STIES PURWAKARTASTIES PURWAKARTA

JAMMIAH (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah)JAMMIAH (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah)

Sistem penjualan merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting bagi setiap perusahaan, oleh karena itu diperlukan suatu sistem yang efektif dan efisien untuk membantu peningkatan dan kemajuan perusahaan. Dengan semakin meningkatnya kemajuan perusahaan dalam sistem penjualan akan lebih cepat dan mudah untuk menaikkan laba dan penerimaan kas bertambah sehingga perusahaan akan mendapatkan keuntungan dengan mengurangi kerugian. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui sistem penjualan tunai dan untuk mengatahui penjualan kredit di PT. Hae Indo Chemical Cikopo Purwakarta. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan proses teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi di lapangan. Dalam sistem penjualan di perusahaan ini menggunakan sistem penjualan secara manual atau offline. Seperti proses pembayaran, pengemasan, dokumen-dokumen yang diperlukan, penentuan harga, dan proses pengiriman. Dengan adanya hasil penelitian ini memungkinkan perusahaan yang baru berjalan 2 tahun ini bisa menjadi perusahaan yang lebih maju dan besar dengan sangat cepat.

Sistem penjualan tunai dan kredit di PT.Hae Indo Chemical Cikopo Purwakarta berjalan secara efektif dengan menggunakan prosedur manual yang terstruktur.Dokumen seperti Proforma Invoice, Purchase Order, Surat Perjanjian, dan Invoice digunakan secara baik dalam mendukung kelancaran transaksi.Dengan sistem yang teratur dan sesuai dengan prinsip syariah seperti akad Salam dan Taqsith, perusahaan mampu menjalankan proses penjualan produk setengah jadi dengan baik.

Pertama, perlu dilakukan penelitian tentang integrasi sistem penjualan berbasis digital pada perusahaan manufaktur kecil seperti PT. Hae Indo Chemical agar dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi transaksi tanpa meninggalkan prinsip syariah. Kedua, penting untuk mengkaji dampak penerapan akad Salam dan Taqsith terhadap kepercayaan pelanggan dan kelangsungan kerja sama bisnis dalam jangka panjang. Ketiga, diperlukan studi tentang optimalisasi manajemen dokumen dalam sistem penjualan manual untuk mengidentifikasi potensi kesalahan dan keterlambatan dalam proses distribusi dan penagihan.

Read online
File size664.12 KB
Pages29
Short Linkhttps://juris.id/p-1oa
Lookup LinksGoogle ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu
DMCAReport

Related /

ads-block-test