IAIN KENDARIIAIN KENDARI

Dirasah: Jurnal Pendidikan IslamDirasah: Jurnal Pendidikan Islam

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter religius anak usia 7-12 tahun di MDA, dan peran guru dalam membentuk karakter religius anak usia 7-12 tahun di MDA, serta mengetahui nilai-nilai karakter religius yang ditanamkan guru pada anak usia 7-12 tahun di MDA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Karakter religius anak usia 7-12 tahun di MDA belum sepenuhnya baik, karena masih ditemukan 3 orang anak didik yang perilakunya kurang terpuji seperti mencuri uang dan barang-barang temannya, berkata kasar, bermain dalam sholatnya, sedangkan dari segi karakter yang baik ada 5 orang anak yang memiliki karakter yang baik; 2) Peran guru dalam membentuk karakter religius anak yaitu, peran guru sebagai pendidik dan pengajar, peran guru sebagai pembimbing, peran guru sebagai contoh tauladan, peran guru sebagai motivator, 3) Nilai-nilai karakter religius yang ditanamkan guru pada anak adalah nilai ibadah dan nilai akhlak.

Karakter religius anak usia 7-12 tahun di Madrasah Diniyah Awaliyah secara umum belum sepenuhnya baik karena terdapat beberapa anak dengan perilaku yang mencerminkan akhlak kurang terpuji.Namun, banyak anak menunjukkan karakter baik melalui kegiatan keagamaan seperti sholat berjamaah, dzikir, dan infaq.Peran guru dalam membentuk karakter religius anak meliputi fungsi sebagai pendidik, pembimbing, contoh tauladan, dan motivator.Nilai-nilai yang ditanamkan terdiri dari nilai ibadah (sholat, dzikir) dan nilai akhlak (bertanggung jawab, disiplin, jujur).

Penelitian lanjutan perlu mengeksplorasi strategi konkret untuk meningkatkan efektivitas peran guru dalam membangun karakter religius anak, misalnya melalui pelatihan pendidik tentang pendekatan pedagogis yang lebih inovatif. Selain itu, penting untuk menginvestigasi pengaruh partisipasi orang tua dalam memperkuat nilai-nilai karakter di lingkungan keluarga sebagai komplementasi dari pendidikan di madrasah. Studi lebih lanjut juga dapat mengevaluasi dampak dari program-program tertentu—seperti kegiatan infaq harian atau diskusi keagamaan—terhadap perubahan perilaku anak, termasuk cara madrasah harus menyesuaikan metode pendidikannya untuk mengatasi tantangan seperti disiplin dan kesadaran aurat pada siswa perempuan. Penelitian semacam ini dapat membantu pengembangan model pendidikan karakter yang lebih holistik dan berkelanjutan.

  1. #peran guru pai#peran guru pai
  2. #gerak anak usia#gerak anak usia
Read online
File size280.84 KB
Pages7
DMCAReport

Related /

ads-block-test