siswa di setiap wilayah.
YASIN ALSYSYASIN ALSYS Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode penelitian lapangan. Data dikumpulkan melalui observasi lapangan dan wawancara denganPenelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode penelitian lapangan. Data dikumpulkan melalui observasi lapangan dan wawancara dengan
CAHAYA ICCAHAYA IC Untuk meningkatkan kreativitas siswa disekolah diharapkan guru dapat berperan penting dalam meningkatkannya. Saran yang ditunjukkan dalam penelitian lainUntuk meningkatkan kreativitas siswa disekolah diharapkan guru dapat berperan penting dalam meningkatkannya. Saran yang ditunjukkan dalam penelitian lain
UIRUIR Penyesuaian diri individu diperlukan untuk kelangsungan hidup, karena manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa orang lain. PenyesuaianPenyesuaian diri individu diperlukan untuk kelangsungan hidup, karena manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa orang lain. Penyesuaian
Useful /
CAHAYA ICCAHAYA IC Namun, tidak ada kombinasi konsentrasi pupuk organik cair kipahit dan AB Mix yang dapat meningkatkan pertumbuhan dan produksi selada hijau dibandingkanNamun, tidak ada kombinasi konsentrasi pupuk organik cair kipahit dan AB Mix yang dapat meningkatkan pertumbuhan dan produksi selada hijau dibandingkan
ECOJOINECOJOIN Penelitian ini mengkaji hubungan antara pengungkapan tata kelola perusahaan yang baik (GCG), akuntansi hijau (GA), kinerja lingkungan (EP), dan pelaporanPenelitian ini mengkaji hubungan antara pengungkapan tata kelola perusahaan yang baik (GCG), akuntansi hijau (GA), kinerja lingkungan (EP), dan pelaporan
CAHAYA ICCAHAYA IC Temuan menunjukkan bahwa filosofi pendidikan KH. Hasyim Asyari menekankan pembentukan manusia holistik yang mengintegrasikan iman dan pengetahuan, kompetensiTemuan menunjukkan bahwa filosofi pendidikan KH. Hasyim Asyari menekankan pembentukan manusia holistik yang mengintegrasikan iman dan pengetahuan, kompetensi
CAHAYA ICCAHAYA IC Studi ini menyimpulkan bahwa pendidikan guru perlu memperkuat kesiapan sains dengan memperhatikan sumber daya instruksional, keterlibatan pemangku kepentingan,Studi ini menyimpulkan bahwa pendidikan guru perlu memperkuat kesiapan sains dengan memperhatikan sumber daya instruksional, keterlibatan pemangku kepentingan,