UIGMUIGM

Jurnal Abdimas MandiriJurnal Abdimas Mandiri

Berdasarkan hasil analisis permasalahan di SMA Negeri I Pemulutan, Sumatera Selatan, ditemukan kesenjangan antara ketersediaan fasilitas pembelajaran yang telah difasilitasi oleh pemerintah dengan pemanfaatan di lapangan. Meskipun sarana teknologi telah tersedia, namun dalam penerapannya pemanfaatan teknologi masih terbatas yang menyebabkan pembelajaran masih konvensional dan kurang menarik. Guru masih dominan menggunakan metode ceramah, sementara siswa kurang mendapatkan latihan soal yang memadai, sehingga berdampak pada rendahnya pemahaman dan minta siswa terhadap matematika. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, tim PkM mengembangkan aplikasi FunMath berbasis Android sebagai media pembelajaran matematika yang interaktif, menarik, dan mudah diakses. Pengembangan aplikasi dilakukan melalui tahapan: analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan, pengujian internal, serta pelatihan kepada siswa. FunMath dilengkapi fitur materi interaktif, latihan soal adaptif, video penjelasan konsep, tips & trik penyelesaian soal, serta inovasi unggulan berupa robot bantu belajar yang mampu menjawab pertanyaan siswa, memberikan petunjuk langkah demi langkah, dan memberikan motivasi selama proses belajar. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 59% siswa mengalami peningkatan hasil belajar, 70% merasa lebih mudah memahami materi matematika, dan 86,34% menyatakan suasana belajar menjadi lebih inovatif dan menyenangkan sesuai prinsip Merdeka Belajar. Selain itu, 75,34% siswa menilai integrasi teknologi seperti FunMath sangat penting untuk memperkaya pengalaman belajar dan meningkatkan keberhasilan akademik.

Permasalahan utama yang dihadapi oleh mitra di SMA Negeri 1 Pemulutan terkait dengan proses pembelajaran matematika yang masih bersifat konvensional dan kurang menarik bagi siswa.Tim PkM menginisiasi pengembangan aplikasi FunMath berbasis Android untuk menyediakan media pembelajaran yang interaktif dan mudah diakses.Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa serta suasana belajar yang lebih inovatif, sehingga integrasi teknologi berbasis Android dalam pembelajaran matematika dapat menjadi solusi yang efektif.

Penelitian lanjutan dapat difokuskan pada beberapa area potensial untuk lebih memperdalam pemahaman tentang efektivitas aplikasi FunMath. Pertama, studi longitudinal dapat dilakukan untuk menganalisis dampak jangka panjang penggunaan aplikasi terhadap retensi materi dan kemampuan siswa dalam menerapkan konsep matematika di berbagai konteks. Kedua, penelitian komparatif dapat dilakukan dengan membandingkan efektivitas FunMath dengan metode pembelajaran interaktif lainnya, seperti penggunaan game edukasi atau platform pembelajaran daring, untuk mengidentifikasi keunggulan dan kelemahan relatif dari masing-masing pendekatan. Ketiga, eksplorasi lebih lanjut mengenai bagaimana personalisasi dalam aplikasi FunMath dapat ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan belajar individu siswa, dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti gaya belajar, tingkat kemampuan, dan preferensi pribadi juga penting untuk dilakukan. Apakah penyesuaian konten dan fitur aplikasi berdasarkan profil belajar siswa dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran secara signifikan? Dengan demikian, saran penelitian ini akan memberikan wawasan yang lebih komprehensif tentang bagaimana teknologi dapat diintegrasikan secara efektif dalam pendidikan matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

  1. Penerapan Model Discovery learning pada Pembelajaran Matematika SMA pada Materi Kaidah Pencacahan | Nuansa... doi.org/10.47200/jnajpm.v10i1.2620Penerapan Model Discovery learning pada Pembelajaran Matematika SMA pada Materi Kaidah Pencacahan Nuansa doi 10 47200 jnajpm v10i1 2620
  2. Penggunaan Mit App Inventor untuk Merancang Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android | Edriati | E-Dimas:... journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas/article/view/6648Penggunaan Mit App Inventor untuk Merancang Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android Edriati E Dimas journal upgris ac index php e dimas article view 6648
  1. #individu siswa#individu siswa
  2. #profil siswa#profil siswa
File size579.86 KB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test