UNIRAYAUNIRAYA

PARETO : Jurnal Riset Bisnis dan ManajemenPARETO : Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen

Minat beli online meningkat dalam beberapa tahun terakhir, terlihat dari semakin meningkatnya transaksi bisnis secara online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aktivitas promosi dan gaya hidup konsumen terhadap minat beli online. Penelitian dilakukan terhadap 100 mahasiswa STIE dan STKIP Nias Selatan yang telah melakukan transaksi online. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) model regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, aktivitas promosi berpengaruh signifikan terhadap minat beli online, begitu pula gaya hidup konsumen. Namun, kemudahan transaksi tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli online. Secara simultan, ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap minat beli online. Koefisien korelasi menunjukkan hubungan searah yang cukup hingga kuat antar variabel independen.

Minat beli online meningkat dalam beberapa tahun terakhir, terlihat dari semakin meningkatnya transaksi bisnis secara online.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aktivitas promosi dan gaya hidup konsumen terhadap minat beli online.Penelitian dilakukan terhadap 100 mahasiswa STIE dan STKIP Nias Selatan yang telah melakukan transaksi online.Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) model regresi berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, aktivitas promosi berpengaruh signifikan terhadap minat beli online, begitu pula gaya hidup konsumen.Namun, kemudahan transaksi tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli online.Secara simultan, ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap minat beli online.Koefisien korelasi menunjukkan hubungan searah yang cukup hingga kuat antar variabel independen.Aktivitas promosi memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli online dengan kontribusi sebesar 31,2%.Penelitian selanjutnya dapat mengkaji bagaimana interaksi antara faktor sosial media dan kepercayaan terhadap penjual online memengaruhi minat beli mahasiswa, karena dalam penelitian ini hanya fokus pada aktivitas promosi, gaya hidup, dan kemudahan transaksi.Selain itu, perlu diteliti apakah pengalaman pengguna sebelumnya terhadap platform belanja online memperkuat atau melemahkan pengaruh aktivitas promosi, mengingat hasil menunjukkan bahwa kemudahan transaksi tidak signifikan meskipun sudah tersedia.Terakhir, studi lanjutan bisa menguji apakah perbedaan budaya lokal di Nias Selatan memodifikasi hubungan antara gaya hidup konsumen dan minat beli, dengan memperluas sampel ke populasi non-mahasiswa seperti ibu rumah tangga atau pedagang kecil, sehingga dapat memperkaya pemahaman tentang faktor yang mendorong perilaku belanja online di konteks regional yang lebih beragam.Kemudahan transaksi tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli online, meskipun secara simultan ketiga variabel bersama-sama berkontribusi sebesar 40% terhadap minat beli online.Minat beli online meningkat dalam beberapa tahun terakhir, terlihat dari semakin meningkatnya transaksi bisnis secara online.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aktivitas promosi dan gaya hidup konsumen terhadap minat beli online.Penelitian dilakukan terhadap 100 mahasiswa STIE dan STKIP Nias Selatan yang telah melakukan transaksi online.Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) model regresi berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, aktivitas promosi berpengaruh signifikan terhadap minat beli online, begitu pula gaya hidup konsumen.Namun, kemudahan transaksi tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli online.Secara simultan, ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap minat beli online.Koefisien korelasi menunjukkan hubungan searah yang cukup hingga kuat antar variabel independen.

Penelitian selanjutnya dapat mengkaji bagaimana interaksi antara faktor sosial media dan kepercayaan terhadap penjual online memengaruhi minat beli mahasiswa, karena dalam penelitian ini hanya fokus pada aktivitas promosi, gaya hidup, dan kemudahan transaksi. Selain itu, perlu diteliti apakah pengalaman pengguna sebelumnya terhadap platform belanja online memperkuat atau melemahkan pengaruh aktivitas promosi, mengingat hasil menunjukkan bahwa kemudahan transaksi tidak signifikan meskipun sudah tersedia. Terakhir, studi lanjutan bisa menguji apakah perbedaan budaya lokal di Nias Selatan memodifikasi hubungan antara gaya hidup konsumen dan minat beli, dengan memperluas sampel ke populasi non-mahasiswa seperti ibu rumah tangga atau pedagang kecil, sehingga dapat memperkaya pemahaman tentang faktor yang mendorong perilaku belanja online di konteks regional yang lebih beragam.

  1. #minat beli konsumen#minat beli konsumen
  2. #gaya hidup konsumen#gaya hidup konsumen
Read online
File size110.3 KB
Pages13
DMCAReport

Related /

ads-block-test