STAI ALHIDAYAHSTAI ALHIDAYAH

al-Urwatul Wutsqo : Jurnal Ilmu Keislaman dan Pendidikanal-Urwatul Wutsqo : Jurnal Ilmu Keislaman dan Pendidikan

Interaksi dan perilaku anak dengan autisme memiliki perbedaan kemampuan komunikasi, dibandingkan anak lainnya. Karena anak dengan autisme mengalami kesulitan salah satunya kesulitan berkomunikasi yang mengakibatkan anak sulit untuk mengungkapkan apapun yang terjadi dalam dirinya maupun orang lain. Aspek komunikasi yang harus dilatih pada anak dengan autism selain bicaranya yaitu gerak tubuh dapat dengan bantuan media seperti gambar (visual). Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi ekspresif anak autisme menggunakan media flash card di lembaga pendidikan anak usia dini. Tulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik yang digunakan adalah dengan observasi dan wawancara. Hasil dari tulisan menunjukkan bahwa penggunaan media flash card dapat membantu untuk mengembangkan kemampuan komunikasi ekspresif pada anak autisme. Sehingga dapat disimpulkan dari tulisan ini bahwa penggunaan media flash card dapat digunakan untuk melatih kemampuan komunikasi anak autisme dan dapat digunakan sebagai acuan metode pembelajaran bagi orang tua, guru, lembaga dan para calon guru.

Berdasarkan hasil dari penelaahan yang telah dilakukan bahwa terdapat adanya pengaruh terhadap komunikasi ekspresif anak dengan autisme di RA Ar Rahmah yang berusia 6 tahun.Penggunaan media flash card dapat digunakan untuk melatih komunikasi ekspresif pada anak autisme.Dapat dikembangkan menjadi salah satu media pembelajaran terhadap anak dengan autisme.Karena flash card merupakan sebuah media bergambar sehingga akan membuat anak tertarik dan dapat memahami materi dengan baik.

Penelitian selanjutnya dapat mengkaji lebih dalam tentang efektivitas media pembelajaran lain dalam meningkatkan komunikasi anak autisme, seperti penggunaan teknologi digital. Selain itu, bagaimana adaptasi metode pengajaran yang berbeda dapat berpengaruh terhadap kemajuan anak autisme dalam komunikasi juga bisa menjadi topik penelitian yang menarik. Terakhir, pengembangan lebih lanjut mengenai dampak interaksi sosial antara anak autisme dan teman sebaya dalam lingkungan belajar juga penting untuk diteliti, agar dapat memberikan wawasan lebih luas mengenai cara-cara meningkatkan komunikasi dan interaksi sosial anak dengan autisme.

  1. #sosial anak usia#sosial anak usia
  2. #religius anak usia#religius anak usia
Read online
File size468.66 KB
Pages9
DMCAReport

Related /

ads-block-test