CAHAYA ICCAHAYA IC

Integrated Science Education JournalIntegrated Science Education Journal

Tujuan studi ini adalah menganalisis konsep filosofi dan ilmu pendidikan dari perspektif KH. Hasyim Asyari serta mengevaluasi relevansinya di era digital. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan berbasis literatur dengan analisis konten dan deskriptif dalam ilmu pendidikan. Temuan menunjukkan bahwa filosofi pendidikan KH. Hasyim Asyari menekankan pembentukan manusia holistik yang mengintegrasikan iman dan pengetahuan, kompetensi ilmiah, ketangguhan mental, dan karakter sosial. Filosofi ini relevan di era digital untuk menciptakan individu yang mampu beradaptasi dengan perubahan teknologi tanpa mengabaikan nilai moral.

Hasyim Asyaris educational philosophy, sebagaimana tertuang dalam Adabul Alim wal Mutaallim, tetap relevan mengatasi tantangan di era digital.Filosofi ini membentuk peserta didik secara holistik dengan mengintegrasikan iman, pengetahuan, dan karakter moral.Implementasinya cocok untuk mengatasi ketimpangan pendidikan yang hanya fokus pada aspek kognitif dan teknologi.

Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi integrasi nilai-nilai KH. Hasyim Asyari dengan pendekatan sosiemotional learning di sekolah berbasis digital. Studi komparatif antara model pendidikan karakter ini dengan karakteristik peserta didik generasi Z juga relevan untuk memahami adaptabilitas. Sebagai arah baru, analisis dokumen Adabul Alim wal Mutaallim sebagai bahan kurikulum pendidikan karakter di era digital dapat memberikan wawasan tentang keterhubungan antara tradisi pendidikan pesantren dan teknologi modern.

  1. Building National Character through Religion-Based Educational Sciences | Integrated Science Education... doi.org/10.37251/isej.v6i3.2144Building National Character through Religion Based Educational Sciences Integrated Science Education doi 10 37251 isej v6i3 2144
  2. Tinjauan Kepustakaan | ALACRITY : Journal of Education. tinjauan kepustakaan alacrity journal education... lpppipublishing.com/index.php/alacrity/article/view/20Tinjauan Kepustakaan ALACRITY Journal of Education tinjauan kepustakaan alacrity journal education lpppipublishing index php alacrity article view 20
  3. Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0 | Cetta: Jurnal Ilmu... doi.org/10.37329/cetta.v6i3.2603Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5 0 Cetta Jurnal Ilmu doi 10 37329 cetta v6i3 2603
  4. PERPUSTAKAAN | STAIMA AL-HIKAM MALANG. perpustakaan staima hikam malang doi.org/10.32478/talimuna.v10i1.524PERPUSTAKAAN STAIMA AL HIKAM MALANG perpustakaan staima hikam malang doi 10 32478 talimuna v10i1 524
File size363.3 KB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test