UGMUGM

Gadjah Mada International Journal of BusinessGadjah Mada International Journal of Business

Bukti dari literatur menunjukkan penelitian tentang loyalitas pelanggan terus berkembang dan semakin terintegrasi ke dalam disiplin terkait. Studi ini mengevaluasi peran kecerdasan budaya (CI) dalam loyalitas perilaku (BL) pelanggan perusahaan kecil dan menengah (UKM) di Nigeria melalui mekanisme keterlibatan pelanggan (CuI). Dua jenis kuesioner diberikan langsung ke perwakilan penjualan dan tidak langsung ke pelanggan melalui perwakilan penjualan. Data dikumpulkan dari dua kelompok responden dan dianalisis menggunakan model persamaan struktural berbasis varians. Hasil menunjukkan hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan budaya dan loyalitas perilaku, sementara keterlibatan pelanggan secara signifikan memediasi hubungan tersebut.

Kecerdasan budaya memengaruhi loyalitas pelaku secara positif.Keterlibatan pelanggan memediasi hubungan antara kecerdasan budaya dan loyalitas perilaku.Perwakilan penjualan dengan kecerdasan budaya tinggi mampu menciptakan loyalitas di lingkungan budaya yang beragam.

Penelitian lanjutan perlu mengeksplorasi efek kecerdasan budaya terhadap loyalitas perilaku pelanggan di sektor layanan, terutama dalam pengaturan multikultural. Selain itu, dapat dinegarkan studi tentang peran faktor demografis seperti usia dan jenis kelamin dalam mediasi hubungan tersebut. Penelitian juga bisa membandingkan efektivitas strategi keterlibatan pelanggan yang berbeda untuk meningkatkan loyalitas di masyarakat yang beragam.

File size293.68 KB
Pages23
DMCAReportReport

ads-block-test