KOMPETIFKOMPETIF

Jurnal Daya SaingJurnal Daya Saing

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh model kepemimpinan serta tingkat usia terhadap perilaku kewargaan organisasi (OCB) guru di SMPS YPPI Tualang Perawang. Model kepemimpinan yang diteliti mencakup kepemimpinan transformasional dan kepemimpinan transaksional. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda melalui aplikasi Eviews 9 dengan sampel sebanyak 32 guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan kepemimpinan transformasional, kepemimpinan transaksional, dan tingkat usia berpengaruh signifikan terhadap OCB. Secara parsial, hanya kepemimpinan transformasional dan transaksional yang memiliki pengaruh signifikan, sedangkan tingkat usia tidak menunjukkan pengaruh signifikan. Variabel-variabel independen dalam penelitian ini menjelaskan sebesar 84,01% variasi OCB, sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor lain di luar penelitian.

Berdasarkan hasil uji regresi linier berganda menggunakan Eviews 9, variabel kepemimpinan transformasional dan transaksional secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) guru di SMPS YPPI Tualang Perawang, sementara secara parsial hanya kepemimpinan transformasional dan transaksional yang terbukti berpengaruh signifikan.Kepemimpinan keduanya menjadi faktor penting yang mendorong guru untuk melampaui tanggung jawab formal dalam bentuk perilaku sukarela demi meningkatkan kinerja dan keberhasilan organisasi.Durasi keterlibatan guru dalam organisasi turut memengaruhi pemahaman mereka terhadap budaya dan prosedur kerja sehingga memperkuat komitmen untuk berkontribusi melebihi peran utama.

Untuk penelitian selanjutnya, dapat dieksplorasi peran motivasi kerja guru sebagai variabel mediasi antara gaya kepemimpinan transformasional dan transaksional dengan perilaku kewargaan organisasi (OCB), sehingga dapat diidentifikasi apakah dorongan internal guru menjelaskan sebagian besar hubungan antara kepemimpinan dan OCB. Ide penelitian kedua adalah memasukkan budaya sekolah dan iklim kerja sebagai variabel moderasi, misalnya dengan menguji apakah suasana dukungan antar guru dan tingkat otonomi yang diberikan kepala sekolah memperkuat atau melemahkan dampak kepemimpinan serta perbedaan usia pada perilaku OCB. Selanjutnya, studi dapat memperluas cakupan sampel dengan melibatkan guru dari berbagai jenjang sekolah, seperti SD, SMP, dan SMA, di beragam wilayah geografis agar hasil temuan lebih representatif, serta menambahkan variabel demografi lain seperti lama pengalaman mengajar dan jenjang pendidikan tertinggi untuk mengungkap sisa kontribusi variabel lain sebesar sekitar 15,99% yang belum tertangkap pada penelitian ini.

  1. PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN TRANSAKSIONAL TERHADAP KINERJA BAWAHAN MELALUI KEPUASAN... journal.umy.ac.id/index.php/bti/article/view/2989PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN TRANSAKSIONAL TERHADAP KINERJA BAWAHAN MELALUI KEPUASAN journal umy ac index php bti article view 2989
  1. #kepemimpinan transaksional#kepemimpinan transaksional
File size258.61 KB
Pages13
DMCAReportReport

ads-block-test