DINASTIPUBDINASTIPUB

Dinasti International Journal of Economics, Finance & AccountingDinasti International Journal of Economics, Finance & Accounting

Program magang dari kampus yang memungkinkan mahasiswa pertama kali merasakan praktik kerja memberikan gambaran tentang dunia industri. Dalam magang yang dilakukan mahasiswa, terdapat berbagai faktor yang memengaruhi kepuasan magang, salah satunya adalah dukungan sosial dari lingkungan kerja. Penelitian ini membahas pengaruh dukungan sosial terhadap kepuasan magang yang kemudian memengaruhi niat mahasiswa untuk bergabung di industri perhotelan setelah menyelesaikan magang di hotel bintang empat. Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dengan metode judgemental sampling. Pengumpulan data primer dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada mahasiswa universitas swasta di wilayah Jakarta dan Banten yang telah melakukan magang di hotel bintang empat. Jumlah responden yang terkumpul adalah 183 orang. Data dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan atasan dan rekan kerja secara positif berpengaruh terhadap kepuasan magang, sedangkan dukungan organisasi tidak berpengaruh terhadap kepuasan magang. Kepuasan magang berdampak terhadap niat untuk bergabung di industri perhotelan.

Dukungan yang dirasakan dari atasan dan rekan kerja berdampak positif terhadap kepuasan magang, sementara dukungan organisasi tidak berpengaruh terhadap kepuasan magang.Kepuasan selama magang memengaruhi niat mahasiswa untuk bergabung di industri perhotelan setelah lulus.Oleh karena itu, manajemen hotel perlu meningkatkan dukungan dari atasan dan rekan kerja serta memberikan pengalaman magang yang lebih bervariasi untuk meningkatkan minat mahasiswa di sektor ini.

Pertama, perlu diteliti bagaimana perbedaan sistem rotasi shift kerja selama magang memengaruhi tingkat kepuasan dan niat berkarier di industri perhotelan, terutama dengan membandingkan pengalaman mahasiswa yang diberi kebebasan memilih shift dan yang tidak. Kedua, sebaiknya dilakukan penelitian tentang efektivitas pelatihan soft skill dan hard skill yang diberikan oleh supervisor terhadap pengembangan kompetensi mahasiswa magang serta dampaknya terhadap persepsi dukungan dan kepuasan magang. Ketiga, perlu dikaji lebih lanjut mengenai peran interaksi informal antara mahasiswa magang dengan karyawan tetap dalam membentuk rasa memiliki dan keterikatan emosional terhadap lingkungan kerja, serta bagaimana hal ini memengaruhi keputusan karier jangka panjang di industri perhotelan. Penelitian-penelitian ini dapat memberikan wawasan baru tentang strategi pengelolaan magang yang lebih humanis dan berkelanjutan. Dengan memahami dinamika interaksi dan pengalaman non-formal selama magang, institusi pendidikan dan manajemen hotel dapat merancang program yang lebih menarik dan relevan. Pendekatan ini juga penting untuk menangani tantangan retensi tenaga kerja di masa pasca pandemi. Temuan dari penelitian lanjutan dapat menjadi dasar pengembangan kebijakan praktik magang yang lebih inklusif dan mendukung. Selain itu, penelitian dapat mempertimbangkan faktor budaya organisasi hotel lokal yang unik dan pengaruhnya terhadap persepsi mahasiswa. Fokus pada aspek ini akan melengkapi temuan penelitian sebelumnya yang lebih menekankan pada dukungan individual. Kerangka penelitian yang lebih holistik akan membantu memahami secara utuh pengalaman magang mahasiswa di Indonesia.

  1. The Influence of Individual Factors on Hospitality Students’ Internship Satisfaction: The Mediation... doi.org/10.17549/gbfr.2021.26.1.9The Influence of Individual Factors on Hospitality StudentsAo Internship Satisfaction The Mediation doi 10 17549 gbfr 2021 26 1 9
  2. Vol. 4 No. 1 (2023): Dinasti International Journal of Economics, Finance & Accounting (March-April... doi.org/10.38035/dijefa.v4i1Vol 4 No 1 2023 Dinasti International Journal of Economics Finance Accounting March April doi 10 38035 dijefa v4i1
File size287.88 KB
Pages8
DMCAReportReport

ads-block-test