JOURNAL COMPUTINGJOURNAL COMPUTING

Journal of Information Technology AmperaJournal of Information Technology Ampera

Artikel ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja Sistem Informasi Akademik menggunakan kerangka COBIT 4.1 di Universitas Halmahera. Evaluasi terhadap penerapan Teknologi Informasi di Universitas Halmahera diperlukan untuk mengidentifikasi berbagai hambatan berdasarkan kondisi yang ada. Selanjutnya, kondisi yang ada dinilai dan dibandingkan dengan nilai yang diharapkan, sehingga dapat direkomendasikan upaya optimalisasi Teknologi Informasi di lembaga pendidikan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa Universitas Halmahera telah mengimplementasikan kerangka pemantauan dan evaluasi pada tingkat Proses yang Terdefinisi. Berdasarkan hasil wawancara dan kuesioner, tingkat kematangan rata-rata mencapai 3,8 dengan tingkat yang diharapkan yaitu level 4, yaitu terkelola dan terukur, dengan nilai kesenjangan sebesar 0,24. Hasil perhitungan tingkat kematangan menunjukkan bahwa subdomain dengan nilai tertinggi adalah ME4 dengan nilai 3,92, yang berada pada tingkat Proses yang Terdefinisi, sedangkan subdomain dengan nilai terendah adalah ME1 dengan nilai 3,59, yang juga berada pada tingkat Proses yang Terdefinisi.

Universitas Halmahera telah mengimplementasikan Sistem Informasi Akademik pada tingkat Proses yang Terdefinisi dengan tingkat kematangan rata-rata 3,8 dan kesenjangan sebesar 0,24 terhadap target ideal level 4.Subdomain dengan tingkat kematangan tertinggi adalah ME4 (Provide IT Governance) sebesar 3,92, sedangkan subdomain dengan tingkat kematangan terendah adalah ME1 (Monitor and Evaluate IT Performance) sebesar 3,59.Secara keseluruhan, sistem informasi akademik masih memerlukan perbaikan dalam pemantauan kinerja, pengendalian internal, kepatuhan terhadap regulasi, dan penyelarasan tata kelola TI dengan strategi bisnis.

Penelitian lanjutan dapat menggali bagaimana integrasi kerangka COBIT 4.1 dengan metode pengukuran kinerja seperti Balanced Scorecard dapat meningkatkan akurasi evaluasi sistem informasi akademik di Universitas Halmahera, terutama dalam menyelaraskan tujuan teknologi dengan strategi institusi. Selanjutnya, perlu diteliti bagaimana penerapan otomatisasi dalam proses pemantauan dan pelaporan berbasis data real-time dapat mengurangi kesenjangan antara kondisi eksisting dan target ideal, khususnya pada subdomain ME1 yang memiliki nilai terendah. Terakhir, studi dapat dikembangkan untuk mengevaluasi dampak pelatihan berkelanjutan bagi pengguna sistem terhadap peningkatan kesadaran dan kepatuhan terhadap kebijakan TI, dengan membandingkan tingkat kematangan sebelum dan sesudah intervensi pelatihan, sehingga dapat mengidentifikasi faktor manusia sebagai penghambat utama dalam optimalisasi sistem informasi akademik.

Read online
File size182.58 KB
Pages15
DMCAReport

Related /

ads-block-test