UNSIQUNSIQ

Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQJurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ

Modifikasi sistem dan komponen dari kondisi mesin standar banyak dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan performa kendaraan bermotor. Demikian juga dengan penambahan sistem penginjeksian air (water injection system) ke dalam intake manifold ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perubahan daya dan torsi terhadap motor. Penelitian ini menggunakan pendekatan experiment dengan model penelitian research and development. Dimana obyek penelitian berupa sepeda motor supra fit dilakukan beberapa pengujian dengan variabel bebas kondisi standar, kondisi penambahan injeksi air, dan kondisi injeksi alkohol. Kemudian dilakukan pengujian terhadap daya dan torsi dengan menggunakan dynotest. Hasil penelitian didapatkan bahwa pengujian torsi dan daya mesin adalah pada kondisi standar sebesar 6,85 N.M (5782 rpm) dan 6,5 HP (8981 rpm). Kondisi penginjeksian air sebesar 7,13 N.M (5850 rpm) dan 6.5 HP (6969 rpm), sedangkan pada kondisi penginjeksian alkohol 7.12 N.M (5808 rpm) dan 6.5 HP (7227 rpm). Penggunaan water injection mampu meningkatkan torsi, akan tetapi tidak untuk daya motor. Peningkatan torsi tersebut sebesar 4,09 % untuk penginjeksian dengan air, dan 4,23 % untuk penginjeksian dengan alkohol. Sedangkan waktu akselerasi dari motor meningkat sebesar 45,7% untuk penginjeksian dengan air dan 39,9% untuk penginjeksian dengan alkohol.

Water injection meningkatkan torsi mesin sebesar 4,09 % saat menggunakan air dan 4,23 % saat menggunakan alkohol, namun tidak meningkatkan daya mesin.Waktu akselerasi motor juga terpengaruh secara positif, meningkat 45,7 % dengan air dan 39,9 % dengan alkohol.Secara keseluruhan, water injection meningkatkan tenaga kencang mesin dan waktu akselerasi pada putaran RPM yang lebih rendah dibandingkan kondisi standar.

Pertanyaan pertama adalah bagaimana pengaruh variasi rasio air-ke-ikan dalam water injection terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang pada sepeda motor berkitah 100 cc, sehingga dapat menilai efisiensi dan kinerja lingkungan. Selanjutnya, penelitian lanjutan dapat mengevaluasi kinerja sistem water injection pada mesin multistroke dengan kondisi suhu operasi tinggi, menguji apakah sistem dapat mengurangi detonation pada kecepatan tinggi dan meningkatkan daya output. Terakhir, saran penelitian adalah mengembangkan sistem kontrol adaptif yang memonitor tekanan dan suhu secara real-time, lalu mengatur aliran air secara otomatis untuk memaksimalkan torsi sambil menjaga daya tetap konstan, sehingga dapat menyesuaikan kondisi jalan dan beban kendaraan secara dinamis.

  1. #sepeda motor#sepeda motor
Read online
File size425.44 KB
Pages7
DMCAReport

Related /

ads-block-test