IAIN KENDARIIAIN KENDARI
Dirasah: Jurnal Pendidikan IslamDirasah: Jurnal Pendidikan IslamPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter religius anak usia 7-12 tahun di MDA, dan peran guru dalam membentuk karakter religius anak usia 7-12 tahun di MDA, serta mengetahui nilai-nilai karakter religius yang ditanamkan guru pada anak usia 7-12 tahun di MDA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Karakter religius anak usia 7-12 tahun di MDA belum sepenuhnya baik, karena masih ditemukan 3 orang anak didik yang perilakunya kurang terpuji seperti mencuri uang dan barang-barang temannya, berkata kasar, bermain dalam sholatnya, sedangkan dari segi karakter yang baik ada 5 orang anak yang memiliki karakter yang baik; 2) Peran guru dalam membentuk karakter religius anak yaitu, peran guru sebagai pendidik dan pengajar, peran guru sebagai pembimbing, peran guru sebagai contoh tauladan, peran guru sebagai motivator, 3) Nilai-nilai karakter religius yang ditanamkan guru pada anak adalah nilai ibadah dan nilai akhlak.
Karakter religius anak usia 7-12 tahun di Madrasah Diniyah Awaliyah secara umum belum sepenuhnya baik karena terdapat beberapa anak dengan perilaku yang mencerminkan akhlak kurang terpuji.Namun, banyak anak menunjukkan karakter baik melalui kegiatan keagamaan seperti sholat berjamaah, dzikir, dan infaq.Peran guru dalam membentuk karakter religius anak meliputi fungsi sebagai pendidik, pembimbing, contoh tauladan, dan motivator.Nilai-nilai yang ditanamkan terdiri dari nilai ibadah (sholat, dzikir) dan nilai akhlak (bertanggung jawab, disiplin, jujur).
Penelitian lanjutan perlu mengeksplorasi strategi konkret untuk meningkatkan efektivitas peran guru dalam membangun karakter religius anak, misalnya melalui pelatihan pendidik tentang pendekatan pedagogis yang lebih inovatif. Selain itu, penting untuk menginvestigasi pengaruh partisipasi orang tua dalam memperkuat nilai-nilai karakter di lingkungan keluarga sebagai komplementasi dari pendidikan di madrasah. Studi lebih lanjut juga dapat mengevaluasi dampak dari program-program tertentu—seperti kegiatan infaq harian atau diskusi keagamaan—terhadap perubahan perilaku anak, termasuk cara madrasah harus menyesuaikan metode pendidikannya untuk mengatasi tantangan seperti disiplin dan kesadaran aurat pada siswa perempuan. Penelitian semacam ini dapat membantu pengembangan model pendidikan karakter yang lebih holistik dan berkelanjutan.
| File size | 280.84 KB |
| Pages | 7 |
| DMCA | Report |
Related /
ASSALAMASSALAM Konsistensi, ketulusan, dan kedekatan emosional guru menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi refleksi moral dan perubahan perilaku. PenelitianKonsistensi, ketulusan, dan kedekatan emosional guru menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi refleksi moral dan perubahan perilaku. Penelitian
Yogya UMBYogya UMB Oleh karena itu, guru memerlukan keterampilan praktis untuk mendukung regulasi emosi secara efektif. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan memperkuatOleh karena itu, guru memerlukan keterampilan praktis untuk mendukung regulasi emosi secara efektif. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan memperkuat
UNSULTRAUNSULTRA Evaluasi dilakukan oleh LPPM Unsultra dengan membandingkan kondisi mitra sebelum dan sesudah pelaksanaan program. Program Kegiatan Kemandirian MasyarakatEvaluasi dilakukan oleh LPPM Unsultra dengan membandingkan kondisi mitra sebelum dan sesudah pelaksanaan program. Program Kegiatan Kemandirian Masyarakat
ISDIKKIERAHAISDIKKIERAHA Dalam prosesnya, guru harus membantu setiap kelompok secara intensif. Upaya meningkatkan kemampuan menulis dapat dilakukan dengan memanfaatkan produk budayaDalam prosesnya, guru harus membantu setiap kelompok secara intensif. Upaya meningkatkan kemampuan menulis dapat dilakukan dengan memanfaatkan produk budaya
STAI ALHIDAYAHSTAI ALHIDAYAH Pada tulisan ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penulis menggambarkan fakta-fakta atau keadaan maupun gejala yang tampak sebagaimanaPada tulisan ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penulis menggambarkan fakta-fakta atau keadaan maupun gejala yang tampak sebagaimana
STAI ALHIDAYAHSTAI ALHIDAYAH Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi ekspresif anak autisme menggunakan media flash card di lembaga pendidikan anak usia dini. TulisanTulisan ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi ekspresif anak autisme menggunakan media flash card di lembaga pendidikan anak usia dini. Tulisan
UMMUBAUMMUBA Menggunakan desain deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif dan path analysis, sampelnya 28 siswa kelas V. Hasilnya menunjukkan: (1) lingkunganMenggunakan desain deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif dan path analysis, sampelnya 28 siswa kelas V. Hasilnya menunjukkan: (1) lingkungan
UNSIQUNSIQ (2) Pelaksanaan Model Pembelajaran Permainan Cublak-Cublak Suweng yang dapat Mengembangkan Kecakapan Sosial Anak Kelompok B di Kec. Ngaliyan dilakukan(2) Pelaksanaan Model Pembelajaran Permainan Cublak-Cublak Suweng yang dapat Mengembangkan Kecakapan Sosial Anak Kelompok B di Kec. Ngaliyan dilakukan
Useful /
UNSULTRAUNSULTRA Peta yang dihasilkan dapat menjadi dasar perencanaan yang lebih terarah dalam upaya mitigasi bencana di masa mendatang.melalui kegiatan pemetaan ini, telahPeta yang dihasilkan dapat menjadi dasar perencanaan yang lebih terarah dalam upaya mitigasi bencana di masa mendatang.melalui kegiatan pemetaan ini, telah
LARPAINSTITUTELARPAINSTITUTE Penilaian menunjukkan bahwa kurangnya kepatuhan dalam mengonsumsi tablet zat besi dan terbatasnya pengetahuan gizi merupakan faktor utama penyebab anemia.Penilaian menunjukkan bahwa kurangnya kepatuhan dalam mengonsumsi tablet zat besi dan terbatasnya pengetahuan gizi merupakan faktor utama penyebab anemia.
LARPAINSTITUTELARPAINSTITUTE Data kunjungan klinis mengindikasikan bahwa intervensi edukasi yang meningkatkan kesadaran, dipadukan dengan suplementasi tablet zat besi, secara signifikanData kunjungan klinis mengindikasikan bahwa intervensi edukasi yang meningkatkan kesadaran, dipadukan dengan suplementasi tablet zat besi, secara signifikan
LARPAINSTITUTELARPAINSTITUTE Evaluasi menunjukkan perbaikan kondisi kehamilan setelah intervensi. Studi ini menyoroti pentingnya pengkajian yang akurat, intervensi dini, dan kerjaEvaluasi menunjukkan perbaikan kondisi kehamilan setelah intervensi. Studi ini menyoroti pentingnya pengkajian yang akurat, intervensi dini, dan kerja