STAI ALHIDAYAHSTAI ALHIDAYAH
al-Urwatul Wutsqo : Jurnal Ilmu Keislaman dan Pendidikanal-Urwatul Wutsqo : Jurnal Ilmu Keislaman dan PendidikanInteraksi dan perilaku anak dengan autisme memiliki perbedaan kemampuan komunikasi, dibandingkan anak lainnya. Karena anak dengan autisme mengalami kesulitan salah satunya kesulitan berkomunikasi yang mengakibatkan anak sulit untuk mengungkapkan apapun yang terjadi dalam dirinya maupun orang lain. Aspek komunikasi yang harus dilatih pada anak dengan autism selain bicaranya yaitu gerak tubuh dapat dengan bantuan media seperti gambar (visual). Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi ekspresif anak autisme menggunakan media flash card di lembaga pendidikan anak usia dini. Tulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik yang digunakan adalah dengan observasi dan wawancara. Hasil dari tulisan menunjukkan bahwa penggunaan media flash card dapat membantu untuk mengembangkan kemampuan komunikasi ekspresif pada anak autisme. Sehingga dapat disimpulkan dari tulisan ini bahwa penggunaan media flash card dapat digunakan untuk melatih kemampuan komunikasi anak autisme dan dapat digunakan sebagai acuan metode pembelajaran bagi orang tua, guru, lembaga dan para calon guru.
Berdasarkan hasil dari penelaahan yang telah dilakukan bahwa terdapat adanya pengaruh terhadap komunikasi ekspresif anak dengan autisme di RA Ar Rahmah yang berusia 6 tahun.Penggunaan media flash card dapat digunakan untuk melatih komunikasi ekspresif pada anak autisme.Dapat dikembangkan menjadi salah satu media pembelajaran terhadap anak dengan autisme.Karena flash card merupakan sebuah media bergambar sehingga akan membuat anak tertarik dan dapat memahami materi dengan baik.
Penelitian selanjutnya dapat mengkaji lebih dalam tentang efektivitas media pembelajaran lain dalam meningkatkan komunikasi anak autisme, seperti penggunaan teknologi digital. Selain itu, bagaimana adaptasi metode pengajaran yang berbeda dapat berpengaruh terhadap kemajuan anak autisme dalam komunikasi juga bisa menjadi topik penelitian yang menarik. Terakhir, pengembangan lebih lanjut mengenai dampak interaksi sosial antara anak autisme dan teman sebaya dalam lingkungan belajar juga penting untuk diteliti, agar dapat memberikan wawasan lebih luas mengenai cara-cara meningkatkan komunikasi dan interaksi sosial anak dengan autisme.
| File size | 468.66 KB |
| Pages | 9 |
| DMCA | Report |
Related /
STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas B1 dengan jumlah siswa 16 yaitu pada semester I tahun ajaran 2022/2023 di RA Munzhiroh 3 Kulim Kota Pekanbaru.Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas B1 dengan jumlah siswa 16 yaitu pada semester I tahun ajaran 2022/2023 di RA Munzhiroh 3 Kulim Kota Pekanbaru.
APPIHIAPPIHI Smg memutuskan bahwa permohonan pailit telah memenuhi ketentuan Pasal 2 ayat (1) jo. Pasal 8 ayat (4) UUKPKPU, tetapi kurang memperhatikan aspek keadilanSmg memutuskan bahwa permohonan pailit telah memenuhi ketentuan Pasal 2 ayat (1) jo. Pasal 8 ayat (4) UUKPKPU, tetapi kurang memperhatikan aspek keadilan
UNSULTRAUNSULTRA Metode pelaksanaan terdiri dari tiga tahap: persiapan, pelaksanaan program berupa sosialisasi dan pelatihan, serta evaluasi dan pelaporan. Evaluasi dilakukanMetode pelaksanaan terdiri dari tiga tahap: persiapan, pelaksanaan program berupa sosialisasi dan pelatihan, serta evaluasi dan pelaporan. Evaluasi dilakukan
IAINPTKIAINPTK Dalam kajian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai moderasi dalam fiqih Islam dan implementasi nilai-nilai moderasi dalam fiqih penentuan arah kiblat.Dalam kajian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai moderasi dalam fiqih Islam dan implementasi nilai-nilai moderasi dalam fiqih penentuan arah kiblat.
UNUKALTIMUNUKALTIM Penelitian ini menyimpulkan bahwa perubahan strategi manajemen di SMP Negeri 39 Samarinda cukup efektif meskipun memerlukan penyesuaian dan perbaikan secaraPenelitian ini menyimpulkan bahwa perubahan strategi manajemen di SMP Negeri 39 Samarinda cukup efektif meskipun memerlukan penyesuaian dan perbaikan secara
STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU Apa pun halnya anak bisa senang, dan untuk alat main tradisional mungkin lebih menyenangkan. Dari sini mewawancarai orang tua dapat dilakukan untuk lebihApa pun halnya anak bisa senang, dan untuk alat main tradisional mungkin lebih menyenangkan. Dari sini mewawancarai orang tua dapat dilakukan untuk lebih
STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU Berdasarkan uji hipotesis dengan Independent sample t-test, nilai sig (2-tailed) adalah 0,000, yang lebih kecil dari 0,05. Dapat disimpulkan bahwa mediaBerdasarkan uji hipotesis dengan Independent sample t-test, nilai sig (2-tailed) adalah 0,000, yang lebih kecil dari 0,05. Dapat disimpulkan bahwa media
STIT ALKIFAYAHRIAUSTIT ALKIFAYAHRIAU Aktivitas anak pada siklus I sebesar 83% baik dan pada siklus II sebesar 98%. Perkembangan seni anak setelah pelaksanaan metode bermain, siklus I nilaiAktivitas anak pada siklus I sebesar 83% baik dan pada siklus II sebesar 98%. Perkembangan seni anak setelah pelaksanaan metode bermain, siklus I nilai
Useful /
BPKBPK Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar dalam menetapkan kebijakan oleh Kementerian Keuangan selaku perancang dan pengevaluasi APBN dan APBDHasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar dalam menetapkan kebijakan oleh Kementerian Keuangan selaku perancang dan pengevaluasi APBN dan APBD
APPIHIAPPIHI Penjual umumnya memahami pentingnya produk izin BPOM, tetapi konsumen tetap memilih produk ilegal karena preferensi hasil instan. BPOM menerapkan perlindunganPenjual umumnya memahami pentingnya produk izin BPOM, tetapi konsumen tetap memilih produk ilegal karena preferensi hasil instan. BPOM menerapkan perlindungan
IAIN SUIAIN SU Untuk mengembangkan budaya akademik, diperlukan peningkatan partisipasi dan komunikasi dengan pemangku kepentingan, pengembangan terstruktur, serta peningkatanUntuk mengembangkan budaya akademik, diperlukan peningkatan partisipasi dan komunikasi dengan pemangku kepentingan, pengembangan terstruktur, serta peningkatan
IAIN SUIAIN SU Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah kebijakan pendidikan nasional terhadap pendidikan Islam dan pendidikan sekular. Pada mulanya, sekularismePermasalahan utama dalam penelitian ini adalah kebijakan pendidikan nasional terhadap pendidikan Islam dan pendidikan sekular. Pada mulanya, sekularisme